uefau17.com

"Pria Terkotor di Dunia" Meninggal di Usia 94 Tahun - Global

, Fars - Seorang pria tua asal Iran yang dijuluki media sebagai "orang terkotor di dunia" meninggal dunia pada usia 94 tahun. Ia tutup usia beberapa bulan setelah mandi.

Berdasarkan laporan BBC, Rabu (26/10/2022), sosok bernama Amou Haji itu menolak untuk mandi dengan sabun dan air selama lebih dari setengah abad. Pasalnya, ia takut hal tersebut membuatnya sakit.

Para tetangga berusaha untuk memandikannya, tetapi Amou Haji justru mengaku merasa sedih setiap tetangga memintanya mandi atau menawarkannya air bersih.

Amou Haji tinggal di desa Dejgah, provinsi Fars, yang berada di selatan Iran. Media lokal menyebut Amou Haji akhirnya mau mandi pada beberapa bulan lalu. Namun, ia kemudian jatuh sakit.

Kantor berita IRNA dari Iran menyebut ia wafat pada hari Minggu kemarin (23/10).

IRNA menyebut keputusannya tidak mandi berawal dari "kekecewaan emosional" saat dia muda. Akibatnya, kondisi kulit Amou Haji menjadi sangat tidak sehat.

Gaya hidup Amou juga tidak sehat dan ia suka makan daging busuk dan minum air kotor dari dirigen minyak. Saat diwawancara oleh Tehran Times pada tahun 2014, Amou Haji berkata makanan favoritnya adalah landak.

Amou Haji disebut tinggal di sebuah lubang di bawah tanah dan gubuk dari batu bata yang didirikan oleh para tetangganya yang merasa prihatin.

Merokok merupakan kegiatan yang disukai Amou Haji. Ada foto yang menampilkan pria berjanggut putih itu merokok empat batang cigarette sekaligus.

Namun, belum jelas apakah Amou Haji telah mencetak rekor dunia tidak mandi. Pasalnya, ada laporan di India pada 2009 tentang orang yang tidak mandi atau gosok gigi selama 30 tahun. Tidak diketahui bagaimana nasib orang India tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Pria India Tak Mandi 22 Tahun

Sebelumnya dilaporkan, seorang pria berusia 62 tahun dari Bihar, India menjadi perhatian banyak pihak di negara asalnya setelah terungkap dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade. Dharamdev Ram terkenal di kampung halamannya di Baikunthpur.

Seperti dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (2/8), semua orang tahu bahwa dia belum mandi dalam 22 tahun, tetapi tidak ada yang mengejeknya karena itu, sebaliknya, orang sangat menghormati keputusannya.

Itu karena pria berusia 62 tahun itu bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antarlaki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Itu belum terjadi, jadi Dharamdev ia terus menegakkan sumpah dan pendiriannya.

"Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal," kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat.

"Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'Guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama."

Pada 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Ram juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempat dia bekerja, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri.

Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia menganggur sejak itu.

3 dari 4 halaman

Tetap pada Pendiriannya

Istri Ram, Maya Devi, meninggal pada tahun 2003. Bertahun-tahun kemudian, salah satu putranya meninggal, tetapi dia juga tidak melanggar sumpahnya, dan dia terus melakukannya, meskipun putranya yang lain meninggal tahun ini.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India baru-baru ini, memicu penyelidikan jurnalistik.

Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur, di distrik Gopalganj Bihar untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Jika Anda berpikir 22 tahun tanpa mandi adalah waktu yang lama, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pria terkotor di dunia asal Iran berusia 87 tahun yang tidak mandi selama 67 tahun.

Seperti dia, Dharamdev Ram tampaknya dalam keadaan sehat, mengingat kebersihannya yang buruk, setidaknya menurut standar modern.

4 dari 4 halaman

Mandi Air Dingin atau Panas?

Mayoritas orang memang lebih memilih air hangat pada tubuh mereka. Tetapi tahukah Anda bahwa mandi air dingin penting untuk menjaga rutinitas harian Anda?

Mandi air dingin itu disarankan ketika bangun di pagi hari, seperti dikutip dari laman healthline.com, Minggu (16/10).

Terlepas dari apa yang Anda rasakan tentang kedua jenis pancuran itu, penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas dan dingin memiliki manfaat kesehatan yang harus Anda ketahui.

Apa yang hebat tentang air dingin?

Manfaat mandi air dingin termasuk:

- Menghilangkan gatal pada kulit

- Membangunkanmu

- Meningkatkan sirkulasi

- Mengurangi nyeri otot setelah latihan berat

- Berpotensi meningkatkan penurunan berat badan

- Rambut dan kulit bercahaya

Adam Friedman MD mengatakan, jika Anda memiliki kondisi kulit yang menyebabkan rasa gatal, mandi air dingin dapat membantu dibandingkan harus menggaruknya.

Selain itu, mandi air dingin bisa memberikan sedikit kejutan. Guncangan ini bisa meningkatkan:

- Asupan oksigen

- Detak jantung

- Kewaspadaan

- Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi

Peningkatan sirkulasi adalah salah satu alasan utama dan para ahli merekomendasikan mandi air dingin.

Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal Anda, itu menyempitkan sirkulasi pada permukaan tubuh.

Ini menyebabkan darah di jaringan yang lebih dalam bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk menjaga suhu tubuh yang ideal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat