uefau17.com

27-9-2008: Aksi Spacewalk Pertama Astronot China - Global

, Beijing - Sejarah mencatat tanggal 27 September 2008, sebagai salah satu momentum keberhasilan penjelajahan antariksa China. Hari itu, warga Tiongkok pertama melakukan spacewalk -- aktivitas berjalan di luar angkasa.

Laman BBC kala itu mengumumkan, astronot China bernama Zhai Zhigang melangkah keluar wahana Shenzhou VII -- pesawat ruang angkasa -- selama sekitar 15 menit. (Media lain menyebut aksinya dilakukan antara 18 sampai 22 menit). Menurut waktu Indonesia Bagian Barat, pria yang juga pilot pesawat tempur itu berjalan di luar bumi pada 28 September sore.

Detik-detik saat Zhai mengambang di luar angkasa dan sempat mengibarkan Bendera China pun disiarkan langsung di televisi.

Presiden China Hu Jintao pun menyatakan terimakasihn atas suksesnya proyek itu. "Sukses Anda mewakili napas baru dalam program ruang angkasa kami," ucap dia.

Keberhasilan ini adalah langkah besar dari serangkaian proyek ambisius China untuk menaklukkan angkasa luar. Mereka pun menargetkan pada tahun 2020 untuk mendaratkan astronotnya di bulan.

Proses Peluncuran

Zhai Zhigang sukses mengangkasa 300 kilometer dari bumi dalam misi ketiga program luar angkasa China, Shenzhou 7. Ia berangkat bersama 2 rekan lainnya: Liu Boming dan Jing Haipeng.

Pesawat ruang angkasa Shenzhou yang membawa 3 awak ke luar angkasa itu diluncurkan 25 September 2008, oleh roket Long March 2F (CZ-2F) yang lepas landas dari Jiuquan Satellite Launch Center. Misi berlangsung 3 hari, setelah itu pesawat mendarat dengan selamat di Siziwang Banner di pusat Inner Mongolia pada 27 September.

Lalu, Zhigang selaku komandan pun menuju ruang hampa udara dan nirgravitasi, berpisah dengan Liu Boming dan Jing Haipeng untuk menorehkan sejarah dunia.

Tahun 1956 pada tanggal yang sama saat Zhigang spacewalk, pesawat Angkatan Udara AS Bell X-2, yang tercepat dan tertinggi terbang di dunia mengalami kecelakaan. Menewaskan pilot yang sedang melakukan uji coba.

Lalu pada 27 September 1995, Taliban dilaporkan menguasai Afghanistan. (Ado)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat