uefau17.com

Presiden Ukraina Minta Jet Tempur ke AS untuk Lawan Rusia - Global

, Kyiv - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengirimkan request agar dikirimkan tambahan jet tempur dari Amerika Serikat untuk melawan invasi Rusia. Permintaan itu dikirim Zelensky via Zoom. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Minggu (6/3/2022), Presiden Zelensky bertemu secara virtual dengan lebih dari 300 orang, termasuk sejumlah senator dan anggota DPR AS. Ia berkata butuh kiriman lebih banyak pesawat guna membantu negara itu melawan invasi Rusia.

Dalam pertemuan itu, Pemimpin Senat AS Chuck Schumer berjanji akan melakukan segala upaya "untuk membantu pemerintah memfasilitasi pengiriman itu."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Sabtu (5/3) berbicara dengan Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau di Rzeszow, di perbatasan Ukraina.

Blinken menyeberang perbatasan, menginjak wilayah Ukraina sebentar, untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Dymtro Kuleba, yang meminta lebih banyak bantuan militer untuk mengalahkan Rusia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lindungi Wilayah NATO

Setelah pertemuan dengan menteri Polandia itu, Menlu Blinken menegaskan dalam konferensi pers bahwa AS "akan membela setiap inci wilayah NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara)."

Lebih lanjut, Blinken mengumumkan bahwa pemerintahan Biden bersiap untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai $2,75 miliar atau setara Rp39,5 triliun lagi untuk para pengungsi Ukraina.

Blinken juga memuji Polandia karena membantu ratusan ribu warga Ukraina yang telah mengungsi. Ia mengatakan, "Rakyat Polandia tahu betapa pentingnya untuk membela kebebasan."

Menteri Luar Negeri Polandia Rau mengatakan, “Polandia tidak akan mengakui perubahan wilayah yang dipicu oleh agresi tanpa provokasi dan tidak sah." 

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat