uefau17.com

Apa yang Diinginkan Vladimir Putin di Balik Skenario Perang Rusia Vs Ukraina? - Global

, Moskow - Ketika perang Rusia dan Ukraina masih terjadi dengan laporan ratusan orang tewas dalam waktu kurang dari seminggu, muncul pertanyaan tentang apa yang sebenarnya ingin dicapai Presiden Vladimir Putin dalam invasi ini.

Menurut Cristian Nitoiu, dosen Diplomasi dan Tata Kelola Internasional di Loughborough University London, seharusnya tidak ada kesalahpahaman tentang motif Rusia; Putin prihatin dengan politik revisionis dan fantasi kekuatan besar, katanya kepada Al Jazeera.

BACA JUGA: Hoaks Foto Vladimir Putin dan Kim Jong-un Angkat Gelas Bir di Klub Malam

"Tujuan jangka panjang Rusia setelah berakhirnya Perang Dingin adalah untuk memulihkan status kekuatan besar Uni Soviet, untuk dilihat setara oleh Barat dan untuk dapat mempengaruhi perkembangan politik di tetangganya yang lebih kecil seperti Ukraina, Moldova atau Kazakhstan," katanya.

Namun, Ukraina telah memasukkan dirinya ke dalam orbit pengaruh Barat, dan dengan demikian bertentangan dengan kepentingan Putin, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (2/3/2022).

Dengan demikian, menempatkan pemerintah Rusia di Kiev kemungkinan besar merupakan tujuan utama intervensi militer Kremlin, kata Nitoiu.

Tetapi bagaimana dan bisakah skenario seperti itu terwujud?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampukah Skenario Ini Bekerja

Jika Kiev direbut, Rusia mungkin akan memasang setidaknya pemerintahan sementara, menurut Graeme Gill, profesor emeritus pemerintahan dan hubungan internasional di University of Sydney, kepada Al Jazeera.

Namun, mengingat kecilnya kemungkinan hal ini diterima secara luas di kalangan penduduk Ukraina, Putin diprediksi lebih berhasil jika pemerintah saat ini terus dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy, tetap menjabat dan dapat bernegosiasi dengan Rusia, tambah Gill.

"Struktur kelembagaan kemungkinan akan tetap ada, meskipun kemungkinan akan diperkenalkan semacam pengaturan federal untuk memberikan tingkat otonomi bagi Donetsk dan Luhansk," kata Gill.

Meskipun demikian, jika Rusia dapat membangun beberapa bentuk dialog dan kesepakatan di Kiev, ia akan menghadapi hambatan.

"Negosiasi semacam itu kemungkinan akan terlihat terjadi di bawah tekanan, dan oleh karena itu hasil apa pun mungkin tidak akan bertahan. Tidak ada pilihan yang mudah bagi Putin, dan tentu saja tidak akan mudah bagi pemerintah sementara mana pun yang dipasang dengan kekuatan senjata Rusia," kata Gill.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat