uefau17.com

India dan Brasil Jadi Negara Berbahaya bagi Aktivis, Tercatat Lebih dari 550 Kasus Serangan - Global

, Jakarta - India, Kamboja, dan Filipina termasuk di antara tempat-tempat paling berbahaya di dunia bagi para aktivis hak asasi manusia. Pasalnya, buruh yang melakukan protes terhadap pelanggaran perusahaan sering ditanggapi dengan kekerasan yang didukung negara, menurut sebuah laporan baru.

Brasil menduduki puncak daftar negara paling berbahaya dengan 63 serangan yang tercatat terhadap aktivis pada 2022, diikuti oleh India dan Meksiko dengan masing-masing 54 dan 44 serangan, menurut laporan yang dirilis pada Rabu, 3 Mei 2023 oleh Pusat Sumber Daya Bisnis & Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Kamboja mencatat 40 serangan, diikuti oleh Filipina dan Honduras masing-masing dengan 32 dan 31 serangan, kata laporan itu, demikian dilansir dari Al Jazeera, Selasa (9/5/2023).

Belarusia, Peru, Kolombia, dan Uganda adalah negara paling berbahaya berikutnya dengan masing-masing antara 17 dan 28 serangan.

Pusat Sumber Daya Bisnis & Hak Asasi Manusia mengatakan 75 persen dari lebih dari 550 serangan yang tercatat di seluruh dunia terkait dengan orang-orang yang melindungi hak tanah, iklim atau lingkungan, dan seperlima dari serangan itu terhadap aktivis pribumi.

Pertambangan adalah industri yang paling berbahaya, terkait dengan 165, atau 30 persen, dari serangan tersebut.

Sementara Pusat Sumber Daya Bisnis & Hak Asasi Manusia mengatakan sulit untuk mengidentifikasi para pelaku serangan, mereka dapat mengaitkan 235 insiden, atau 43 persen kasus, dengan perusahaan multinasional atau anak perusahaan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Perusahaan yang Risiko Ancam Lingkungan

India, yang akan menjadi tuan rumah KTT G20 pada September 2023, memiliki jumlah perusahaan terbesar yang terkait dengan serangan, di mana sebuah perusahaan dapat diidentifikasi.

Perusahaan tersebut termasuk JSW Steel, salah satu produsen baja dan batu bara terkemuka di India, yang rencananya untuk membangun pabrik baja di negara bagian timur Odisha telah ditentang oleh penduduk sejak 2018.

Aktivis mengatakan, proyek tersebut menimbulkan ancaman bagi lingkungan dan kesehatan penduduk di daerah tersebut dan mengancam akan menggusur industri tradisional seperti pertanian sirih.

Penduduk desa yang memprotes rencana itu ditanggapi dengan "penindasan keras polisi" yang mengakibatkan penangkapan lebih dari 1.000 penduduk dan aktivis, kata kelompok nirlaba itu.

Perusahaan lain yang disebutkan dalam laporan itu adalah Otterlo Business Corp yang berbasis di Uni Emirat Arab, perusahaan minyak Prancis TotalEnergies, perusahaan pertambangan yang berbasis di Honduras Inversiones los Pinares dan perusahaan game yang berbasis di Kamboja NagaWorld.

Tidak satu pun dari lima perusahaan yang disebutkan segera menanggapi permintaan komentar.

Pusat Sumber Daya Bisnis & Hak Asasi Manusia, didirikan pada 2002, melacak operasi lebih dari 10.000 perusahaan di seluruh dunia dan mencatat 4.700 serangan terhadap aktivis sejak 2015.

Christen Dobson, manajer program senior nirlaba, mengatakan serangan terhadap aktivis menunjukkan bahwa pemerintah di seluruh dunia gagal dalam tugas mereka untuk melindungi hak asasi manusia.

"Para pembela secara konsisten diserang karena berbicara tentang praktik bisnis yang merugikan planet kita," katanya.

"Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang konteks lokal serta risiko hak asasi manusia dan lingkungan, yang harus dilihat perusahaan sebagai mitra dalam terlibat dalam bisnis secara bertanggung jawab dan mengatasi krisis iklim."

3 dari 4 halaman

Unjuk Rasa Hari Buruh Internasional di Prancis Chaos, 108 Polisi Terluka dan 291 Orang Ditangkap

Bicara soal serangan yang dilakukan terhadap aktivis, tidak lama ini saat Hari Buruh Internasional, setidaknya 108 polisi terluka dalam bentrokan dengan pengunjuk rasa di seluruh Prancis atas reformasi pensiun. Unjuk rasa berlangsung pada 1 Mei 2023.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin menuturkan, jumlah polisi yang terluka dalam skala besar sangat jarang terjadi. Ia menambahkan, 291 orang ditangkap selama chaos.

"Di Paris, seorang petugas polisi menderita luka bakar serius di tangan dan wajahnya ketika terkena bom bensin," kata Darmanin, dilansir dari BBC, Selasa (2/5/2023).

Belum jelas berapa banyak pengunjuk rasa yang terluka.

Ratusan ribu orang dilaporkan ambil bagian dalam unjuk rasa Hari Buruh, yang fokus pada menentang reformasi pensiun. Sebagian besar demo dilaporkan berlangsung damai, tetapi sekelompok orang melemparkan bom molotov dan kembang api, sedangkan polisi membalasnya dengan tembakan gas air mata serta meriam air.

Darmanin menuduh kelompok sayap kiri yang dikenal sebagai blok hitam dan berjumlah beberapa ribu berada di belakang kekerasan. Ia mendesak mereka yang menyerang polisi dan properti publik dihukum berat.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Aktivis Lingkungan Jerman Tidur di Jalan Trotoar Protes Emisi Transportasi

Kemudian, aktivis lingkungan Jerman baru-baru ini menghentikan sementara lalu lintas di beberapa bagian Berlin pada Senin, 24 April 2023 dengan menempelkan diri alias tiduran di jalan-jalan di seluruh ibu kota.

Anggota kelompok Last Generation telah berulang kali memblokir jalan di seluruh Jerman dalam satu tahun terakhir dalam upaya menekan pemerintah untuk mengambil tindakan yang lebih drastis terhadap perubahan iklim. Dalam beberapa kesempatan, mereka menempel di jalan, membuat marah beberapa pengendara dan memicu tuduhan ekstremisme dari politisi konservatif. 

Selain pemblokiran jalan, para aktivis lingkungan mengatakan bahwa mereka juga akan memblokir lalu lintas di kemudian hari seperti yang telah mereka lakukan pada Jumat, 21 April.

Di pagi hari, ada lebih dari 30 blokade jalan di seluruh kota, lapor kantor berita Jerman Deutsche Presse-Agentur (Dpa)

"Kami tidak akan lagi menerima bahwa pemerintah tidak memiliki rencana untuk menghentikan penghancuran mata pencaharian kami," kata Last Generation dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari AP, Senin (24/4/2023).

"Kami melawan sekarang."

Menurut polisi Berlin, hingga 500 petugas berada di jalan-jalan di kota sepanjang hari untuk mencegah blokade atau mengakhirinya dengan cepat, lapor Dpa. Helikopter polisi melayang di atas kota untuk memperingatkan rekan-rekan di lapangan tentang blokade juga.

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat