uefau17.com

Hakim Federal AS Tegur SEC Terkait Perlakuannya Terhadap Perusahaan Kripto - Crypto

, Jakarta - Seorang hakim federal Amerika Serikat (AS), Robert Shelby menegur Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) atas perlakuannya terhadap perusahaan kripto. Hakim tersebut menyatakan keprihatinan SEC telah membuat pernyataan yang secara material salah dan menyesatkan untuk membekukan aset jutaan dolar AS milik industri kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Rabu (6/12/2023), kasus tersebut, yang diajukan di pengadilan federal Utah, menyangkut sebuah perusahaan bernama Digital Licensing Inc, atau DEBT Box. 

Dalam pengaduannya, yang diajukan musim panas ini, SEC menuduh proyek tersebut telah menipu investor hingga hampir USD 50 juta atau setara Rp 771,6 miliar (asumsi kurs Rp 15.433 per dolar AS) dengan menjual sekuritas tidak terdaftar yang disebut “lisensi node.”

Sebagai bagian dari proses awal, SEC berhasil memperoleh perintah penahanan sementara dan penyitaan aset melalui apa yang disebut aplikasi ex parte artinya perusahaan kripto tidak diberitahu tentang prosesnya dan tidak dapat menantang mereka di pengadilan pada saat itu.

Proses hukum sepihak seperti ini jarang terjadi dan biasanya terjadi ketika lembaga pemerintah khawatir bahwa memberi tahu terdakwa akan mengakibatkan hilangnya bukti atau hilangnya aset mereka ke luar negeri. 

Sementara itu, perintah penahanan sementara mengharuskan salah satu pihak untuk menunjukkan kemungkinan besar terjadinya kerusakan yang tidak dapat diperbaiki suatu batasan yang tinggi untuk diselesaikan.

Dalam perintahnya pada Kamis Robert Shelby menjelaskan dia telah setuju untuk mengabulkan permintaan SEC karena pengacara agensi tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penutupan Rekening

Namun, ternyata hal ini tidak benar. Dalam perintahnya, Shelby berpendapat beberapa argumen SEC sama sekali tidak berdasar dan salah menyatakan catatannya. Dia menulis proses hukum selanjutnya mengungkapkan tidak ada rekening bank yang ditutup selama jangka waktu 48 jam dan perusahaan telah mentransfer sebagian besar operasinya beberapa bulan sebelumnya. 

Dia juga menemukan yang menutup rekening tertentu adalah bank, bukan perusahaan, dan dugaan transfer luar negeri sebesar USD 720.000 atau setara Rp 11,1 miliar yang digunakan SEC untuk membenarkan penyitaan ex parte sebenarnya adalah transfer dalam negeri.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

SEC Bikin Edaran Baru Soal Risiko Investasi Kripto,Termasuk Banyaknya Penipuan

Sebelumnya diberitakan, Kantor Pendidikan dan Advokasi Investor (OIEA) SEC menerbitkan Buletin Investor pada 29 September sebagai bagian dari Pekan Investor Dunia tahun ini. 

Kampanye global ini, yang dipromosikan oleh Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO), bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan perlindungan investor.

Tiga tema World Investor Week 2023 adalah Aset Kripto, Ketahanan Investor, dan Keuangan Berkelanjutan. Mengenai aset kripto, buletin ini menyoroti beberapa risiko terkait investasi kripto.

“Investasi dalam aset kripto bisa sangat fluktuatif dan spekulatif, dan platform tempat investor membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan investasi ini mungkin tidak memiliki perlindungan yang penting,” isi buletin tersebut memperingatkan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (5/10/2023).

Investor yang menyetor dana atau aset kripto ke entitas aset kripto mungkin tidak lagi memiliki kepemilikan sah atas aset tersebut dan mungkin tidak bisa mendapatkan kembali aset tersebut saat mereka menginginkannya.

Selain itu, buletin tersebut merinci investor aset kripto menghadapi sejumlah risiko, termasuk penawaran yang tidak terdaftar, kurangnya perlindungan Securities Investor Protection Corporation (SIPC), dan penipuan. 

Penipu terus mengeksploitasi meningkatnya popularitas aset kripto untuk memikat investor ritel ke dalam penipuan, yang sering kali menyebabkan kerugian besar. 

Regulator lebih lanjut menjelaskan untuk mengetahui apakah portofolio investor, termasuk program pensiun dan akun investasi, memiliki investasi terkait aset kripto, Investor harus secara aktif meneliti dan mengajukan pertanyaan. 

Menurut SEC, risiko kerugian bagi investor individu yang berpartisipasi dalam transaksi yang melibatkan aset kripto, termasuk sekuritas aset kripto, masih tetap besar. Satu-satunya uang yang harus dipertaruhkan dalam investasi spekulatif adalah uang yang mampu ditanggung kerugiannya seluruhnya.

4 dari 5 halaman

Ketua SEC Sebut Kripto Penuh Penipuan, Penyalahgunaan, dan Pelanggaran

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler bersaksi di depan Komite Perbankan Senat, menyatakan bahwa kripto adalah bidang yang penuh dengan penipuan, penyalahgunaan, dan pelanggaran.

Dia juga menyatakan bahwa regulator sekuritas masih meninjau permohonan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF).

Melansir Bitcoin, Gary Gensler angkat bicara soal cryptocurrency selama kesaksiannya di hadapan Komite Senat AS untuk Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan pada Selasa.

Mengulangi pandangannya bahwa sebagian besar token kripto adalah sekuritas, Gensler mengatakan kepada anggota parlemen soal perantara kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas.

“Tanpa berprasangka buruk pada satu token pun, sebagian besar token kripto kemungkinan besar memenuhi uji kontrak investasi. Mengingat sebagian besar token kripto tunduk pada undang-undang sekuritas, maka sebagian besar perantara kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas," ujar dia.

Dia mengaku, pihaknya telah berkecimpung di bidang keuangan selama 44 tahun sekarang dan belum pernah melihat bidang yang penuh dengan pelanggaran. Hanya saja kripto ini menakutkan.

"Saat ini, sayangnya, terdapat ketidakpatuhan yang signifikan dan ini adalah bidang yang penuh dengan penipuan, penyalahgunaan, dan pelanggaran," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Respons Senator

Senator Bill Hagerty (R-TN) bertanya kepada Gensler selama sidang apa yang perlu dilihat SEC dari emiten untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) menyusul keputusan pengadilan baru-baru ini yang mendukung Grayscale Investments.

Pengadilan menemukan bahwa penolakan regulator sekuritas terhadap aplikasi ETF bitcoin spot Grayscale adalah “sewenang-wenang dan berubah-ubah.”

"Kami masih meninjau keputusan itu. Kami memiliki banyak pengajuan seputar produk yang diperdagangkan di bursa bitcoin, jadi bukan hanya produk yang Anda sebutkan saja, tetapi juga beberapa produk lainnya. Kami sedang meninjaunya dan saya menantikan rekomendasi staf," kata Ketua SEC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat