uefau17.com

Amerika Serikat Bakal jadi Tuan Rumah Forum Kerja Sama APEC 2023 - Global

, Washington D.C - Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada 2023.

"Kami bangga bahwa Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada 2023," ujar Juru Bicara Jen Psaki seperti dikutip dalam pernyataan tertulis Gedung Putih yang dikutip Minggu (13/2/2022). 

Menurutnya, itu menegaskan komitmen terhadap upaya mendorong perdagangan dan investasi yang adil dan terbuka, meningkatkan daya saing Amerika, dan memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris menawarkan AS untuk menjadi tuan rumah APEC tahun depan atas dasar fokus kami terhadap upaya memperluas dan memperdalam ikatan ekonomi di kawasan - dan kami mengucapkan terima kasih kepada negara-negara APEC lainnya yang menyambut baik tawaran AS ini," imbuh Jen Psaki.

Jen Psaki mengatakan, menjadi mitra yang kuat dan dapat diandalkan bagi negara-negara APEC dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil bersama untuk membuka sebesar-besarnya peluang ekonomi, kesejahteraan, dan pertumbuhan bagi kita semua merupakan prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bekerja Bersama untuk Isu Penting Masa Depan

Jen Psaki menguraikan bahwa Menteri Perdagangan Raimondo, Kepala United States Trade Representative (USTR) Duta Besar Tai, dan tim tengah bekerja dengan para mitra-mitra untuk menciptakan kerangka ekonomi Indo-Pasifik yang akan mendefinisikan tujuan bersama terkait isu-isu yang penting bagi masa depan.

"Termasuk fasilitasi perdagangan, standar ekonomi dan teknologi digital, ketahanan rantai pasokan, dekarbonisasi dan energi bersih, infrastruktur, serta standar pekerja," paparnya.

"Menteri Luar Negeri Blinken pekan ini juga berada di kawasan untuk terus memperkuat hubungan diplomatik kunci dan mendorong prioritas bersama kita," sambungnya.

Amerika Serikat menantikan bekerja sama secara erat dengan Thailand, tuan rumah APEC 2022; Peru, tuan rumah APEC 2024; dan semua negara-negara anggota ekonomi APEC terkait agenda yang bermanfaat bagi semua rakyat.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat