uefau17.com

WhatsApp Suka Error? Ini 5 Langkah Mengatasinya - Global

, Jakarta - WhatsApp terkadang error dan tak bisa mengirim atau menerima pesan.

Selain itu, kesalahan yang kerap muncul dari aplikasi ini adalah sulit untuk mengobrol dengan teman, atau mengakses riwayat obrolan Anda.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp error dan mengalami sejumlah permasalahan?

Dikutip dari laman technipages, Selasa Selasa (25/10/2022), berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya;

1. Periksa Koneksi

Jika Anda menggunakan data seluler, buka Pengaturan, Jaringan dan nonaktifkan Mode Pesawat. Pastikan Data seluler diaktifkan.

Jika Anda mengatur batas penggunaan data bulanan, nonaktifkan pengaturan masing-masing dan periksa apakah itu bisa memperbaiki masalah.

Jika Anda menggunakan koneksi nirkabel, atur ulang modem/router Wi-Fi Anda, dan pastikan tidak terlalu jauh dari perangkat jaringan.

2. Nonaktifkan Aplikasi Lain

Tutup semua aplikasi yang berjalan di perangkat Anda dan buka WhatsApp lagi. Terkadang, masalah antar aplikasi dapat membatasi atau memblokir pesan WhatsApp.

Perhatikan jika masalah terjadi saat Anda menjalankan aplikasi atau game tertentu di ponsel. Hindari membuka masing-masing aplikasi dan WhatsApp secara bersamaan.

3. Bersihkan Cache

Menghapus cache juga dapat memperbaiki masalah ini. File cache membantu aplikasi dibuka lebih cepat, tetapi terkadang file tersebut mungkin menyumbat dan memblokir fitur tertentu atau memicu berbagai kesalahan.

Untuk menghapus cache WhatsApp, buka Pengaturan → Aplikasi → pilih WhatsApp → ketuk tombol Hapus cache.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Selanjutnya

4. Perbarui WhatsApp

Versi WhatsApp terbaru selalu merupakan versi yang paling stabil. Belum lagi pembaruan terbaru sering kali menyertakan perbaikan terbaru untuk sejumlah masalah.

Periksa apakah ada versi WhatsApp baru yang tersedia dan instal di perangkat Anda. Buka Google Play Store, cari whatsapp dan ketuk tombol Perbarui (jika ada).

Jika tidak ada tombol Perbarui, ini berarti versi aplikasi Anda sudah terbaru.

5. Instal Ulang WhatsApp

Perlu diingat bahwa setelah menginstal ulang WhatsApp, mungkin perlu waktu lama untuk mendapatkan kode verifikasi.

Anda harus memasukkan kode verifikasi 6 digit dan memverifikasi nomor telepon Anda setiap kali mendapatkan nomor telepon baru, perangkat baru, atau menginstal ulang aplikasi.

Untuk menghapus instalan WhatsApp, ketuk dan tahan ikon aplikasi hingga opsi Uninstall muncul.

Ketuk Uninstall, restart ponsel Anda dan kemudian ke Google Play Store dan unduh versi WhatsApp terbaru.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Down, Pengguna Ramai-Ramai Mengeluh di Media Sosial

Layanan WhatsApp down dilaporkan terjadi pada hari ini, Selasa (25/10/2022) siang. Matinya layanan aplikasi chatting milik Meta ini diketahui dari keluhan sejumlah pengguna di media sosial, seperti Twitter.

Berdasarkan pantauan Tekno , keluhan pengguna mengenai layanan WhatsApp yang bermasalah ini berasal dari sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Selain Indonesia, dari pantauan tweet yang beredar di linimasa, matinya layanan WhatsApp juga terjadi di Inggris, India, Turki, dan Asia Tenggara.

Hingga berita ini ditayangkan, keyword WhatsApp pun menjadi Trending Topic di Twitter Indonesia. Keyword lain seputar matinya layanan WhatsAp yang juga menjadi Trending Topic di Indonesia adalah 'Ini WA'.

Kebanyakan dari kicauan warganet berisi keluhan mereka tentang layanan WhatsApp yang tidak bisa dipakai untuk berkirim pesan.

Selain keluhan, sejumlah warganet juga bertanya-tanya mengenai apa yang terjadi dengan aplikasi chatting ini. Karenanya, banyak warganet yang menanyakan informasi soal matinya layanan WhatsApp di Twitter.

"Ini WA gue kenapa muter2 mulu," tulis salah satu akun dengan nama @adhikaisthianto. Sementara akun lain menulis,"ini wa emang lagi down apa gimana dah, chat gue ngga ada yang ke-send."

"Whatsapp gue yang error apa semuanya juga?" tulis akun lain dengan nama @hendriswrd. "Bolak-balik reconnect wifi sama airplane mode, ternyata emang WhatsApp nya yang lagi down," tulsi akun @risnaelisaa.

Sebagai informasi, matinya layanan WhatsApp ini terjadi tidak hanya dalam grup chat, tapi juga ketika mengirimkan pesan secara pribadi, termasuk mengakses WhatsApp Web.

Dari pantauan Tekno , WhatsApp web hanya muncul pesan "Connecting to WhatsApp, Retrying...". Hingga sekarang, belum diketahui apa penyebabnya layanan WhatsApp down, karena perusahaan belum memberikan pernyataan resmi.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Down Total, WA Grup sampai Web Tak Bisa Kirim Pesan

WhatsApp down di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia pada Selasa (25/10/2022).

Kegiatan mengirim pesan secara pribadi, lewat WA grup, hingga lewat WhatsApp web pun tidak dapat dilakukan.

 Pantauan tim Tekno , WhatsApp web hanya muncul pesan "Connecting to WhatsApp, Retrying...".

Selain pesan, pengguna juga tidak bisa mengirim foto atau video. Berdasarkan situs Downdetector, 80 persen pengguna mengeluh tidak bisa kirim pesan.

Sementara itu, 17 persennya tidak dapat membuka aplikasi dan WhatsApp web. Diketahui, WhatsApp tumbang pada jam 13.42 WIB.

Terkait WhatsApp eror pun langsung mendapat reaksi dari warganet, dimana mereka tidak bisa mengakses aplikasi pesan milik Meta tersebut.

"Group chat WA lagi eror ya??," tanya seorang warganet.

"Wa group eror ges," tulis warganet lainnya, mengumumkan masalah ini.

"Wa group eror padahal kerjaan bergantung pada wa," tulis pengguna WhatsApp, mengeluh.

Pantauan di Twitter, keywords WhatsApp menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 300 ribu cuitan.

Belum diketahui, apa yang menyebabkan WA Grup eror, tapi kemungkinan ada masalah dengan server.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat