uefau17.com

Kesulitan Penambangan Bitcoin Mencapai Rekor 72 Triliun di Tengah Lonjakan Hashrate - Crypto

, Jakarta Tingkat kesulitan penambangan (mining) Bitcoin melonjak ke rekor tertinggi pada ketinggian blok 822,528 pada 23 Desember 2023.

Tingkat kesulitan itu melonjak sebesar 6,98 persen, menandai peningkatan paling substansial dalam sembilan bulan terakhir sejak 23 Maret.

Peningkatan ini menjadi preseden baru, membuat penemuan hadiah (rewards) blok menjadi lebih sulit dari sebelumnya dengan tingkat kesulitan yang mencapai 72,01 triliun, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Meningkatnya tingkat kesulitan pertambangan menandakan suatu lompatan besar dari 67,30 triliun menjadi 72,01 triliun.

Metrik kesulitan penambangan Bitcoin ini ditentukan oleh target nilai hash tertentu yang ingin dicapai oleh para penambang.

Pada dasarnya, dengan tingkat kesulitan 72 triliun, penambang ditugaskan untuk menghasilkan nilai hash di bawah ambang batas agar berhasil menambang blok baru.

Pasca kenaikan 6,98 persen ini, penyesuaian tingkat kesulitan berikutnya diperkirakan akan terjadi sekitar 5 Januari 2024.

Bertepatan dengan lonjakan kesulitan, hashrate jaringan telah mencapai puncak baru, mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 24 Desember 2023.

Data dari hashrateindex.com Luxor mengungkapkan bahwa rata-rata pergerakan sederhana (SMA) tujuh hari dari hashrate BTC telah mencapai 538 exahash per detik (EH/s).

Melansir Bitcoin.com, Senin (25/12/2023), angka yang memecahkan rekor itu dicapai tak lama setelah jaringan melaporkan puncak bersejarah 527 EH/s pada 20 Desember.

Pada 24 Desember, sekitar 50 kumpulan penambangan menyumbangkan hashrate SHA256 ke jaringan BTC, dengan Foundry USA di garis depan, memimpin 32,30 persen atau 173,55 EH/s dari total hashrate.

Antpool pun tak ketinggalan, menyumbang 26,95 persen atau 144,81 EH/s. Secara kolektif, kedua kelompok ini mendominasi, memegang 59,25 persen dari hashrate agregat Bitcoin selama tiga hari sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Blok Tersisa

Saat ini, hanya tersisa sekitar 17.000 blok hingga peristiwa halving yang diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Maret atau awal April 2024.

Lonjakan hashrate ini sejalan dengan ekspansi signifikan dalam operasi penambangan bitcoin. Sepanjang tahun 2023, tiga produsen sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (application-specific integrated circuit/ASIC) terkemuka meluncurkan rig penambangan generasi terbaru mereka.

Entitas pertambangan secara agresif memasukkan mesin-mesin baru ini ke dalam operasi mereka, sehingga meningkatkan efisiensi secara signifikan, khususnya dalam joule per terahash.

Financial Times melaporkan lonjakan investasi yang signifikan dengan perusahaan pertambangan publik yang mengeluarkan USD 600 juta untuk mesin baru pada bulan Desember, dan total USD 1,3 miliar untuk akuisisi ASIC sepanjang tahun, menurut The Miner Mag.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat