uefau17.com

Our Bali Your Bali: Kisah Chef Pejuang Kemanusiaan di Bali - Global

, Bali - Bali merupakan lokasi yang indah untuk liburan dan bekerja yang disukai turis internasional. Bagi Dean Keddell, keindahan Bali tidak hanya untuk dua hal tersebut, sebab kesejahteraan masyarakat Bali wajib dijaga. 

Dean Keddell adalah seorang pemilik restoran di Bali. Restoran Jackson's Lily's miliknya turut merasakan dampak dari pandemi COVID-19. Ia menyaksikan sendiri ketika para pegawainya mengalami kesulitan secara finansial. 

Namun, Dean Keddell sebetulnya sudah sudah lama menyadari tentang masalah kemiskinan Bali yang tersembunyi di balik gemerlap kemewahan. Kondisi pandemi COVID-19 hanya memperparah keadaan.

"Saya pikir, sama seperti yang lain, saat COVID datang kita kira akan selesai dalam dua bulan, tiga bulan, enam bulan mungkin akan selesai, tetapi menjadi jelas bahwa tidak demikian," ujar Dean Keddell saat berbincang dengan pada Oktober 2022.

Dean menolak tinggal diam. Kemampuannya sebagai koki dan pemilik restoran ia jadikan lentera di tengah kegelapan. 

Selama pandemi COVID-19, Dean menulis buku berjudul Our Bali Your Bali. Buku itu ia persembahkan bagi Bali dan dunia kuliner Indonesia.

Hasil dari penjualan buku tersebut disumbangkan kepada sejumlah yayasan amal untuk membantu masyarakat di Bali.

Buku itu juga berhasil meraih penghargaan paling prestisius di dunia kuliner, yaitu Gourmand Awards 2022. Yang membuatnya merasa bangga adalah bisa menulis buku kuliner Indonesia yang mendapat penghargaan kelas dunia.

"Our Bali Your Bali membawa cahaya pada kegelapan. Harapan saya adalah saat orang-orang tahu bahwa sesama manusia sedang menderita, mereka akan melakukan yang mereka bisa. Sedikit atau banyak tak masalah. Yang penting adalah kamu membantu dan berbuat yang kamu bisa," ujarnya. 

Berikut wawancara kisah Dean Keddell bersama :

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat