uefau17.com

3 Alasan Investor Bitcoin Harus Juga Koleksi Ethereum - Crypto

, Jakarta - Dengan ETF Ethereum spot yang akan segera hadir di Amerika Serikat (AS) setelah adanya persetujuan dari otoritas pasar modal, haruskah pemegang Bitcoin juga memiliki Ethereum (ETH)?

Dalam utas di platform X, CIO Bitwise Matt Hougan menawarkan tiga alasan mengapa pemilik kripto Bitcoin juga juga harus mengoleksi ETH.

Pertama, adalah demi diversifikasi. Karena sulitnya memprediksi masa depan kripto, memiliki kedua aset terkemuka dapat memberikan kelegaan bagi investor jika salah satu aset tidak lagi disukai, atau melahap aset lainnya seiring berjalannya waktu.

“Tanyakan kepada investor mana pun dari booming dot-com yang membeli AOL Pets.com,” kata Hougan dikutip dari cryptopotato.com, Jumat (21/6/2024).

“Mereka memperkirakan secara keseluruhan benar—internet akan menjadi besar!—tetapi rinciannya salah. Sedih!" jelas dia.

Saat artikel ini ditulis, kapitalisasi pasar Bitcoin menyumbang 55% dari seluruh pasar kripto, menurut TradingView, Ethereum masih di kisaran 18,6%.

Meskipun kinerja ETH secara umum datar terhadap Bitcoin selama lima tahun terakhir, dominasinya terhadap kripto teratas perlahan-lahan surut sejak penggabungan pada September 2022.

Namun, rasio ETH/BTC menerima sedikit peningkatan ketika disetujui untuk menerima ETF spot AS bulan lalu.

Alasan kedua, Hougan mengatakan perbedaan mendasar antara Bitcoin dan Ethereum membuat sulit untuk memilih di antara keduanya. Meskipun Bitcoin dioptimalkan untuk menjadi uang yang lebih baik, Ethereum dirancang untuk uang yang dapat diprogram yang memungkinkan aplikasi blockchain seperti stablecoin dan DeFi.

“Menambahkan beberapa ETH ke posisi mayoritas BTC memberi Anda paparan yang lebih luas terhadap semua hal yang dapat dilakukan oleh blockchain publik,” katanya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Ketiga

Ketiga atau terakhir, Hougan mengatakan kinerja historis kedua aset menunjukkan bahwa keduanya bekerja paling baik bila diseimbangkan bersama dalam sebuah portofolio.

Misalnya, portofolio 60/40 atau tradisional dengan alokasi kripto 5% memiliki pengembalian kumulatif yang lebih tinggi selama empat tahun terakhir ketika diberi bobot 70/30 antara alokasi BTC dan ETH (56,32%) dibandingkan ketika dialokasikan murni ke BTC (54,49% ).

Menariknya, ia bahkan memiliki penarikan maksimum yang lebih rendah dibandingkan portofolio khusus BTC pada waktu itu, hanya turun 25,19% pada puncaknya dibandingkan dengan 25,35%.

Namun demikian, Hougan mengatakan masih ada alasan utama mengapa investor ingin tetap menggunakan BTC saja.

“Sangat mungkin bahwa Bitcoin adalah bentuk uang baru yang dominan yang muncul dalam kripto,” kata Hougan.

“Uang adalah pasar yang sangat besar. Ada banyak ruang bagi BTC untuk dijalankan jika berhasil,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat