uefau17.com

CFTC AS Setujui Rencana Integrasi Vertikal Perusahaan Kripto Bitnomial - Crypto

, Jakarta - Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) pada Rabu, 13 Desember 2023 memutuskan untuk menyetujui rencana bursa dan pialang derivatif mata uang kripto Chicago untuk juga bertindak sebagai lembaga kliring terdaftarnya sendiri.

Persetujuan rencana tersebut oleh Bitnomial, bursa yang didirikan pada 2014, menandai pertama kalinya regulator komoditas memilih untuk mengizinkan struktur pasar yang terintegrasi secara vertikal. Bitnomial juga memiliki lisensi pertukaran dan broker. 

Dua komisaris dari Partai Demokrat dan dua komisaris dari Partai Republik memilih menyetujui permohonan perusahaan tersebut, sementara komisaris ketiga dari Partai Demokrat tidak setuju.

“Sekarang setelah proses perizinan selesai, kami dapat mengalihkan fokus kami untuk memperluas penawaran produk dan basis pelanggan Bitnomial,” kata pendiri dan CEO Bitnomial, Luke Hoersten dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (16/12/2023).

Persetujuan CFTC juga menandai kemenangan bagi industri yang dilanda skandal. Binance, bursa kripto terbesar di dunia, pada November setuju untuk membayar lebih dari USD 4,3 miliar atau setara Rp 66 triliun (asumsi kurs Rp 15.360 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan AS mereka melanggar undang-undang yang dirancang untuk mencegah keuangan gelap. 

Mantan CEO perusahaan tersebut, Changpeng Zhao, menghadapi hukuman hingga 18 bulan penjara. Beberapa minggu sebelumnya, juri memutuskan pendiri FTX Sam Bankman-Fried bersalah atas penipuan.

Gedung Putih dan sejumlah regulator lainnya mengkritik integrasi vertikal di sektor kripto karena menciptakan potensi konflik kepentingan.

Pada saat yang sama, lembaga-lembaga federal menghadapi industri yang cepat mengajukan tuntutan ke pengadilan ketika ada keputusan yang merugikan mereka. Bulan lalu, sebuah platform taruhan acara menggugat CFTC karena menolak rencananya untuk mengizinkan investor bertaruh pada pemilu AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Tether Terapkan Kebijakan Pembekuan Stablecoin Baru

Sebelumnya diberitakan, Tether, perusahaan stablecoin terkemuka di industri kripto, telah mengumumkan inisiatif baru yang signifikan yang bertujuan untuk memperkuat keamanan ekosistem aset kripto. 

Perusahaan tersebut mengumumkan akhir pekan ini langkah baru-baru akan ditetapkan untuk secara sukarela membekukan dompet penambat yang terkait dengan Daftar Warga Negara yang Ditunjuk Khusus (SDN) dari Kantor Pengendalian Aset Luar Negeri (OFAC).

Ini menandai langkah proaktif menuju pemberantasan kegiatan terlarang oleh Tether.  CEO Tether, Paolo Ardoino menekankan sifat strategis dari keputusan ini. Menurutnya, Keputusan strategis ini sejalan dengan komitmen teguh Tether untuk mempertahankan standar keselamatan tertinggi bagi ekosistem global. 

"Dengan melakukan pembekuan alamat dompet secara sukarela pada penambahan baru pada Daftar SDN dan membekukan alamat yang ditambahkan sebelumnya, kami akan dapat lebih memperkuat penggunaan positif teknologi stablecoin dan mempromosikan ekosistem stablecoin yang lebih aman bagi semua pengguna,” kata Ardoino, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (14/12/2023).

 

3 dari 4 halaman

Pembekuan USDT Terbesar

Sejarah pembekuan USDT Tether bukanlah hal baru. Sebelumnya, perusahaan telah memasukkan sejumlah alamat yang terlibat dalam transaksi mencurigakan ke dalam daftar hitam. 

Tindakan ini termasuk membekukan lebih dari 30 alamat USDT yang memindahkan miliaran dolar, seperti yang dilaporkan oleh perusahaan intelijen blockchain Chainargos. 

Langkah-langkah ini merupakan bagian dari kolaborasi berkelanjutan Tether dengan penegak hukum, termasuk Departemen Kehakiman AS (DOJ), untuk memerangi aktivitas ilegal.

Pembekuan USDT Terbesar

Dalam satu contoh penting, Tether secara sukarela membekukan USD 225 juta USDT  atau setara Rp 3,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.573 per dolar AS) yang terkait dengan kelompok perdagangan manusia di Asia Tenggara. 

Tindakan ini, yang disebut-sebut sebagai pembekuan USDT terbesar yang pernah ada, menunjukkan peran aktif perusahaan dalam mencegah penyalahgunaan mata uangnya. Selain itu, Tether menyita aset senilai USD 9 juta atau setara Rp 140,1 miliar yang dicuri dalam penipuan pemotongan babi, bekerja sama dengan DOJ dan Dinas Rahasia AS.

 

4 dari 4 halaman

Investor Kripto Bakal Amati Suku Bunga AS dan ETF Bitcoin pada 2024

Sebelumnya diberitakan, pasar kripto mencatatkan kinerja baik menjelang akhir 2023. Saat ini investor kripto akan memperhatikan suku bunga The Fed dan keputusan peraturan AS mengenai produk bitcoin baru.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (12/12/2023), cryptocurrency mengalami pemulihan tahun ini setelah pada 2022 yang terik di mana krisis pasar dan serangkaian skandal, termasuk runtuhnya FTX dan tuduhan penipuan terhadap CEO-nya, Sam Bankman-Fried, merusak kredibilitas industri.

Harga bitcoin, mata uang kripto terbesar dan barometer utama pasar, telah meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, mencapai level tertinggi dalam 20 bulan pada November sebesar USD 42.000 atau setara Rp 658,2 juta (asumsi kurs Rp 16.675 per dolar AS) per token. 

Pasar telah didukung oleh ekspektasi menurunnya inflasi AS akan memungkinkan bank sentral secara global untuk tidak menaikkan suku bunga lebih lanjut dan mulai melakukan pelonggaran pada tahun depan, sehingga membuat aset-aset berisiko menjadi lebih menarik. 

Langkah yang telah lama dinantikan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) juga menjadi pendorongnya.

Tema-tema tersebut, bersama dengan perkiraan halving bitcoin pada April 2024. Ini adalah sebuah proses yang mengurangi pasokan token dan akan terus berdampak positif bagi pasar tahun depan, meskipun beberapa orang memperingatkan pasar tidak mungkin untuk mengubah skala rekor tertingginya pada 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat