uefau17.com

Untuk Pertama Kali, Disneyland Menambahkan Boneka di Kursi Roda - Disabilitas

, Jakarta Untuk pertama kalinya dalam 67 tahun sejarah Disneyland, sekarang ada karakter di kursi roda yang ditampilkan di sebuah atraksi.

DIlansir dari CNN, pada Jumat pagi, dua boneka di kursi roda diluncurkan di wahana taman hiburan "It's a Small World", sebuah proyek yang memakan waktu lebih dari setengah tahun dan melibatkan kreatif Disney dan tim aksesibilitas taman.

Perubahan itu adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk melihat tempat wisata populer itu melalui 'kaca pembesar' untuk peluang inklusi, kata Kim Irvine, direktur kreatif eksekutif Walt Disney Imagineering untuk Disneyland Resort.Jill Houghton, presiden dan CEO Disabilitas:IN, sebuah organisasi nirlaba yang menangani inklusi disabilitas bisnis, menyebut boneka baru itu sebagai "tambahan yang fantastis".

"Boneka-boneka itu berpartisipasi secara inklusif bersama rekan-rekan mereka yang bukan penyandang disabilitas, yang merupakan sesuatu yang ingin kami lihat lebih banyak, alih-alih digambarkan terbatas atau tidak mampu karena disabilitas," kata Houghton dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

Ia mencatat bahwa Undang-Undang Penyandang Disabilitas Amerika (American Disability Act) disahkan pada tahun 1990, "tetapi tidak ada dalam undang-undang ini yang memaksa bisnis untuk meningkatkan representasi.

"Disney dengan jelas melihat manfaat menarik audiens yang lebih luas yang mencakup semua orang. Kita perlu melihat lebih banyak hal ini dalam budaya pop, taman hiburan, dan hiburan jika kita ingin benar-benar mewakili kelompok minoritas terbesar di dunia," Houghton dikatakan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirancang Seniman Disney

Atraksi "It's a Small World", dirancang oleh seniman Disney Mary Blair, dibuka pada tahun 1966 di Anaheim, California, setelah dipresentasikan pada Pameran Dunia 1964-65 di New York.

Wahana yang sama ditambahkan ke taman Disney lainnya di seluruh dunia, di mana para tamu naik perahu dan berlayar melintasi berbagai negara, menampilkan lebih dari 300 figur Audio-Animatronics yang mewakili anak-anak dari seluruh dunia.

Irvine mengatakan tambahan baru itu sesuai dengan semangat atraksi aslinya.

"Sungguh cerita yang luar biasa yang dikumpulkan oleh Walt dan Mary Blair, dan Imagineers asli tentang anak-anak dunia dan persatuan kita di bawah satu matahari yang cerah, dan bagaimana kita benar-benar harus bersukacita bersama dalam hal itu."

Boneka yang kini berada di kursi roda itu awalnya berdiri. Irvine mengatakan karakter yang sama dengan pakaian yang sama dibuat ulang dalam posisi duduk, di kursi roda yang dirancang agar sesuai dengan gaya Mary Blair.

Satu boneka ditempatkan di adegan wahana Amerika Selatan, dan boneka lainnya muncul di adegan terakhir di mana boneka dari banyak negara bernyanyi bersama.

 

3 dari 4 halaman

Boneka di Kursi Roda Juga Akan Ditambahkan di Disneyland Paris

Atraksi di Disneyland dibuka kembali pada hari Jumat setelah penutupan singkat untuk penambahan boneka-boneka ini dan pemasangan dekorasi liburan untuk edisi perjalanan "It's a Small World Holiday" yang akan berlangsung hingga awal Januari.

Meskipun dekorasi liburan bersifat musiman, boneka di kursi roda merupakan tambahan permanen.

Boneka dengan kursi roda juga diharapkan akan ditambahkan ke "It's a Small World" di Walt Disney World dan Disneyland Paris tahun depan.

Tetapi karena versi wahana masing-masing resor memiliki tata letak dan set yang berbeda, boneka dan kursi roda baru itu akan dirancang dengan mempertimbangkan versi wahana yang spesifik.

"Saya pikir itu pasti sesuatu yang akan dianut oleh Imagineers asli dan dianggap luar biasa bahwa kami melihat hal-hal seperti ini," kata Irvine.

"Kami selalu mencari untuk meningkatkan daya tarik kami dengan tidak hanya hal-hal yang menyenangkan, tetapi juga hal-hal yang bermakna. Dan mengikuti apa yang terjadi di dunia, dan terutama, Anda tahu, membuat hal-hal baru.

"Saya tahu kami tidak pernah ingin atraksi kami menjadi begitu dapat diprediksi sehingga Anda dapat mengendarainya dengan mata tertutup dan mengetahui apa yang terjadi di sana. Kami selalu ingin mengejutkan Anda dengan hal-hal baru dan hal-hal penting, terutama hal-hal yang relevan."

Erin Quintanilla, manajer aksesibilitas Disneyland Resort, mengatakan ini adalah momen bersejarah.

"Saya merasa dilihat. Saya merasa terwakili. Ini momen monumental untuk membuat komunitas saya menjadi daya tarik dan terwakili," kata Quintanilla, yang menggunakan kursi roda. "Saya menangis saat melihat mereka di atraksi."

Quintanilla mengatakan timnya telah didekati oleh para kreatif Disneyland yang ingin menambahkan boneka-boneka tersebut. Tim aksesibilitasnya memastikan tampilannya asli, hingga ke sudut kaki boneka di pijakan kaki kursi roda.

"Kami ingin memastikan bahwa orang di kursi rodalah yang bergerak secara mandiri sepanjang hidup. Jadi, kami tidak ingin kursi rodanya terasa seperti kursi roda gaya rumah sakit. Anda akan melihat desainnya, dibuat dengan indah agar selaras dengan gaya Mary Blair," kata Quintanilla.

"Tapi ada detail kursi roda seperti memiliki pelek dorong sehingga boneka itu bisa bergerak melalui cerita dengan cara saya bergerak di dunia. Jadi cukup istimewa untuk memiliki detail yang akurat," kata Quintanilla.

 

4 dari 4 halaman

Perubahan Lain dari Disney

Boneka baru belum ditambahkan ke versi Disneyland dari wahana ini sejak 2009.

Saat itu, ruangan "Spirit of America" ​​ditambahkan, termasuk tiga boneka penduduk asli Amerika dan karakter dari film "Toy Story".

Lebih banyak boneka karakter Disney tertentu ditambahkan selama atraksi.

Sebagai bagian dari upaya keseluruhan untuk meningkatkan inklusi dan keragaman di taman hiburannya, Disney baru-baru ini mengumumkan perubahan atraksi Splash Mountain, yang didasarkan pada karakter dari "Song of the South," menjadi tema yang terinspirasi oleh "The Princess and the Frog," menampilkan putri kulit hitam pertama Disney.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat