uefau17.com

9 Jenis Makanan untuk Disumbangkan, Bisa untuk Korban Bencana - Global

, Jakarta - Ketika kita ingin membantu para korban entah itu karena situasi perang atau bencana alam, bantuan kebutuhan dasar sangat dibutuhkan bagi mereka.

Bantuan seperti makanan sangat penting, terutama bagi mereka yang harus mengungsi.

Menyumbang makanan bisa dilakukan secara langsung ke para korban ataupun lewat perantara, salah satu contohnya food bank.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menyumbang makanan. Terutama harus praktis, tahan lama, dan tidak mudah busuk.

Melansir dari Feeding America, Rabu (8/2/2023), terdapat sembilan jenis makanan yang bisa disumbangkan:

1. Selai Kacang

Menurut Gregg Grimsley selaku ketua Peanut Proud, selai kacang adalah item nomor satu yang paling banyak diminta oleh bank makanan karena sifatnya yang bergizi, murah, dan dapat disimpan di rak.

"Anda dapat menyimpannya tanpa pendingin dan tanpa listrik. Itu adalah donasi yang membuat Anda merasa nyaman," kata Gregg, dikutip dari National Peanut Board.

Selai kacang juga serbaguna untuk makanan atau camilan apa pun karena tidak perlu memanaskannya, bisa langsung dimakan saja.

2. Sup Kalengan

Makanan kalengan sangat disarankan ketika kamu tertarik ingin menyumbangkan makanan. Sebab, makanan kaleng menjadi salah satu bahan makanan paling praktis untuk para korban yang membutuhkan.

Sup kalengan pun bisa menjadi salah satunya. 

3. Buah Kalengan

Buah kalengan memiliki umur simpan yang lebih lama, siap untuk dimakan dan mudah digunakan saat menyiapkan makanan.

Buah-buahan kalengan sangat berguna untuk kesehatan. Dalam situasi sulit, buah-buahan kalengan dapat diandalkan untuk memenuhi gizi dan sangat mudah untuk disimpan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Sayur Kalengan

Sama seperti buah kalengan, sayur kalengan bisa didonasikan ke bank makanan. 

Sayur kalengan pas untuk diberikan untuk orang-orang yang membutuhkan kandungan nutrisi dari sayur-sayuran ketika dalam situasi darurat.

5. Semur Kalengan

Semur kalengan ini biasanya sudah mengandung bumbu, sehingga bisa langsung diolah dengan cara dipanaskan saja.

6. Ikan atau Daging Kalengan

Ada berbagai jenis makanan kalengan mulai dari olahan ikan, daging, dan ayam yang cocok untuk memenuhi gizi orang-orang selama di pengungsian.

7. Kacang Kalengan

Kacang kalengan yang paling umum adalah kacang hitam, kacang hijau, kacang merah, kacang cannellini, kacang pinto, dan lainnya.

Kamu akan menemukan bahwa jenis kacang-kacangan dalam kaleng lainnya dijual hampir di mana-mana mulai dari supermarket hingga toko serba ada.

8. Pasta

Para pengungsi yang membutuhkan bantuan makanan membutuhkan karbohidrat. Pasta bisa salah satunya. Situs Feeding America menyarankan pasta yang mengandung gandum utuh. 

9. Nasi

Sama dengan pasta, nasi bisa menjadi pilihan karbohidrat lainnya yang bermanfaat untuk orang-orang. Nasi yang diberikan bisa jenis apa saja, tetapi nasi merah lebih disarankan oleh situs Feeding America.

3 dari 4 halaman

Cara Bank Makanan Cegah Donasi Makanan Dijual atau Dibuang

Pendistribusian kembali makanan berlebih kepada mereka yang membutuhkan saat ini telah banyak difasilitasi oleh food bank atau bank makanan.

Prosesnya pun tidak sekadar mendonasikan semata, tetapi ada alur guna mencegah makanan terbuang sia-sia atau jatuh ke tangan yang salah.

"Kita ingin menghindari atau tidak mau sampai terjadi, ternyata (donasi makanan) dijual atau dibuang oleh penerima manfaat untuk mencegah itu yang kita lakukan, FoodCycle kalau bagi makanan itu dialokasikan," kata Co-Founder FoodCycle Indonesia Astrid Paramita di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Juli 2022.

Astrid menjelaskan pihaknya akan menghitung berdasarkan berapa banyak orang yang ada di agensi atau Front Line Organization (FLO) tersebut. Dengan cara demikian, pihaknya berusaha untuk mendistribusikan donasi makanan dengan jumlah yang cukup.

"Jadi enggak kurang atau terlalu banyak eksesif itu yang menjadi PR kita," tambah Astrid.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Bukalapak dan Bank DBS Indonesia Dukung Gerakan Mengurangi Sampah Makanan

Salah satu aksi menyumbang makanan di Indonesia juga ada, salah satunya Bukalapak yang berpartisipasi dalam program "More Sustainability Actions,Less Waste" yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia bersama dengan Bananas, Blibli, FOI, KebunKumara, Surplus Indonesia, dan Waste4Change.

Program ini merupakan bagian dari gerakan #MakanTanpaSisa yang telah dijalankan oleh Bank DBS Indonesia sejak 2020 dengan tujuanmeningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi limbah makanan di Indonesia.

Pada 29 September 2022, sebagai pembuka kolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan lebih dari satu ton produk makanan dan minuman instan yangakan disalurkan kepada anak-anak jalanan di daerah Jakarta oleh Yayasan Surplus Peduli Pangan, bagian dari PT Ekonomi Sirkular Indonesia.

Jenis produk yang didonasikan adalah minuman berbasis susu, mi instan,dan beberapa jenis makanan ringan.

Produk yang masih aman dikonsumsi disalurkan oleh YayasanSurplus Peduli Pangan kepada 250 lebih anak-anak jalanan di beberapa lokasi sekitar Jakarta.

Sementara produk makanan yang sudah tidak layak konsumsi akan diolah menjadi elemen yang berguna untuk pelestarian lingkungan.

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat