uefau17.com

Putrinya Gambar Antiperang Rusia, Seorang Ayah Divonis Penjara 2 Tahun - Global

, Moskow - Pengadilan Rusia menghukum seorang ayah tunggal akibat putrinya menggambar lukisan yang menentang invasi Rusia terhadap Ukraina pada Selasa, 28 Maret 2023. Demikian menurut pengacara dan sejumlah aktivis.

Ayah tunggal bernama Alexei Moskalyov melarikan diri dari tahanan rumah sebelum vonisnya disampaikan di kampung halamannya di Rusia, Yefremov, dan bebas, kata pejabat pengadilan.

Putri Moskalyov yang berusia 13 tahun, Maria, yang telah diambil darinya oleh pihak berwenang, menulis surat dukungan untuk persidangannya dari panti asuhan tempat ia sekarang tinggal.

"Ayah, kamu adalah pahlawanku," tulis Maria.

Kasus Moskalyov telah menarik perhatian internasional dan merupakan pengingat suram bahwa Kremlin mengintensifkan penumpasan perbedaan pendapat, menargetkan lebih banyak orang dan memberikan hukuman yang lebih keras untuk setiap kritik terhadap perang. Kampanye represi pemerintah yang luas tidak terlihat sejak era Soviet.

Moskalyov dituduh berulang kali mendiskreditkan tentara Rusia, tindak pidana sesuai dengan undang-undang yang diadopsi otoritas Rusia tak lama setelah mengirim pasukan ke Ukraina, dilansir dari AP, Kamis (30/3/2023).

Ia juga didakwa atas serangkaian unggahan media sosial tentang kekejaman Rusia di Ukraina dan merujuk pada rezim "teroris" di Moskow yang ia tegaskan bahwa buka ia yang buat. Namun, menurut pengacara dan aktivis yang mendukungnya selama kasus dan persidangan, masalahnya dimulai musim semi lalu setelah Maria membuat gambar antiperang di Sekolah Yefremov No. 9 yang menggambarkan rudal terbang di atas bendera Rusia pada seorang perempuan dan anak-anak dan ada tulisan, "Kemuliaan bagi Ukraina".

Pada April 2022, Moskalyov pernah didenda karena komentar kritis di media sosial. Apartemennya digerebek pada Desember 2022 dan kasus pidana dibuka terhadapnya bulan ini. Ia ditempatkan di bawah tahanan rumah dan putrinya ditempatkan di panti asuhan.

Pada persidangan, yang berakhir dalam satu hari pada Senin 27 Maret 2023, tiga guru dan direktur sekolah Maria bersaksi bahwa mereka menemukan unggahan media sosial Moskalyov yang "mendiskreditkan" secara acak dan bahwa gambar Maria tidak ada hubungannya dengan kasus tersebut, bertentangan dengan catatan pengacaranya dan pendukung lainnya.

Pria berseragam militer dan medali juga muncul di gedung pengadilan itu, tampaknya mendukung pihak berwenang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyangkalan oleh Moskalyov

Moskalyov menolak tuduhan yang diajukan padanya dan bersikeras bahwa ia tidak ada hubungannya dengan unggahan media sosial tersebut yang mengkritisi tindakan Rusia terhadap Ukraina.

Dalam pernyataan penutup singkat, Moskalyov mengatakan ia "menentang" apa yang Kremlin bersikeras sebut sebagai "operasi militer khusus."

"Bagaimana perasaan seseorang tentang kematian, tentang orang yang sekarat? Orang dewasa sedang sekarat, anak-anak. Hanya negatif, bagaimana lagi perasaan seseorang tentang perang?", katanya, dikutip oleh situs berita independen Rusia Mediazona.

Pejabat pengadilan mengatakan Moskalyov melarikan diri dari tahanan rumah dari apartemennya di Yefremov, sekitar 300 kilometer selatan Moskow dan jarak yang sama di utara perbatasan Ukraina. Ia telah memakai gelang yang melacak pergerakannya, tetapi sepertinya telah dilepas.

Ketika seorang pejabat mengumumkan di pengadilan pada Selasa bahwa Moskalyov telah melarikan diri, beberapa hadirin berteriak, "Bravo!"

Pengacara Moskalyov, Vladimir Biliyenko, mengatakan ia mengetahui hilangnya kliennya di persidangan. Moskalyov dijadwalkan muncul di pengadilan lagi minggu depan atas petisi untuk membatasi hak asuhnya.

3 dari 4 halaman

Hak Orang Tua Direnggut dari Moskalyov

Pengacara Moskalyov, Vladimir Biliyenko mengatakan kepada AP, petisi pihak berwenang untuk membatasi hak orang tua Moskalyov hampir semata-mata didasarkan pada pandangan politiknya dan tuntutannya karena mendiskreditkan tentara, yang menurut mereka merupakan ancaman bagi putrinya.

Para pejabat juga menuduh Moskalyov sebagai orang tua yang lalai karena Maria berhenti sekolah setelah gambarnya dilaporkan ke polisi dan ia diinterogasi. Menurut pendukung Biliyenko dan Moskalyov, ia takut untuk kembali setelah itu dan belajar di rumah.

Pengacara menggambarkan penuntutan Moskalyov sebagai "penindasan terhadap keluarga".

Pengacara mengunjungi Maria di panti asuhan pada Selasa dan mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun ia tidak dapat melihatnya, administrator lokal mengizinkannya untuk memotret surat yang ia tulis kepada ayahnya, yang diakhiri dengan, "Ayah, kamu adalah pahlawanku".

Biliyenko juga diberi dua gambar yang dibuat oleh Maria, yang menggambarkan seekor anjing dan kelinci.

Olga Podolskaya, anggota dewan kota Yefremov yang telah membantu Moskalyov, mengatakan bahwa sang ayah dan putrinya jelas saling mencintai, dan keputusan untuk membawa pergi Maria bermotivasi politik.

Ibu Maria pergi ketika gadis itu berusia tiga tahun dan sudah memiliki keluarga lain di kota lain, kata Podolskaya.

4 dari 4 halaman

Kasus Sikap Antiperang Lainnya di Rusia

Para aktivis hak asasi manusia Rusia mengatakan, Kremlin telah meningkatkan tekanan pada mereka yang tidak setuju dengan perang. Kelompok hak asasi OVD-Info yang melacak kasus-kasus politik dan memberikan bantuan hukum bulan ini telah mencatat peningkatan hukuman penjara bagi orang-orang yang dituntut karena sikap antiperang mereka, kata Daria Korolenko, pengacara dan analis kelompok itu.

"Penindasan semakin cepat," kata Korolenko kepada AP, menambahkan bahwa jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah.

Kemudian pada Selasa, pengadilan di St. Petersburg melanjutkan sidang kasus terhadap Irina Tsibaneva, 60, yang didakwa menodai kuburan. Pada bulan Oktober ia meninggalkan catatan di makam orang tua Presiden Vladimir Putin yang berbunyi, "Kamu membesarkan monster dan pembunuh."

Tsibaneva menghadapi hukuman lima tahun penjara jika terbukti bersalah.

Awal bulan ini, pengadilan di wilayah terdekat Tver menjatuhkan hukuman enam setengah dan tujuh tahun penjara kepada pasangan suami istri atas tuduhan vandalisme dan menyebarkan informasi palsu tentang tentara. Menurut OVD-Info, Alexander Martynov dan Lyudmila Razumova didakwa setelah unggahan media sosial yang kritis dan slogan antiperang dan antipemerintah yang diduga mereka tulis di gedung-gedung.

Di Moskow pekan lalu, polisi menggerebek dua bar yang diduga mengumpulkan dana untuk militer Ukraina. Menurut laporan media, polisi memainkan lagu-lagu patriotik dan memaksa para tamu untuk ikut bernyanyi selama penggerebekan. Setidaknya 40 orang ditahan.

Penggerebekan baru-baru ini di Moskow juga menargetkan sebuah acara yang didedikasikan untuk artis Sasha Skocilenko yang dipenjara, yang diadili karena menyebarkan informasi palsu tentang tentara. Peserta acara dilaporkan dipukuli oleh polisi atau diancam akan diperkosa.

Di kota timur jauh Vladivostok, pengadilan membatalkan pembebasan seorang seniman feminis yang diadili atas tuduhan menyebarkan pornografi setelah ia membagikan karya seni tubuh perempuan secara daring. Kasus Yulia Tsevtkova mengundang kemarahan internasional dan berakhir dengan pembebasan yang jarang terjadi tahun lalu setelah khawatir ia akan dikirim ke penjara. Tsvetkova pun meninggalkan Rusia, sidang baru telah diperintahkan untuk kasusnya.

Di Yefremov, Yelena Agafonova, seorang aktivis yang telah membantu keluarga Moskalyov, mengatakan bahwa siapa pun dapat melanggar otoritas akhir-akhir ini dengan komentar mereka.

"Mungkin anak-anak Anda akan mengungkapkan pendapatnya di suatu tempat. Mungkin anak-anak Anda akan menertawakan sesuatu di suatu tempat, dan mereka akan berada dalam situasi yang persis sama dengan keluarga ini sekarang," katanya.

"Mungkin tetangga, yang mengira melihat sesuatu (yang tidak diinginkan), akan melaporkanmu. Jadi saat Anda berbaring di sofa, ini semua akan terjadi lebih banyak, lebih banyak, dan lebih banyak lagi."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat