uefau17.com

Sidang Kasus Abby Choi Ditunda hingga Mei 2023, Muncul 1 Tersangka Baru - Global

, Hong Kong - Empat tersangka yang terlibat dalam pembunuhan Abby Choi (28) hadir di pengadilan Hong Kong. Empat orang itu masih satu keluarga, yakni mantan suami Abby Choi, serta mantan kakak ipar dan ayah-ibu menantu. 

Abby Choi tewas dengan tragis dan tubuhnya dimutilasi oleh keluarga mantan suaminya yang bernama Alex Kwong (28). Alex tega melakukan itu ke Abby meski keduanya dikaruniai dua orang anak. 

Tak hanya itu, Abby Choi juga sebenarnya memberikan bantuan finansial kepada keluarga Alex. Sebelum meninggal, Abby Choi telah kembali menikah dengan seorang hartawan Hong Kong. 

Menurut laporan Channel News Asia, Senin (27/2/2023), keempat pelaku tidak diberikan kesempatan membayar uang jaminan, sehingga harus ditahan. Sidang ditunda hingga 8 Mei 2023. 

Wanita yang ditangkap adalah ibu dari Alex Kwong. Ia ditangkap karena obstruction of justice.

Satu pelaku juga ditahan polisi karena menyewa rumah yang digunakan sebagai lokasi mutilasi Abby Choi di kawasan Lung Mei Village. Pelaku tersebut adalah seorang wanita yang disebut sebagai kekasih dari mantan ayah mertua Abby Choi. 

Kepala Abby Choi telah ditemukan di Lung Mei setelah sempat hilang. Kepalanya ternyata ada di dalam panci besar. Tengkoraknya masih utuh, meski diduga berusaha dihancurkan. Kedua kakinya ditemukan di kulkas di Lung Mei.

Abby Choi meninggalkan empat orang anak yang berasal dari dua pernikahannya. 

Hingga kini, netizen juga terus menyampaikan duka cita di Instagram milik Abby Choi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Abby Choi (@xxabbyc)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasangan: Dia Baik Hati dan Senang Membantu

Pasangan sosialita Hong Kong Abby Choi (28) yang tewas dibunuh dan dimutilasi, Tam Chuk Kwan (Chris Tam), mengatakan pada Minggu (26/2/2023), dia akan terus merawat keempat anak Abby Choi. 

Chuk Kwan, yang berbicara kepada media lokal melalui seorang teman, menggambarkan Abby Choi sebagai sosok yang baik hati dan selalu ingin membantu orang lain. Dia mengaku bersyukur atas kehadiran Abby Choi dalam hidupnya.

"Dia mendukung saya dan sangat mencintai saya," ujarnya seperti dikutip dari The Star, Senin (27/2/2023).

"Dia juga membesarkan empat anak yang lucu dan penurut. Merupakan sebuah berkah dapat menjadi keluarga atau teman Abby."

Abby Choi dan Chuk Kwan menggelar upacara pernikahan pada tahun 2016, namun mereka tidak pernah mendaftarkan pernikahan secara resmi. Pasangan ini memiliki dua anak.

Tam Chap Kwan, ayah Chuk Kwan yang juga pendiri rantai restoran TamJai Yunnan Mixian, turut memuji Abby Choi. Dia menggambarkannya sebagai putri yang berharga meski tanpa hubungan darah.

Menurut Chap Kwan, bahkan sopir mereka mengatakan, Abby Choi adalah seorang ibu yang bertanggung jawab.

Keempat anak Abby Choi saat ini dirawat oleh keluarganya dan keluarga Chuk Kwan.

3 dari 4 halaman

Hilang Saat Hendak Jemput Anak

Sedikit demi sedikit misteri pembunuhan sosialita Hong Kong Abby Choi mulai terungkap. Terutama setelah jenazahnya yang telah dimutilasi ditemukan dalam sebuah rumah sewaan berlantai tiga di Distrik Tai Po.

Polisi telah menangkap lima tersangka terkait kasus pembunuhan dan mutilasi ini. Mereka adalah Alex Kwong (28), mantan suami Abby Choi, Anthony Kwong (31), kakak Alex, serta kedua orangtua mereka. Selain itu ditangkap pula kekasih dari mantan mertua Abby Choi. 

Polisi juga menyusun kepingan demi kepingan peristiwa berdarah ini, sehingga mulai tampak kronologi pembunuhan wanita 28 tahun tersebut.

Dalam artikel Channel News Asia, Senin (27/2/2023), South China Morning Post mewartakan bahwa ia dilaporkan hilang setelah tak muncul-muncul untuk menjemput putrinya.

The Straits Times melaporkan Abby Choi terakhir kali terlihat di Distrik Tai Po, Selasa 21 Februari 2023. Ia terlihat di Fo Chun Road sekitar pukul 2:15 siang, mengenakan atasan lengan panjang dan celana serbaputih, sandal warna serupa, dan tas tangan ungu.

Sebelum dinyatakan sebagai tersangka, sang mantan kakak ipar yakni Anthony Kwong adalah orang yang terakhir kali terlihat bersamanya. Anthony memang merupakan sopir pribadi korban.

4 dari 4 halaman

Serangan Fatal

Dalam konferensi pers kepolisian, Inspektur Alan Chung dari Unit Kriminal Wilayah Kowloon West menduga bahwa Choi diserang saat berada di dalam mobil. Ia juga diduga dalam keadaan tak sadar ketika dibawa ke rumah tempat mutilasi dilakukan.

“Ditemukan lubang di bagian kanan belakang tengkorak (korban), dan tim forensik meyakini ini adalah serangan yang berujung fatal kepada sang korban,” kata Alan Chung, dilansir dari The Standard. Lubang ini berukuran 6,5 sentimeter kali 5,5 sentimeter. 

Polisi masih berusaha menentukan waktu persis pembunuhan.

Sehari setelah Abby Choi menghilang Anthony dan ayah mertuanya diketahui berkeliaran di Pemakaman Tseung Kwan O. Area ini beberapa hari kemudian disisir oleh petugas kepolisian, tapi tidak menemukan hasil.

Petugas kepolisian bergerak setelah Abby Choi dilaporkan hilang. Keluarga mantan suaminya yang memang dikenal berhubungan dekat dengan mendiang, termasuk pihak yang dimintai keterangan oleh kepolisian.

Namun keluarga Kwong—termasuk mantan ibu mertua Abby—memberikan keterangan palsu yang menyulitkan investigasi. Di kemudian hari, sang mantan ibu mertua jadi tersangka dengan tuduhan menghalangi penyelidikan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat