uefau17.com

PBB Upayakan Proses Evakuasi Warga Ukraina di Mariupol - Global

, Jakarta - Operasi ketiga sedang dilakukan untuk mengevakuasi warga sipil dari kota pelabuhan Mariupol Ukraina dan pabrik baja Azovstal yang terkepung , kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis (5 Mei).

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) sejauh ini telah membantu hampir 500 warga sipil melarikan diri dari daerah itu selama dua operasi dalam seminggu terakhir. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (6/5/2022)

Guterres menolak untuk memberikan perincian tentang operasi baru itu "untuk menghindari merusak kemungkinan keberhasilan."

"Saya berharap bahwa koordinasi berkelanjutan dengan Moskow dan Kyiv akan mengarah pada jeda kemanusiaan yang lebih banyak untuk memungkinkan warga sipil melewati pertempuran dengan aman dan bantuan untuk menjangkau mereka yang membutuhkan," katanya kepada Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang. 

"Kita harus terus melakukan semua yang kita bisa untuk mengeluarkan orang-orang dari neraka ini."

Kepala hak asasi manusia PBB Michelle Bachelet mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa selama sekitar lima minggu dari akhir Februari di daerah sekitar Kiev, "pasukan Rusia menargetkan warga sipil laki-laki, yang mereka anggap mencurigakan." Rusia membantah menyerang warga sipil.

"Para pria ditahan, dipukuli, dieksekusi dengan cepat dan, dalam beberapa kasus, dibawa ke Belarus dan Rusia, tanpa sepengetahuan keluarga mereka, dan ditahan di fasilitas penahanan pra-sidang," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Krisis Kemanusiaan

Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, menggambarkan krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh konflik sebagai "mengerikan" dan mengatakan meningkatnya korban sipil "sangat disesalkan." Dia meminta semua pihak untuk menahan diri secara maksimal agar tidak melukai warga sipil.

"Mengirimkan senjata tidak akan memberikan perdamaian dan konflik tidak memiliki pemenang," kata Zhang, mendorong pembicaraan untuk mengakhiri perang.

Guterres juga telah memperingatkan bahwa invasi Rusia pada 24 Februari di Ukraina bahkan memberikan tekanan yang lebih besar pada negara berkembang.

Dia mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa dia siap untuk memfasilitasi pembicaraan tentang "mengintegrasikan kembali produksi pertanian Ukraina dan produksi makanan dan pupuk Rusia dan Belarusia ke pasar dunia, meskipun ada perang."

Rusia menyebut tindakan di Ukraina sebagai "operasi khusus".

3 dari 4 halaman

Serangan Besar-besaran ke Pabrik Baja Azovstal di Ukraina

Para pejabat Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah melancarkan serangan habis-habisan terhadap pabrik baja Azovstal, tempat bertahan terakhir Ukraina di kota Mariupol.

Pasukan Ukraina di dalam pabrik telah melakukan "pertempuran berdarah yang sulit" untuk hari kedua, kata komandan resimen Azov. Pasukan Rusia dilaporkan telah memasuki "wilayah pabrik" setelah berhari-hari melakukan serangan berkelanjutan.

Sekitar 200 warga sipil diyakini berlindung di dalam, termasuk anak-anak.BBC belum dapat memverifikasi laporan serangan Rusia terhadap pabrik baja tersebut.

Dalam pesan video singkat yang diposting di Telegram, komandan Azov Denis Prokopenko mengatakan: "Saya bangga dengan tentara saya yang melakukan upaya manusia super untuk menahan tekanan musuh ... situasinya sangat sulit."

Presiden Volodymyr Zelensky telah mengajukan permohonan lebih lanjut kepada PBB untuk membantu menyelamatkan nyawa orang-orang yang tinggal di sana.

"Semua orang penting bagi kami. Kami meminta bantuan Anda untuk menyelamatkan mereka," kata Zelensky kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui telepon.

4 dari 4 halaman

Bantuan untuk Ukraina

Dalam sebuah posting di Telegram, Irina Vereshchuk berterima kasih kepada PBB dan Palang Merah atas bantuan mereka, dengan mengatakan: "Ini adalah wanita, anak-anak dan orang tua dari Mariupol, Manhush, Berdiansk, Tokmak dan Vasylivka ... Kami sekarang akan mendukung mereka selama masa sulit ini. waktu, termasuk dengan dukungan psikologis yang sangat dibutuhkan.

"Osnat Lubrani, koordinator kemanusiaan PBB untuk Ukraina, mengkonfirmasi evakuasi tersebut. 

"Sementara evakuasi warga sipil kedua dari daerah di Mariupol dan sekitarnya adalah signifikan, lebih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan semua warga sipil yang terjebak dalam pertempuran dapat pergi, ke arah yang mereka inginkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Rusia mengatakan akan menerapkan gencatan senjata mulai Kamis untuk memungkinkan lebih banyak evakuasi warga sipil dari pabrik Azovstal.

Militer Rusia mengatakan rute keluar dari pabrik akan dibuka dari pukul 08:00 hingga 18:00 waktu Moskow (05:00 hingga 15:00 GMT) pada 5, 6, dan 7 Mei.

Selama waktu ini, pasukan Rusia akan menghentikan kegiatan dan menarik unit ke jarak yang aman, kata militer dalam sebuah posting online.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat