uefau17.com

Penembakan di Kafe Roma Tewaskan 3 Orang, Salah Satunya Teman PM Italia - Global

, Roma - Tiga wanita termasuk seorang teman perdana menteri baru Italia tewas ketika seorang pria melepaskan tembakan di sebuah kafe di Roma, melukai empat orang lainnya.

Orang-orang di dalam sedang rapat sebagai bagian dari komite warga blok lokal.

Roberto Gualtieri, wali kota Roma, menggambarkan penembakan itu sebagai "episode kekerasan yang parah" dan mengatakan dia akan menghadiri pertemuan darurat pada Senin (12/12/2022), seperti dikutip dari laporan BBC.

Seorang tersangka, 57, ditahan. Dia memiliki riwayat perselisihan dengan beberapa dewan komite, menurut laporan.

Luciana Ciorba, wakil presiden komite, berada di kafe di Distrik Fidene, lapor surat kabar Italia La Repubblica.

Dia mengatakan pria bersenjata itu memasuki bar pada hari Minggu sambil berteriak "Saya akan membunuh kalian semua" sebelum menggunakan pistolnya. Dia dilaporkan dilumpuhkan oleh warga lain sebelum ditahan oleh polisi.

Dari orang-orang yang terluka, diyakini dua perempuan dan dua laki-laki, satu di antaranya masih dalam kondisi serius.

Perdana Menteri Giorgia Meloni menyebut salah satu wanita yang terbunuh sebagai temannya Nicoletta Golisano. Wanita korban tewas lainnya bernama Elisabetta Silenzi dan Sabina Sperandio.

Dalam sebuah posting Facebook, di mana dia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Golisano, PM Meloni mengatakan dia akan selalu mengingat temannya karena "cantik dan bahagia".

"Nicoletta adalah seorang ibu yang protektif, seorang teman yang tulus dan bijaksana, seorang wanita yang kuat dan rapuh pada saat yang sama," tulisnya.

"Tapi di atas semua itu, dia adalah seorang profesional dengan rasa tanggung jawab yang luar biasa... Nicoletta adalah temanku."

"Tidak baik mati seperti itu," tambahnya. "Nicoletta bahagia, dan cantik, dengan gaun merah yang dibelinya untuk pesta ulang tahunnya yang ke-50 beberapa minggu lalu. Bagiku dia akan selalu cantik dan bahagia seperti itu."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelidikan

PM Meloni juga mengatakan bahwa jarak tembak dari mana tersangka diduga mencuri senjata yang digunakan dalam serangan itu telah ditutup dan sedang diselidiki.

Polisi belum mengomentari motivasi tersangka, yang disebutkan oleh pers Italia tetapi tidak secara resmi. Serangan itu tidak dianggap politis.

Laporan menunjukkan tersangka dan dewan penghuni blok apartemen telah terkunci dalam perselisihan sengit selama beberapa waktu.

Giorgia Meloni, pemimpin partai sayap kanan Italia Brothers of Italy, menjadi perdana menteri wanita pertama di negara itu pada bulan Oktober.

3 dari 4 halaman

Penembakan Sekolah Ganda di Brasil, Korban Tewas Naik Jadi 4 Orang

Jumlah korban tewas akibat penembakan dua sekolah di Brasil naik menjadi empat pada Sabtu setelah seorang guru yang terluka dalam serangan oleh penembak berusia 16 tahun yang mengenakan simbol Nazi meninggal karena luka-lukanya, kata para pejabat.

Pihak berwenang di kota Aracruz, di negara bagian Espirito Santo, mengatakan beberapa dari sekitar 10 orang yang terluka, termasuk tiga guru dan seorang siswa, berada dalam kondisi serius setelah serangan Jumat yang mengejutkan negara itu, yang telah melihat peningkatan penembakan sekolah dalam beberapa tahun terakhir.

"Sayangnya, tragedi Aracruz belum berakhir," kata Gubernur negara bagian Renato Casagrande pada Sabtu, demikian seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (27/11/2022).

"Dengan penyesalan mendalam kami mengkonfirmasi kematian korban lain, guru Flavia Amboss Mercon," cuit gubernur, yang telah menyatakan tiga hari berkabung di Espirito Santo.

Penembaknya adalah mantan siswa di sekolah umum yang dia targetkan pertama kali, di mana dia menembaki sekelompok guru, menewaskan dua orang dan melukai sekitar sembilan lainnya.

Dia kemudian pergi ke sekolah swasta terdekat di mana dia membunuh seorang gadis remaja dan menyebabkan beberapa orang lagi terluka.

Dia telah ditangkap dan akan menghadapi dakwaan pembunuhan dan percobaan pembunuhan yang diperparah, kata polisi Espirito Santo.

Kerabat dari tiga orang lainnya yang tewas tertahan pada Sabtu, menurut media Brasil.

"Putri saya selalu riang dan penuh cinta. Saya kehilangan putri saya karena kebencian," kata Thais Sagrillo, ibu dari seorang gadis berusia 12 tahun yang terbunuh, kepada Globonews.

4 dari 4 halaman

Penembakan di Walmart Virginia AS, 10 Orang Tewas

Sementara itu, seorang pria bersenjata telah membunuh hingga 10 orang -- belakangan jumlah korban direvisi menjadi enam -- di supermarket Walmart di Chesapeake, di negara bagian Virginia, AS, kata polisi.

Seorang pria yang diyakini sebagai manajer toko melepaskan tembakan kemudian mengarahkan pistol ke dirinya sendiri, dan tewas.

Pihak berwenang Kota Chesapeake kemudian membuat twit "polisi mengkonfirmasi insiden penembak aktif dengan korban jiwa di Walmart".

Ada beberapa detail terkait penembakan tersebut, mengutip BBC, Rabu (23/11/2022), tetapi seorang polisi berbicara tentang tidak lebih dari 10 orang tewas dan banyak yang terluka. Tidak ada motif yang muncul.

Polisi mengatakan kepada wartawan bahwa serangan itu terjadi pada pukul 22.12 waktu setempat (03:12 GMT).

Juru bicara Leo Kosinski mengatakan penembakan itu diyakini terjadi di dalam toko, dan tersangka bertindak sendiri.

Pihak Walmart mengatakan "terkejut dengan peristiwa tragis ini" dan "bekerja sama dengan penegak hukum".

Pembaruan lebih lanjut dari polisi di Chesapeake diperkirakan akan berlangsung pada Rabu 23 November 2022 pagi.

Gambar di media sosial menunjukkan kehadiran banyak polisi di tempat kejadian, dan rekaman muncul secara online yang menunjukkan seorang saksi mata - mengenakan seragam Walmart - menggambarkan apa yang terjadi.

Dia mengatakan telah meninggalkan ruang staf, yang kemudian dimasuki oleh seorang manajer dan melepaskan tembakan.

"Sayangnya kami kehilangan beberapa rekan kami," kata pria itu, mengklarifikasi bahwa dia tidak tahu berapa rekannya yang ditembak.

Seorang juru bicara Sentara Norfolk General Hospital dikutip oleh stasiun televisi lokal WAVY-TV mengatakan bahwa lima orang dirawat di sana.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat