uefau17.com

Elon Musk Perkenalkan Ikon Twitter Baru, Sayang Tak Bisa Diakses Penyandang Buta Warna - Disabilitas

, Jakarta Twitter mengumumkan fungsi tanda centang emas, abu-abu, dan birunya untuk berbagai jenis akun. Namun hal ini justru meningkatkan kekhawatiran bagi pengguna, khususnya mereka yang menyandang buta warna.

Dilansir dari Insider, perbedaan centang ini dilakukan untuk membedakan antara pejabat pemerintah dan pelanggan Twitter biasa.

Tanda centang biru dapat berarti pengguna berlangganan Twitter Blue atau memiliki akun terverifikasi "lawas". Tanda centang emas dan gambar profil persegi menandakan akun bisnis, sedangkan tanda centang abu-abu diberikan kepada pejabat pemerintah.

Pakar keamanan siber Eva Galperin mengungkapkan, perbedaan ini tidak mudah dilakukan bagi sebagian pengguna.

"Anda meluncurkan satu set ikon yang tidak dapat dibedakan oleh (penyandang) buta warna," katanya.

Salah seorang pengguna mengomentari, "@elonmusk berdasarkan DAU twitter ada puluhan ribu orang buta warna akromatik di platform ini setiap hari. Inilah tampilan ikon Anda bagi mereka. Tim aksesibilitas atau tim desain yang diprioritaskan dapat memberi tahu Anda hal itu. Ada implikasi hukum." 

Pengguna juga menyarankan bahwa detail ini tidak akan terlewatkan jika Musk tidak memberhentikan tim aksesibilitas bersama dengan 50% tenaga kerja global perusahaan.

Musk menghentikan tim pengalaman aksesibilitas Twitter pada awal November, beberapa hari setelah ia mengakuisisi perusahaan tersebut. Tim yang dibentuk pada tahun 2020 ini bertanggung jawab untuk menyempurnakan situs bagi pengguna yang dinonaktifkan.

Tim itu termasuk di antara ribuan yang di-PHK selama November.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buta Warna Sering Diabaikan di Internet

Tom van Beveren, seorang desainer grafis yang tinggal di Belanda, dan buta warna, mengatakan kepada Insider bahwa bentuk buta warna yang paling umum adalah orang yang kesulitan membedakan antara merah dan hijau. Orang lain tidak dapat membedakan antara hijau dan biru, hijau dan abu-abu, atau biru dan abu-abu. Beberapa juga berjuang dengan warna biru dan kuning, tapi itu yang paling langka, hanya mempengaruhi sekitar satu dari setiap 10.000 orang.

Menurut Color Blind Awareness, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk membantu kebutuhan orang buta warna mencatat, 8% pria dan 0,5% wanita di seluruh dunia memiliki beberapa bentuk buta warna.

Secara historis, buta warna adalah masalah yang diabaikan di internet.

Van Beveren mengatakan itu adalah pengawasan universal sampai sekitar lima tahun yang lalu, kecuali seseorang di perusahaan itu sendiri buta warna.

"Jika tidak ada orang yang mengatakan: 'Hei, ini tidak berhasil untuk saya,' maka seringkali itu bukan sesuatu yang dipikirkan oleh perusahaan," katanya.

Namun, telah ada fokus pada aksesibilitas di dunia desain selama beberapa tahun terakhir, dengan seperangkat aturan desain The World Wide Web Consortium yang mempertimbangkan buta warna.

 

3 dari 4 halaman

Perlu Melibatkan Penyandang Buta Warna

Satu aturan menyatakan bahwa meskipun warna sangat membantu dalam memberikan informasi, "warna seharusnya tidak menjadi satu-satunya cara penyampaian informasi."

Van Beveren menulis dalam sebuah artikel di situs webnya sendiri bahwa menyertakan orang buta warna dalam desain dengan mengikuti aturan sederhana seperti memiliki kontras warna yang baik dan menyediakan penanda alternatif seperti bentuk dan teks benar-benar meningkatkan pengalaman bagi semua orang.

"Hal yang menyedihkan tentang contoh khusus ini adalah kesalahan yang sangat mudah yang dapat Anda hindari," katanya kepada Insider. "Dan siapa pun yang merupakan seorang desainer dan memiliki rasa profesionalisme tentang pekerjaan itu, ini adalah sesuatu yang harus Anda perhitungkan."

 

4 dari 4 halaman

Mengapa Ini Penting

Dilansir dari Benzinga, pengguna yang tidak tahu apa arti lencana atau tanda centang tertentu, mengingat sekarang ada lebih dari sekadar tanda centang biru, dapat mengeklik ikon untuk mendapatkan teks tambahan. Namun, pengguna harus membuka profil orang tersebut terlebih dahulu untuk melakukan ini.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, kekurangan penglihatan warna, atau buta warna, dapat menyulitkan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara warna tertentu.

Kebanyakan orang dengan kekurangan menghadapi kesulitan membedakan antara nuansa merah, kuning dan hijau. Yang lain sulit membedakan antara merah, oranye, kuning, coklat, dan hijau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat