uefau17.com

Hari Valentine, Coba Ucapan "Aku Cinta Kamu" dari 17 Bahasa Asing Ini Yuk - Global

, Jakarta - Hari kasih sayang alias Hari Valentine lekat dengan cokelat dan bunga. Namun hal tersebut rasanya kurang lengkap tanpa ucapan romantis yang menyertai.

Hari Valentine adalah hari yang pas untuk menunjukkan rasa cinta terhadap orang-orang yang disayangi, entah itu kekasih, teman, keluarga, dan lain sebagainya.

Ungkapan "aku cinta kamu" atau "aku sayang kamu" pun biasanya dilontarkan.

Kata-kata ucapan manis pun menjadi pelengkap saat memberikan hadiah kepada orang-orang tercinta di hari kasih sayang 14 Februari.

Berikut adalah ungkapan "aku cinta kamu" dalam 17 bahasa asing, dilansir dari National World, Jumat (10/2/2023):

1. "I Love You", Bahasa Inggris

Di negara-negara yang berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Kanada, dan lain-lainnya, "I love you" sering diucapkan untuk mengungkap rasa sayang.

2. "Te quiero" atau "Te amo", Bahasa Spanyol

Orang-orang Spanyol mengatakan "te quiero dan te amo" adalah cara lain untuk mengungkapkan cinta romantis.

Namun, "te quiero" lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dianggap kurang intens atau lebih kuat daripada "te amo", yang digunakan pada acara-acara khusus atau saat mengungkapkan perasaan cinta yang mendalam.

Argentina memiliki dua perayaan cinta, yakni Hari Valentine dan Semana de la Dulzura (Minggu Manis). Ini berlangsung selama seminggu penuh pada Juli dan permen diberikan kepada mereka sebagai imbalan ciuman.

Di Guatemala, pawai besar melewati ibu kota pada Hari Valentine yang disebut Parade Cinta Lama. Perayaan ini melihat orang tua mengenakan kostum warna-warni dan menaiki kendaraan hias untuk merayakan cinta.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ma Armastan Sind, Estonia

Ungkapan "aku cinta kamu" dalam bahasa Estonia adalah "ma armastan sind".

Melansir dari FamilySeach, bahasa Estonia adalah bahasa resmi Estonia, dituturkan secara asli oleh sekitar 1,1 juta orang, 922.000 orang di Estonia dan 160.000 di luar Estonia.

Bahasa Estonia milik cabang Finnic dari rumpun bahasa Uralic.

4. "Minä Rakastan Sinua", Bahasa Finlandia

Bila kamu ingin mencoba mengatakan "aku cinta kamu" dalam bahasa Finlandia, silakan coba bilang "minä rakastan sinua".

Kalimat ini tidak pernah digunakan dengan santai dalam budaya Finlandia. Dalam bahasa lisan sering disingkat menjadi "mä rakastan sua", dilansir dari Her Finland.

5. "Rwy’n Dy Garu Di", Bahasa Welsh

Bahasa Welsh adalah bahasa yang sering digunakan di Wales, Inggris Raya, dengan sensus pada 2011 yang mengonfirmasikan bahwa 19 persen populasi Wales adalah penutur bahasa Welsh, dikutip dari Business News Wales.

6. "Ich Liebe Dich", Bahasa Jerman

Di Jerman, kamu secara tradisional akan memberi hadiah kue jahe dan cokelat berbentuk babi atau hadiah kepada pasangan, yang dianggap sebagai simbol keberuntungan.

3 dari 4 halaman

7. Je t'aime

Dianggap sebagai bahasa paling romantis, kamu bisa coba mengatakan "je t'aime" kepada orang tersayang dalam bahasa Prancis.

8. 愛してる (Ai Shiteru), Bahasa Jepang

Ingin mencoba berkata "aku cinta kamu" dalam bahasa Jepang? Katakan saja "ai shiteru"!

Melansir dari Original Travel, 99,2 persen orang di Jepang menjadikan bahasa Jepang sebagai bahasa pertama mereka.

9. 사랑해 (Saranghae), Bahasa Korea Selatan

Bagi pencinta K-Drama (Korean Drama), pasti sudah tidak asing mendengar "saranghae", yang berarti "aku cinta kamu" dalam bahasa Korea Selatan. 

10. 我愛你 (Wǒ ài nǐ), Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin sebenarnya banyak dialek dan banyak variasi, tetapi bahasa Mandarin yang standar, kamu bisa mengatakan "wo ai ni" untuk menunjukkan rasa cintamu kepada orang tersayang.

11. "Em Yêu Anh", Bahasa Vietnam

Vietnam adalah bahasa resmi dan nasional tunggal negara di Vietnam.

Namun, ternyata ada 110 dialek dan bahasa yang diakui secara resmi yang digunakan di Vietnam, mempertahankan keragaman linguistik negara yang luas, dilansir dari Holidify.

Oh, ya! Ternyata di Korea Selatan, China, Taiwan, Vietnam, dan Jepang, Hari Valentine melihat peran barat tradisional dibalik, dengan perempuan memberi pria cokelat. Sebulan kemudian, 14 Maret, negara-negara tersebut merayakan White Day atau Hari Putih ketika pria membalas budi dan memberi perempuan cokelat putih. 

4 dari 4 halaman

12. Mahal Kita

Bahasa Tagalog adalah bahasa yang dipertuturkan secara luas dan juga menjadi bahasa resmi rakyat Filipina.

13. "Mo Ni Fẹ́ Rẹ", Bahasa Yoruba

Bahasa Yoruba adalah salah satu bahasa resmi di Nigeria. 

Hari Valentine ternyata adalah perayaan cinta yang penting di Nigeria. Dekorasi putih, merah, dan merah muda menutupi jalanan dan merupakan tradisi untuk membuat kue berbentuk hati untuk diberikan kepada pasangan.

14. "Ek Het Jou Lief", Bahasa Afrika

Pada Hari Valentine di Afrika Selatan, bersama dengan pertukaran hadiah yang biasa, adalah tradisi bagi perempuan untuk mengenakan hati dan nama kekasih mereka di lengan baju mereka.

15. انا احبك (Ana Uhibbuka), Bahasa Arab

Orang-orang di negara berbahasa Arab merayakan Hari Valentine melalui pemberian hadiah dan penghargaan.

Di Mesir, mereka juga memiliki tanggal tersendiri yang disebut Idul Fitri el-Hob el-Masri atau Hari Cinta Mesir pada 4 November. Pada tanggal ini, hadiah diharapkan untuk orang yang dicintai.

16. "Jag älskar dig", Bahasa Swedia

Melansir dari Rosetta Stone, di Swedia, hampir semua orang berbicara bahasa Swedia atau sebagaimana mereka menyebutnya Svenska.

Diucapkan oleh sekitar 10 juta orang, kamu tidak hanya akan menemukan bahasa Swedia di Swedia, tetapi juga di Finlandia dan banyak kota yang berbatasan dengan Denmark.

17. "Jeg Elsker Dig", Bahasa Denmark

Denmark memiliki tradisi unik saat Hari Valentine, yakni mengirimkan Gaekkebrev (surat lelucon) dan merupakan puisi atau sajak asli, ditulis di atas kertas dan kemudian didekorasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat