uefau17.com

Intel China yang Dituduh Mencuri Rahasia Penerbangan AS Divonis 60 Tahun Penjara - Global

, D.C - Seorang perwira intelijen China telah dihukum oleh juri di Amerika Serikat karena merencanakan untuk mencuri rahasia dari perusahaan penerbangan, menurut Departemen Kehakiman AS.

Xu Yanjun dinyatakan bersalah atas lima tuduhan yang berkaitan dengan spionase ekonomi dan pencurian rahasia dagang.

Dia menghadapi hukuman 60 tahun penjara dan denda lebih dari $ 5 juta (£ 3,7 juta), demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/11/2021).

Xu pertama kali ditangkap di Belgia pada 2018 dan mungkin merupakan agen China pertama yang diekstradisi ke AS untuk diadili.

Pihak berwenang China belum berkomentar secara terbuka tentang putusan hari Jumat. Beijing sebelumnya telah menolak tuduhan itu, dengan mengatakan tidak ada dasar untuk tuduhan itu.

Menurut sebuah pernyataan oleh departemen kehakiman AS, Xu adalah anggota senior cabang Jiangsu dari Kementerian Keamanan Negara China - sebuah badan yang bertanggung jawab untuk kontra-intelijen, intelijen asing dan keamanan internal.

Xu dituduh menargetkan karyawan di beberapa perusahaan yang berbasis di AS, di antara negara-negara lain setidaknya sejak 2013.

Dalam satu contoh, ia mengatur agar seorang karyawan GE Aviation melakukan perjalanan ke China pada tahun 2017 untuk memberikan presentasi di universitas - membayar biaya perjalanan dan uang saku mereka.

Tahun berikutnya, Xu meminta ahli untuk informasi "spesifikasi sistem, proses desain". Dengan kerja sama dari perusahaan - yang bekerja dengan FBI - karyawan itu mengirim email kepada Xu dokumen dua halaman yang diberi label memiliki informasi sensitif.

Intel China itu kemudian meminta karyawan untuk mengirim salinan direktori file untuk komputer yang dikeluarkan oleh kantornya.

Dia juga mencoba mengatur untuk bertemu karyawan di Belgia, yang mengarah ke penangkapannya akhirnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

FBI: Intel China Mencuri Teknologi Amerika Serikat

"Bagi mereka yang meragukan tujuan sebenarnya dari [China], ini harus menjadi peringatan," kata Asisten Direktur FBI Alan Kohler. "Mereka mencuri teknologi Amerika untuk menguntungkan ekonomi dan militer mereka."

Tuduhan itu muncul pada saat ketegangan yang meningkat antara kedua negara - dengan China baru-baru ini menguji bentuk baru rudal hipersonik, dan Presiden AS Joe Biden berjanji untuk melindungi Taiwan dari serangan militer China.

Menurut CNN, Direktur CIA Bill Burns menggambarkan China sebagai ancaman teknologi terbesar bagi AS. Bulan lalu dia mengatakan agen mata-mata akan meningkatkan upayanya menuju China.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat