uefau17.com

13-7-1930: Uruguay Merajai Piala Dunia Pertama - Global

, Montevideo - Pada 13 Juli 1930, pertandingan sepak bola bergengsi, Piala Dunia (World Cup) dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di Kota Montevideo, Uruguay.

Negara itu dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen internasional, sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang pernah diraih -- menjadi pemenang medali emas dalam Olimpiade di Paris pada 1924 dan di Amsterdam pada 1928.  

Menurut laporan yang dikutip dari History.com, Rabu (13/7/2016), pada saat itu, tidak banyak pesepak bola yang bersedia mengikuti turnamen internasional tersebut. Hal itu disebabkan karena krisis yang sedang melanda Eropa, membuat mereka takut tidak akan mendapatkan pekerjaan lagi setelah berpartisipasi dalam turnamen.

Akibatnya, beberapa tim Eropa peraih medali emas seperti Italia, Jerman, Spanyol, dan Belanda, tidak ikut serta dalam kompetisi bergengsi yang dilaksanakan sekali 4 tahun itu.

Walaupun begitu, ketika Uruguay setuju untuk membiayai perjalanan untuk mengikuti pertandingan World Cup pertama itu, Jules Rimet selaku Presiden FIFA, berhasil meyakinkan Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia, untuk berpartisipasi dalam pertandingan.

Di Rumania, Raja Carol bahkan berjanji akan menjamin tim sepak bola-nya, tetap mendapatkan pekerjaan sepulang dari Uruguay.

Selama pertandingan berlangsung, tim Uruguay dan Argentina menjadi grup favorit penonton. Sementara itu, Prancis dan AS menunjukkan bahwa mereka bukanlah lawan yang bisa diremehkan.

Gol di putaran pertama pertandingan dicetak oleh pemain Prancis, Lucien Laurent, membuat namanya tercatat dalam sejarah sepak bola sebagai pencetak gol pertama Piala Dunia.

Pada pertandingan kedua, Prancis dikalahkan Argentina dengan skor 1-0, dengan berhasil mencetak gol pada enam menit terakhir pertandingan. Setelah mengalahkan Belgia, AS memukul mundur pemain Paraguay dan maju ke babak semi-final, mengalahkan Argentina dengan skor 6-1.

Pertandingan final dilaksanakan pada 30 Juli 1930, ditonton oleh lebih dari 93 ribu orang. Orang-orang menyaksikan Uruguay menjadi pemenang World Cup pertama mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.  

Pada perayaan pertandingan bola dunia ke-2 di Rio de Janeiro, Uruguay berhasil merebut piala sebagai pemenang Piala Dunia untuk kedua kalinya, mengalahkan Timnas Brasil dengan skor 2-1.

Sementara itu, pada 13 Juli 1985, Pangeran Charles dan Putri Diana meresmikan konser musik rock dunia, Live Aid, yang dilaksanakan untuk menggalang dana untuk korban kelaparan di Afrika.

Pada hari yang sama tahun 1951, 24 orang tewas dan 500 ribu warga menjadi tunawisma akibat banjir besar yang melanda timur Kansas, AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat