uefau17.com

Tsai Ing-wen Menang Pemilu, Jadi Pemimpin Taiwan 2 Periode - Global

, Taipei - Tsai Ing-wen kembali mendapatkan mandat sebagai presiden Taiwan. Ia menang pada pemilu Taiwan yang digelar Sabtu ini. 

Dilaporkan Channel News Asia, Sabtu (11/1/2020), Tsai Ing-wen akan menjadi presiden untuk periode kedua. Ia mendapatkan 8,1 juta suara (57,1 persen). Lawannya dari Partai Kuomintang yang pro-China daratan hanya mendapat 5,5 juta suara (38,6 persen).

"Taiwan menunjukan kepada dunia betapa kita menghargai jalan kehidupan demokrasi bebas dan betapa kita menghargai negara," ucap Tsai Ing-wen saat mengumumkan kemenangan pada pukul 22.00 waktu setempat. 

Selama kampanye, Tsai Ing-wen turut berkampanye melawan pengaruh China. Ia menunjukan dirinya sebagai sosok liberal Taiwan yang melawan sifat otoriter China di bawah Presiden Xi Jinping. 

Capres Partai Kuomintang, Han Kuo-yu sudah mengaku kalah dan memberikan selamat pada Tsai Ing-wen. 

"Saya telah menelepon Presiden Tsai untuk memberikan selamat," ujar Han Kuo-yu yang juga merupakan Wali Kota Kaohsiung. 

Ada tiga kandidat yang berkompetisi di pilpres Taiwan ini. Selain Tsai Ing-wen dan Han Kuo-yu, ada lagi James Soon dari Partai Rakyat Utama yang mendapat 608 ribu suara (4,3 persen). Han Kuo-yu dan James Soon memiliki aliran politik pro-China daratan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat