uefau17.com

CFTC Tuding Debiex Lakukan Penipuan Kripto Berkedok Romansa Senilai Rp 35,93 Miliar - Crypto

, Jakarta - Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (The Commodity Futures Trading Commission/CFTC) telah mengajukan gugatan perdata terhadap platform kripto Debiex.

CFTC menuduh platform aset digital tersebut terlibat dalam penipuan berkedok romansa secara online  untuk menipu dan menyalahgunakan dana pelanggan sebesar USD 2,3 juta atau sekitar Rp 35,93 miliar (kurs Rp 15.619,65 pe USD), terutama dari korban keturunan Asia-Amerika.

Menurut pengaduan CFTC yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Arizona, Debiex diduga menggunakan taktik menipu untuk membina hubungan persahabatan atau romantis dengan calon pelanggan.

Selanjutnya, mereka diduga membujuk orang-orang tersebut untuk membuka dan mendanai akun perdagangan dengan Debiex. Melansir Coingape, Minggu (21/1/2024), dugaan skema penipuan tersebut dikatakan telah berlangsung sejak Maret 2022 dan telah berdampak pada sedikitnya lima orang. Kenyataannya, tidak ada perdagangan sebenarnya yang terjadi atas nama pelanggan.

Pengaduan CFTC juga mencakup Zhāng Chéng Yáng (Zhang) sebagai tergugat keringanan, yang menunjukkan potensi keterlibatannya sebagai penyelundup uang. Pengaduan tersebut juga mengungkapkan Debiex mengoperasikan situs publik untuk melakukan penipuan.

"Dalam proses litigasi yang berkelanjutan terhadap Debiex, CFTC meminta ganti rugi kepada pelanggan yang ditipu, pencabutan keuntungan yang tidak sah, denda moneter perdata, larangan perdagangan, dan perintah permanen terhadap pelanggaran lebih lanjut terhadap Commodity Exchange Act (CEA) dan peraturan CFTC,” kata CFTC.

CFTC juga mengeluarkan imbauan mengenai penipuan berkedok romansa (Romance Scam Fraud Advisory), yang memperingatkan pengguna akan kencan online dan penipuan media sosial.

Penipuan ini dilaporkan mengirimkan uang ke situs web penipuan yang mengklaim memperdagangkan aset seperti kripto. CFTC menyarankan masyarakat untuk memverifikasi pendaftaran perusahaan dengan CFTC sebelum menginvestasikan dana.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CFTC Bakal Promosikan Program Percontohan untuk Regulasi Kripto AS

Sebelumnya diberitakan, salah satu anggota Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC), Caroline Pham akan membuat program percontohan terbatas untuk mengatur kripto.

Badan tersebut harus menetapkan program untuk jangka waktu tertentu yang menggabungkan banyak komponen yang diambil dari program percontohan sebelumnya, termasuk persyaratan pendaftaran dan kelayakan, sumber daya keuangan dan kondisi lainnya.

"Saya merekomendasikan program percontohan CFTC dengan waktu terbatas untuk mendukung pengembangan pasar aset digital dan tokenisasi yang patuh,” kata Caroline Pham, dikutip dari CoinDesk, Jumat (29/12/2023).

Pham, yang memimpin Komite Penasihat Pasar Global CFTC dan membentuk subkomite aset digital, telah menyarankan sejumlah inisiatif kripto sejak dia bergabung dengan komisi tersebut, termasuk proposal dengan Hester Peirce, mitranya di Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Sebagian besar rancangan undang-undang kripto yang disahkan Kongres membayangkan CFTC sebagai regulator terkemuka untuk pasar spot aset digital, tetapi tidak pasti apakah ada undang-undang yang akan diajukan ke meja presiden tahun ini atau tahun depan. 

Banyak anggota parlemen dari Partai Demokrat yang kritis terhadap industri ini dan berpihak pada pandangan Ketua SEC Gary Gensler bisnis kripto harus dihukum berdasarkan peraturan sekuritas yang ada.

 

3 dari 4 halaman

CFTC AS Setujui Rencana Integrasi Vertikal Perusahaan Kripto Bitnomial

Sebelumnya diberitakan, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) pada Rabu, 13 Desember 2023 memutuskan untuk menyetujui rencana bursa dan pialang derivatif mata uang kripto Chicago untuk juga bertindak sebagai lembaga kliring terdaftarnya sendiri.

Persetujuan rencana tersebut oleh Bitnomial, bursa yang didirikan pada 2014, menandai pertama kalinya regulator komoditas memilih untuk mengizinkan struktur pasar yang terintegrasi secara vertikal. Bitnomial juga memiliki lisensi pertukaran dan broker. 

Dua komisaris dari Partai Demokrat dan dua komisaris dari Partai Republik memilih menyetujui permohonan perusahaan tersebut, sementara komisaris ketiga dari Partai Demokrat tidak setuju.

“Sekarang setelah proses perizinan selesai, kami dapat mengalihkan fokus kami untuk memperluas penawaran produk dan basis pelanggan Bitnomial,” kata pendiri dan CEO Bitnomial, Luke Hoersten dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (16/12/2023).

Persetujuan CFTC juga menandai kemenangan bagi industri yang dilanda skandal. Binance, bursa kripto terbesar di dunia, pada November setuju untuk membayar lebih dari USD 4,3 miliar atau setara Rp 66 triliun (asumsi kurs Rp 15.360 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan AS mereka melanggar undang-undang yang dirancang untuk mencegah keuangan gelap. 

Mantan CEO perusahaan tersebut, Changpeng Zhao, menghadapi hukuman hingga 18 bulan penjara. Beberapa minggu sebelumnya, juri memutuskan pendiri FTX Sam Bankman-Fried bersalah atas penipuan.

Gedung Putih dan sejumlah regulator lainnya mengkritik integrasi vertikal di sektor kripto karena menciptakan potensi konflik kepentingan.

Pada saat yang sama, lembaga-lembaga federal menghadapi industri yang cepat mengajukan tuntutan ke pengadilan ketika ada keputusan yang merugikan mereka. Bulan lalu, sebuah platform taruhan acara menggugat CFTC karena menolak rencananya untuk mengizinkan investor bertaruh pada pemilu AS.

 

4 dari 4 halaman

Pengawas Keuangan Inggris Tangani 1.400 Kasus Terkait Aktivitas Kripto Ilegal

Sebelumnya diberitakan, Pengawas Keuangan Inggris (FCA) telah menangani lebih dari 1.400 kasus kripto antara Januari 2020 dan Juni 2023. 

Regulator mencatat kurangnya keterampilan kripto berarti FCA membutuhkan waktu lebih lama dari yang direncanakan untuk mendaftarkan perusahaan aset kripto di bawah peraturan pencucian uang.

FCA mulai mengawasi perusahaan kripto pada Januari 2020 melalui peraturan pencucian uang. Perusahaan mana pun yang ingin menukar mata uang dengan kripto, dan sebaliknya, atau melindungi aset kripto di Inggris harus mendaftar dan diawasi oleh FCA.

Perusahaan yang sudah ada harus mendaftar paling lambat Januari 2021, sedangkan perusahaan baru harus mendaftar sebelum beroperasi.

Hal ini diumumkan melalui laporan terbaru dari Kantor Audit Nasional Inggris (NAO) mengeluarkan laporan pada hari Jumat berjudul “Peraturan Jasa Keuangan: Beradaptasi terhadap Perubahan.” NAO, yang memeriksa pengeluaran publik untuk Parlemen, beroperasi secara independen dari pemerintah dan pegawai negeri.

"FCA menciptakan rezim pendaftaran sementara bagi perusahaan untuk terus beroperasi setelah tenggat waktu sementara mereka menyelesaikan penilaian mereka, dan semua kasus diselesaikan pada bulan Maret 2022,” kata NAO dalam laporannya, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (27/12/2023).

FCA juga telah mewajibkan perusahaan aset kripto untuk mematuhi peraturan anti pencucian uang sejak Januari 2020, dan mulai melakukan pengawasan termasuk terlibat dengan perusahaan yang tidak terdaftar, FCA tidak mulai mengambil tindakan penegakan hukum terhadap operator ATM kripto ilegal hingga Februari 2023.”

FCA juga memantau perusahaan atas pelanggaran peraturan promosi keuangan. Laporan tersebut mencatat FCA memiliki tim khusus untuk mengatasi promosi keuangan berisiko tinggi dan ilegal, menambahkan lebih dari 3.150 penipuan aset kripto dilaporkan pada 2020, meningkat menjadi lebih dari 6,300 pada 2021 dan lebih dari 3.900 pada paruh pertama 2022.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat