uefau17.com

Justin Bieber hingga Madonna Terseret Tuduhan Promosi NFT BAYC - Crypto

, Jakarta - Perusahaan di balik proyek NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Yuga Labs, menerima gugatan kelompok (class action lawsuit) atas tuduhan telah berkonspirasi dengan sejumlah selebritas untuk mempromosikan koleksi NFT mereka.

Sejumlah selebritas yang namanya ikut terseret antara lain Justin Bieber, Paris Hilton, Jimmy Fallon, dan Madonna. Gugatan yang diajukan oleh John T. Jasnoch kepada Pengadilan Distrik Pusat California pada Kamis, 8 Desember 2022 atas nama investor yang membeli NFT Yuga Labs, termasuk BAYC atau ApeCoin antara April 2021 hingga saat ini.

Kedua penggugat, Adam Titcher dari California dan Adonis Real dari Florida, membeli aset Yuga Labs selama waktu itu. Melansir laman Coindesk, Minggu (11/12/2022), Titcher membeli Mutant Ape Yacht Club #1984 pada Agustus 2021 seharga 5,3 ETH (sekitar USD 17.000 pada saat itu) dan mencetak Otherdeed untuk Otherside #16235 di OpenSea pada April 2022.

Sementara Adonis membeli ApeCoin dalam jumlah yang tidak diungkapkan. Menurut pengajuan, kedua pria tersebut membeli aset dengan mengandalkan promosi yang menyesatkan dari Yuga Labs dan sejumlah selebritas, yang mengakibatkan kerugian investasi.

Gugatan itu juga menuduh Yuga Labs dan investor Web3 Guy Oseary terlibat dalam skandal besar dan menggunakan platform pembayaran crypto MoonPay sebagai untuk mempromosikan dan menjual aset digital.

"Para eksekutif di Yuga dan Oseary bersama-sama menyusun rencana untuk memanfaatkan jaringan luas musisi, atlet, dan klien selebritis A-list mereka serta rekanan untuk mempromosikan dan menjual Produk Finansial Yuga secara menyesatkan," bunyi gugatan tersebut. Secara total, gugatan tersebut menyeret 37 terdakwa, termasuk pendiri dan tim pentolan di Yuga Labs. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Selebritas

Kemudian MoonPay beserta CEO-nya, Ivan Soto-Wright. Salah satu pendiri dan investor Reddit Alexis Ohanian, artis NFT Beeple, Anggota dewan Ape DAO Amy Wu Maaria Bajwa dan Dean Steinbeck, Guy Osary, Justin Bieber, Jimmy Fallon, Gwyneth Paltrow, Madonna, Paris Hilton, Serena Williams, Poskan Malone, Diploma, Snoop Dogg, Kevin Hart, Kari Steph, Future, The Weeknd, DJ Khaled, Adidas dan beberapa lainnya.

"Eksklusivitas keanggotaan BAYC sepenuhnya didasarkan pada inklusi dan dukungan selebriti yang sangat berpengaruh. Penjualan aset digital seperti NFT dan token datang dengan tugas pengungkapan seperti produk keuangan lainnya. Dan apakah itu perusahaan, organisasi otonom terdesentralisasi atau influencer selebriti, individu yang terlibat dalam penyesatan investor harus dimintai pertanggungjawaban,” kata Jasnoch.

Dia menambahkan bahwa dukungan selebritas menciptakan ketakutan akan ketinggalan (Fear of Missing Out/FOMO) dengan parade promosi Bored Ape dan ApeCoin yang tak ada habisnya. “Seandainya ada pengungkapan yang tepat, harganya tidak akan berayun begitu tinggi dan begitu liar,” timpal Jasnoch.

 

3 dari 4 halaman

3 Raksasa Produsen Makanan Ini Jajaki NFT dan Metaverse

Sebelumnya, sejumlah perusahaan besar makanan baru-baru ini mulai memposisikan diri mereka dalam ekosistem Web3 dengan mengajukan aplikasi merek dagang untuk Metaverse dan Non Fungible Token (NFT).

Dilansir dari Cointelegraph. Rabu (30/11/2022), pengacara merek dagang berlisensi Mike Kondoudis berbagi dalam sebuah cuitan di Twitter, Kraft Foods Group telah mengajukan merek dagang untuk Weinermobile berbentuk hot dog yang ikonik pada 12 Oktober 2022. 

Kraft Foods

Pengarsipan tersebut mengungkapkan merek tersebut berencana untuk memperluas bisnis ke NFT, token digital, barang virtual, pasar NFT, makanan, minuman, dan restoran virtual.

Pendaftaran merek dagang juga menunjukkan Kraft Foods Group memiliki rencana untuk mengoperasikan restoran virtual, serta menampilkan barang-barang virtual untuk pengiriman ke rumah baik di dunia nyata maupun virtual.

In-N-Out Burger

Sebelumnya, Pada 6 Oktober 2022, merek makanan populer dan rantai makanan cepat saji, In-N-Out Burger mengajukan aplikasi merek dagang serupa dengan rencana untuk mengoperasikan toko ritel online yang menampilkan barang-barang virtual yaitu, makanan, minuman, dan barang dagangan yang terkait dengan merek untuk digunakan di dunia maya online.

Menurut aplikasi merek dagang, In-N-Out Burger berencana untuk menyediakan, penggunaan sementara perangkat lunak online yang tidak dapat diunduh bagi pengguna untuk mengakses, mengirimkan, menukar, dan menetapkan kepemilikan barang virtual, token blockchain, token yang tidak dapat dipertukarkan, media digital, digital file, dan aset digital di bidang makanan, minuman, restoran, dan merchandise.

4 dari 4 halaman

Del Monte

Pada 10 Oktober, Mike Kondoudis juga melaporkan Del Monte Foods telah mengajukan delapan aplikasi merek dagang untuk merek dasarnya "Del Monte" dan "The Del Monte Sheild," dengan rencana untuk membuat NFT, media yang didukung NFT, pasar virtual online, virtual restoran, toko, makanan dan minuman.

Aplikasi merek dagang juga mengungkapkan Del Monte Foods bermaksud untuk memperluas ke ruang perangkat lunak Web3. 

Menurut aplikasi, merek akan menghasilkan perangkat lunak untuk mengunggah, mentransmisikan, menerbitkan, menyimpan, mengelola, memverifikasi, mengautentikasi, dan mengomunikasikan mata uang digital, koleksi kripto, token digital, file digital, gambar, rekaman suara, rekaman video, virtual objek, dan produk dan layanan virtual.

Pada September, Cointelegraph melaporkan jumlah merek dagang AS yang diajukan terkait dengan cryptocurrency, NFT, Web3, dan Metaverse telah tumbuh secara eksponensial dalam setahun terakhir.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat