uefau17.com

Mampukah Suhu Panas Mematikan Virus Corona COVID-19? - Global

, Jakarta - Ketika Virus Corona COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia pada 2020, salah satu keraguan yang kerap muncul adalah cara untuk menghentikannya sama seperti menghentikan penyakit flu. Namun nyatanya, anggapan tersebut salah. 

Pada perkiraan tingkat kematian terendah berdasarkan data saat ini, COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona, diperkirakan membunuh sekitar 1-2% dari pasien yang diketahui, dibandingkan dengan sekitar 0,1% untuk penyakit influenza.

Seperti dilaporkan oleh CNN, Jumat (13/3/2020), Virus Corona juga tampaknya sama menularnya seperti flu, tapi berpotensi lebih berbahaya, terutama karena tidak ada pengobatan khusus, penyembuhan atau vaksin musiman. Para ahli berharap virus akan tetap berperilaku seperti influenza, bagaimanapun akan meruncing di musim semi.

"Ini adalah virus pernapasan dan mereka selalu menjadi masalah selama cuaca dingin, untuk alasan yang jelas," kata Nelson Michael, seorang peneliti medis militer AS terkemuka.

"Kita semua di dalam, jendelanya tertutup, dan sebagainya, jadi kita biasa menyebutnya influenza atau musim flu."

Influenza berkembang dalam kondisi yang dingin dan kering. Itulah sebabnya musim dingin adalah musim flu bagi sebagian besar negara di belahan bumi utara. Perbedaan perilaku di musim dingin juga dapat memiliki efek.

Michael memperkirakan virus Corona mungkin saja berperilaku seperti flu dan memberi "lebih sedikit masalah ketika cuaca menghangat." Tetapi, dia mengingatkan, virus itu bisa kembali ketika cuaca menjadi dingin lagi.

Harapannya adalah bahwa bersama dengan aksi radikal dari pemerintah dan masyarakat untuk mengurangi jumlah kasus baru, pengurangan penyebaran selama cuaca yang lebih hangat akan memberikan ruang sistem kesehatan untuk mengatasi munculnya Virus Corona baru dan memberi waktu bagi pengembangan vaksin atau obat. 

"Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memahami bahwa banyak dari apa yang kita lakukan sekarang adalah mempersiapkan diri kita untuk apa yang kita sebut sebagai gelombang kedua dari ini," Michael memperingatkan.

"Tetapi bagaimana jika virus itu tidak berperilaku seperti influenza? Mungkinkah kita berurusan dengan tingkat infeksi yang tetap tinggi sepanjang tahun?"

Lebih dari 100 kasus telah dikonfirmasi di Singapura, di mana panas dan lembab terjadi sepanjang tahun. Australia, Brasil, dan Argentina, yang semuanya saat ini di tengah musim panas, kini juga telah melaporkan banyak kasus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suhu Tak Bisa Menentukan

Ada bukti yang menunjukkan bahwa Virus Corona berkembang dengan sangat baik di iklim tertentu.

Beberapa daerah yang paling parah di dunia, dari Wuhan, tempat virus pertama kali terdeteksi, hingga Iran, Italia, dan Korea Selatan berada pada garis lintang yang kurang lebih sama, dengan suhu yang sama dan kelembaban relatif.

Para peneliti di University of Maryland (UM) bahkan telah menggunakan data ini untuk mencoba memetakan bagian lain dunia yang bisa berisiko menjadi tempat wabah.

Meskipun penelitian ini masih bersifat awal, data dari studi UM menunjukkan bahwa kondisi iklim tertentu, sementara tidak menentukan apakah virus dapat bertahan hidup, atau dapat membantu mempercepat penyebarannya.

"Selain memiliki suhu rata-rata yang sama, profil kelembaban, dan garis lintang, (lokasi sepanjang garis lintang 30-50 ° N) juga menunjukkan kesamaan bahwa dalam waktu wabah bertepatan dengan titik terendah dalam siklus suhu tahunan, dan dengan demikian suhu relatif stabil selama periode lebih dari satu bulan," tulis para penulis dalam studi UM.

Brittany Kmush, pakar kesehatan masyarakat di Universitas Syracuse di New York, yang tidak terlibat dalam studi UM, mengatakan bahwa "influenza dan virus Corona lain yang menginfeksi manusia cenderung mengikuti musiman, dengan kasus memuncak pada bulan-bulan musim dingin di belahan Bumi utara. Namun, kami tidak tahu apakah virus ini akan mengikuti pola musiman yang serupa."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat