uefau17.com

Kala Raja Charles III, Pangeran William dan Harry Dampingi Peti Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckingham - Global

, London - Raja Charles III, putranya Pangeran William dan Harry, dan bangsawan senior lainnya bergabung dalam prosesi khidmat mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II saat mendiang raja melakukan perjalanan terakhirnya dari Istana Buckingham pada Rabu (14 September).

Dikutip Channel News Asia, Kamis (15/9/2022), kerumunan besar berkumpul di pusat Kota London untuk menyaksikan Ratu dibawa dari istana ke parlemen ketika senjata artileri menembakkan hormat dan Big Ben dibunyikan, yang terbaru dalam serangkaian upacara kedukaan atas ratu yang meninggal pekan lalu dalam usia 96 tahun setelah tujuh dekade di atas takhta.

Berbaring di kereta meriam, ditutupi oleh bendera Standar Kerajaan dan dengan Mahkota Negara Kekaisaran yang ditempatkan di atas bantal di samping karangan bunga, peti mati yang membawa jasad Ratu Elizabeth dibawa dalam prosesi yang lambat dan suram dari rumahnya di London ke Westminster Hall. Di sana ia akan disemayamkan selama empat hari.

Berjalan tepat di belakang adalah Charles dan saudara-saudaranya: Anne, Andrew dan Edward.

Dalam kelompok yang diikuti adalah putra Charles, Pangeran William dan Harry, pemandangan menyedihkan yang mengingatkan pada saat sebagai anak laki-laki 25 tahun yang lalu, ketika mereka mengikuti peti mati ibu mereka Putri Diana--prosesi serupa melalui pusat Kota London.

Itu juga merupakan pertunjukan simbolis persatuan ketika William (40) sekarang Pangeran Wales, dan Harry (37) Duke of Sussex, dikatakan hampir tidak berbicara setelah perselisihan pahit dalam beberapa tahun terakhir.

"Sangat mengharukan melihat keluarga. Itu adalah pertunjukan persatuan yang kuat," kata Jenny Frame (54) yang menunggu lebih dari empat jam untuk melihat prosesi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pawai Pemakaman

Sebuah band militer memainkan pawai pemakaman dan tentara dalam seremonial seragam merah mengiringi kereta meriam yang ditarik oleh Pasukan Raja, Artileri Kuda Kerajaan, saat bergerak perlahan melalui pusat kota London, di mana banyak jalan ditutup untuk lalu lintas.

Senjata ditembakkan setiap menit di Hyde Park, sementara lonceng Big Ben yang terkenal di parlemen juga berbunyi pada interval 60 detik. Kerumunan berdiri dalam keheningan yang hening saat mereka menyaksikan prosesi itu, tetapi kemudian tepuk tangan secara spontan ketika prosesi itu berlalu. 

Para bangsawan senior lainnya termasuk istri Charles, Camilla, sekarang Permaisuri, Kate, istri William dan sekarang Putri Wales, dan istri Harry, Meghan, bepergian dengan mobil.

3 dari 4 halaman

Tiba di Westminister Hall

Ketika prosesi mencapai Westminster Hall, sebuah bangunan abad pertengahan dengan asal-usul yang berasal dari tahun 1097 dan bagian tertua dari Istana Westminster yang menampung parlemen Inggris, peti mati itu dibawa ke dalam oleh tentara dari Pengawal Grenadier dan diletakkan di atas sebuah katafalque yang dikelilingi oleh lilin.

Sebuah kebaktian singkat diikuti, yang dilakukan oleh Uskup Agung Canterbury, kepala spiritual Gereja Anglikan, sementara para politisi senior menyaksikan. Para bangsawan diam-diam pergi, dengan Harry dan Meghan berpegangan tangan.

Penjagaan terus-menerus akan dilakukan oleh tentara dengan seragam seremonial lengkap di empat sudut catafalque.

4 dari 4 halaman

Masyarakat Ikut Berduka

Tepat setelah jam 5 sore, publik mulai melewati peti mati Ratu, beberapa menangis, banyak yang menundukkan kepala. Akan ada aliran pelayat yang konstan, 24 jam sehari, selama empat hari berbaring dalam keadaan yang berlangsung hingga pagi hari pemakaman pada 19 September.

"Itu cukup luar biasa," kata Thomas Hughes (20) yang menunggu hampir 14 jam dengan saudaranya untuk melihat ratu terbaring di negara bagian. 

"Ketika Anda menempatkan diri Anda melalui itu, dan kemudian Anda sampai pada saat yang Anda tunggu, Anda hanya sedikit lebih emosional. Itu hal yang sangat kuat."

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan Elizabeth memiliki tiga peran kunci dalam hidupnya: kepala keluarga, kepala bangsa, dan kepala negara. Rabu menandai saat peti mati diserahkan dari keluarga ke negara bagian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat