uefau17.com

3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Moderna dari AS Telah Tiba di Indonesia - Global

, Jakarta - Indonesia telah menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-20.

3 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna sumbangan dari Amerika Serikat, tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (11/7).

Kiriman vaksin Moderna itu, juga merupakan vaksin yang disalurkan melalui jalur penyediaan vaksin secara global, COVAX.

"Kedatangan vaksin tahap ke-20 ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya keras menghadirkan vaksin COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Dr. Reisa Broto Asmoro, dalam siaran langsung penerimaan vaksin Moderna dari AS, yang disiarkan di laman Youtube Sekretariat Presiden.

"Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari pemerintah Amerika Serikat. Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini, telah mendapatkan emergency used authorization (izin pemakaian masa darutat) dari BPOM pada 2 Juli 2021," beber Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan dari Dubes AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim

"Sesuai dengan komunikasi dengan beberapa rekan kolega kami di Amerika Serikat, termasuk Menteri Luar Negeri, dan National Security Advisior AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan doses sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis," jelas Menlu Retno.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan, kepada pemerintah Amerika Serikat yang telah berbagi vaksin kepada Indonesia melalui COVAX facility," tutur Menlu Retno Marsudi.

Atas nama pemerintah dan rakyat Amerika Serikat , saya dengan senang hati mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas kedatangan 3 juta dosis vaksin Moderna," kata Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim.

Sebelumnya, penasihat keamanan nasional AS telah memberi tahu Menlu Retno bahwa AS akan mengirimkan empat juta dosis vaksin COVID-19 Moderna d ke Indonesia.

Dalam panggilan dengan Menlu RI Retno Marsudi pada 2 Juli 2021, Jake Sullivan mengatakan dosis akan dikirim melalui program berbagi vaksin global COVAX "sesegera mungkin," kata sebuah pernyataan Gedung Putih, yang dikutip pada 3 Juli 2021.

Sullivan mengatakan, donasi tersebut "menggarisbawahi dukungan Amerika Serikat terhadap masyarakat Indonesia saat mereka melawan lonjakan kasus COVID-19".

Kedua pejabat itu juga membahas rencana AS untuk meningkatkan bantuan untuk upaya respons COVID-19 Indonesia yang lebih luas, kata pernyataan itu.

"Sullivan menyoroti pentingnya administrasi Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara dan mengakhiri pandemi secara lebih luas dan berjanji dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi," kata pernyataan itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi COVID-19? Jangan Kendor 5M!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat