uefau17.com

Tak Capai Target, Karyawan di China Harus Minum Urine dan Santap Kecoak - Global

, Guizhou - Sanksi atas tak tercapainya target kerja sebuah perusahaan China ini tak wajar. Sejumlah manajernya meminta para karyawan untuk minum air kencing dan makan kecoa.

Media lokal melaporkan, para manajer tersebut kemudian dipenjara karena membuat staf yang gagal mencapai target penjualan.

Polisi di wilayah Zunyi mengambil tindakan setelah beredar video yang menunjukkan para pekerja dicambuk dengan sabuk dan minum cairan kuning sambil menutup hidup. Dari unggahan di media sosial itu juga diduga staf makan kecoak jika mereka tidak memenuhi target.

"Tiga manajer dipenjara selama lima dan 10 hari setelah insiden itu," lapor South China Morning Post seperti dikutip dari BBC, Rabu (7/11/2018).

Video yang beredar luas di situs media sosial China, Weibo menunjukkan seorang pegawai pria berdiri di tengah lingkaran, dicambuk dengan ikat pinggang.

Staf lainnya, yang dikatakan sebagai karyawan perusahaan renovasi rumah di Kota Guizhou, terlihat minum cairan kuning dari gelas plastik sambil memegang hidung.

Screen grab atau tangkapan layar pesan dari manajer yang mengancam staf harus makan kecoak untuk performa pekerjaan yang buruk juga beredar luas di media sosial.

Menurut laporan media lokal, bentuk-bentuk lain tindakan yang mempermalukan dan menghukum di perusahaan itu termasuk minum air toilet atau cuka dan mencukur kepalanya.

Perusahaan tersebut dilaporkan telah gagal membayar gaji karyawan mereka selama dua bulan terakhir, kendati demikian para staf takut untuk berbicara khawatir tak mendapat pembayaran jika berhenti.

Ini adalah yang terbaru dalam serangkaian kasus perusahaan China yang menggunakan tindakan tidak biasa untuk menghukum, mempermalukan atau memotivasi staf mereka.

Laporan sebelumnya yang beredar menyebutkan bahwa ada beberapa kasus karyawan saling menampar di sebuah acara perusahaan untuk meningkatkan motivasi. Lalu ada staf yang dipaksa merangkak di jalan umum atau mencium tempat sampah sebagai hukuman atau untuk membangun tim.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipaksa Minum Air WC Gara-Gara Tak Capai Target

Beberapa perusahaan China dikenal memiliki metode unik untuk 'memotivasi' para karyawannya yang memiliki performa kerja buruk. Mulai dari jalan merangkak hingga makan pare dengan rasa super-pahit.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Asia One, Jumat 4 Agustus 2017, sebuah studio fotografi di Sichuan menjadi sorotan karena stafnya minum air toilet sebagai hukuman tak memenuhi target kerja. Peristiwa itu diketahui setelah video singkat saat aksi tersebubt terjadi beredar di dunia maya dan menarik perhatian khalayak.

Menurut laporan yang beredar, tiga karyawan terekam mengambil air dari toilet menggunakan gelas kertas. Mereka lalu terlihat enggan untuk meminumnya, meski akhirnya tetap meneguk cairan tersebut. 

Insiden yang kabarnya terjadi Jumat pekan lalu, 28 Juli 2017 itu sebenarnya luput dari perhatian khalayak, jika video rekamannya tak tersebar di grup WeChat yang kemudian bocor secara online.

Menurut Red Star News, seorang wanita yang bertugas melatih karyawan baru di studio foto itu yang memberi beberapa tugas untuk diselesaikan. Jika mereka gagal memenuhi target yang telah ditetapkan, maka sebagai gantinya akan dikenakan sanksi.

Beberapa hukumannya termasuk minum dari toilet dan makan cacing tanah.

Salah satu korban perempuan yang merupakan karyawan lama studio tersebut, mengatakan kepada Chengdu Business Daily bahwa dia mengalami dampak buruk akibat hukuman itu. Beberapa hari setelahnya, dia mengaku kehilangan nafsu makan.

Dan saat dia menerima link berisi video klip yang merekam dirinya tengah meminum air toilet, dia memutuskan untuk melaporkannya ke polisi.

Manajer studio foto tersebut kemudian merespons media lokal, dan menyatakan bahwa dia tak berada di kantor saat insiden terjadi. Ia mengaku kaget dan marah atas perlakuan buruk terhadap beberapa karyawannya.

Pada Rabu 2 Agustus, polisi setempat memasang pemberitahuan di situs mikroblogging China, Weibo yang berisi pengumuman bahwa tersangka telah ditahan dan penyelidikan sedang berlangsung.

Berikut ini rekaman yang beredar di dunia maya, saat beberapa karyawan studio foto China minum air toilet:

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat