uefau17.com

6 Tips Jika Ingin Selamat dari Serangan Hewan Liar - Global

, Jakarta - Tidak ada satu solusi untuk membela diri melawan hewan liar. Menangani setiap hewan memiliki cara berbeda. Selain itu, kita juga tidak tahu kapan kita akan mengalami situasi yang berususan dengan hewan liar.

Dikutip dari Bright Side, Kamis (25/3/2021), berikut adalah beberapa cara untuk bertahan hidup apabila harus berurusan dengan hewan liar:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rusa

Rusa seringkali melarikan diri daripapda memilih untuk berinteraksi dengan manusia. Namun, rusa betina bisa menjadi agresif jika merasakan bayinya terancam. Selain itu, rusa jantan juga bisa berbahaya selama musim kawin.

Saat dalam kondisi tersebut, tetap tenang dan mundur perlahan. Apabila rusa mulai menyerang, letakkan sebuah penghalang antara Anda dan rusa, lalu kabur atau panjat pohon.

Jika memakai jaket, angkat lengan dan ayunkan jaket agar Anda terlihat besar dan tangguh. Lindungi kepala dan leher dengan meringkuk saat rusa menyerang.

2. Beruang

Anak beruang cokelat Gianni (kiri) dan Sam bermain di area Bioparco Roma, (24/5). Dua bayi beruang berusia 18 bulan ini dibawa ke Italia setelah ditemukan oleh beberapa asosiasi hak hewan. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Jika Anda berbicara dan membuat banyak suara, kemungkinan besar beruang yang berada di daerah tersebut akan pergi. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang pasti.

Apabila ada beruang di depan Anda, jangan berteriak, lari, atau memanjat pohon. Beruang dapat berlari dengan cepat dan bahkan bisa merobohkan pohon dengan mudah.

Sebagai gantinya, buat diri Anda terlihat lebih besar. Perlahan regangkan lengan dan pegang ransel atau jaket di atas kepala lalu mundur dengan tenang.

 

3 dari 5 halaman

3. Singa Gunung

Singa gunung biasanya menyerang dari belakang, jadi jangan pernah memunggungi mereka atau melarikan diri.

Anda harus terlihat galak. Berdiri tegak, pertahankan kontak mata, dan buat jaket terlihat besar. Jika perlu, lempar barang dan bicara dengan tegas.

Jika Anda diserang, lawan dan jangan diam. Pukul hidung, mulut, atau matanya. Kemungkinan besar ia akan menyerah.

4. Serigala

Dua serigala bermain di Yarkon Park di kota pesisir Israel, Tel Aviv pada 13 April 2020. Lusinan serigala mengambil alih sebuah taman yang sepi karena penerapan lockdown akibat virus Corona untuk mencari makanan di tempat yang biasanya digunakan olahraga, piknik dan berjemur. (JACK GUEZ/AFP)

Serigala adalah binatang yang bepergian dengan kelompok. Jika melihat satu, kemungkinan yang lain sedang berada di jarak yang dekat.

Maka itu, berada dalam jangkauan dekat, menjauhlah perlahan. Namun, jika sudah terlalu terlambat, berjalan mundur perlahan dan jangan mengalihkan pandangan.

Jika serigala tidak mundur, berteriaklah sekeras mungkin dan buang apa saja yang dapat dilempar ke mereka. Perhatikan langkah Anda agar tidak jatuh karena serigala akan melihat situasi tersebut dengan kesempatan untuk menyerang.

Namun, apabila mereka menyerang, balaslah dengan cara agresif agar mereka menyerah.

 

4 dari 5 halaman

5. Babi Hutan

Babi hutan adalah hewan yang sangat agresif. Jika Anda melihatnya dari kejauhan, segera kabur. Namun, jika sudah terlalu dekat, jangan coba berlari.

Tetap tenang dan menjauhlah perlahan. Jika mereka menuju ke arah Anda, panjat pohon. Babi liar tidak bisa memanjat jadi kemungkinan besar mereka akan meninggalkan Anda sendirian.

Jika tidak dapat kabur dan babi tersebut sudah menyerang, lawanlah. Perkelahian dengan babi hutan biasanya berlangsung sekitar satu menit jadi teruslah bertarung sampai ia pergi.

6. Bison

Bison di Yellowstone National Park, Wyoming pada 11 Mei 2016. (MLADEN ANTONOV / AFP)

Bison tidak akan menyerang manusia jika tidak berinteraksi secara langsung. Itulah mengapa Anda harus menjaga jarak dari mereka. Walaupun terlihat lucu, mereka cukup gesit dan dapat berlari tiga kali lebih cepat dari manusia.

Tunjukkan bahwa Anda bukan ancaman dengan menjauh secara perlahan. Cari pohon, batu besar, atau benda besar lainnya untuk bersembunyi dan bergerak dengan hati-hati.

Naik ke atas pohon agar bison tidak bisa melihat Anda dan tunggu hingga mereka meninggalkan daerah tersebut.

 

Reporter: Paquita Gadin

5 dari 5 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat