uefau17.com

Dubes Iwan Bogananta Bawa 2 Investor Bulgaria Keliling IKN Nusantara, Tertarik Investasi di Bidang Pasokan Makanan - Global

, Jakarta - Duta Besar RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta membawa dua investor asing untuk berkunjung dan melihat langsung kondisi Ibu Kota Negara (IKN).

"Ada yang tertarik, sudah ada dua investor Bulgaria yang saya bawa langsung ke IKN," ujar Iwan Bogananta di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Iwan Bogananta menyebut dua investor tersebut bergerak di bidang Food dan Supply Energy (Energi Terbarukan).

"Mereka berfokus pada, ini kota baru bagaimana supply makanannya. Mereka bertanya, bagaimana lahannya, apakah kita mesti beli dahulu. Kebetulan di IKN ini ada kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah soal Tax Insentive termasuk bagi pekerjanya," ujar Iwan Bogananta.

"Kemudian, mereka tanya lagi bagaimana pekerjanya dari mana? Apa hanya dari Balikpapan. Tentunya saya sampaikan akan ada juga yang dari Jawa."

Dari pantauannya selama berkunjung ke IKN, Iwan Bogananta mengakui bahwa ia melihat ada perbedaan yang terlihat di tingkat ekonomi Balikpapan, "jalanan macet, berarti ini efek dari itu semua."

"Dua calon investor ini bilang, kalau nanti sudah tertarik akan buat kesepakatan baru nanti ada progress. Nanti setelah saya pulang, saya akan sampaikan. Saya sudah lihat, saya sudah bikin videonya dan jelaskan lagi ke investor lainnya."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wujudkan IKN Nusantara, Iwan Bogananta: Semua Dubes Punya Peran Penting

Iwan mengatakan semua duta besar dan perwakilan RI di luar negeri berperan penting dalam membantu pemerintah mengajak pengusaha asing berinvestasi dan merelokasi bisnis ke IKN.

"Saya banyak bicara dengan para investor besar di negara akreditasi dan mereka sangat siap berperan serta dalam investasi ke Indonesia," kata Iwan, dikutip dari laman Antara.com.

Di IKN, Iwan menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabat Kantor Otorita IKN, termasuk bertemu Sekretaris Utama OIKN Achmad Jaka Santos, sembari membawa para calon investor untuk mengetahui peluang dan ketentuan berinvestasi di IKN.

Achmad menyarankan agar pertanyaan seputar hasil investasi disampaikan secara resmi melalui letter of intent dan menyebut diskusi semacam ini menjadi bekal untuk kunjungan kerja ke IKN guna memenuhi undangan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

"Kami sangat senang dengan kunjungan seperti ini dan kami berharap seluruh Duta Besar Indonesia dapat turut membantu Pemerintah RI mempromosikan Ibu kota Nusantara," timpal Bambang.

 

3 dari 3 halaman

Janji KBRI Sofia Sebarkan Informasi Soal IKN

KBRI Sofia berjanji untuk aktif menyebarluaskan informasi Nusantara sebagai Sustainable Forest City yang mematuhi semua kerangka dan hukum internasional dalam bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, selain menyosialisasikan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 mengenai insentif untuk investor.

Bambang juga menyatakan siap mendukung penuh Festival Indonesia di Plovdiv pada 8 Juni yang akan mensosialisasikan Nusantara sebagai Forest City.

"Dubes RI untuk Bulgaria miliki strategi yang baik dalam membantu mewujudkan Nusantara," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat