uefau17.com

Perkuat Aliansi, Shinzo Abe Kunjungi Kapal Induk AS Ronald Reagan - Global

, Tokyo - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tercatat sebagai Perdana Menteri Jepang pertama yang mengunjungi kapal induk Amerika Serikat. Abe naik ke kapal induk bertenaga nuklir, USS Ronald Reagan, di Teluk Sagami, sekitar 40 km dari Ibukota Jepang, Tokyo, Minggu 18 Oktober 2015.

Dalam kunjungan itu, Perdana Menteri Jepang antara lain ditemani oleh Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani.

Jepang sendiri sudah membuat perubahan kontroversial terhadap undang-undang dasarnya sehingga memungkinkan pengiriman militer ke luar negeri untuk kepentingan tempur.

"Sekarang tak satu pun negara yang mampu sendiri mengatasi ancaman dari luar, tetapi apa pun yang terjadi kita harus melindungi rakyat kita dan kehidupan mereka yang damai," kata Abe seperti dikutip BBC.

"Undang-undang keamanan dan perdamaian yang baru-baru ini dibuat menjadi landasan sahih untuk mencapai tujuan itu," imbuh dia.

Sejumlah analis keamanan mengatakan kunjungan Abe ke kapal induk Amerika Serikat merupakan isyarat terbaru tentang betapa erat aliansi antara Jepang dan Amerika.

Kedua negara juga telah menyuarakan kekhawatiran mengenai pembangunan yang dilakukan Cina di wilayah-wilayah yang diperebutkan di Laut Cina Selatan. (Ado/Nda)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat