uefau17.com

Malaysia Tak Akan Jadikan Kripto sebagai Alat Pembayaran - Crypto

, Jakarta - Menyusul laporan seorang pejabat tinggi pemerintah telah mengusulkan untuk mengadopsi cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah di Malaysia, pemerintah mengklarifikasi di parlemen, tidak berniat untuk membuat alat pembayaran cryptocurrency yang sah di negara tersebut. 

Menurut laporan Bloomberg, Wakil Menteri Keuangan Mohd Shahar Abdullah mengatakan di parlemen cryptocurrency seperti Bitcoin tidak cocok untuk digunakan sebagai alat pembayaran karena berbagai keterbatasan.

Dia juga menyebut perubahan harga dan paparan ancaman dunia maya sebagai contoh keterbatasan kripto. Pernyataan tersebut selaras dengan yang dia ucapkan beberapa waktu sebelumnya mengenai kripto. 

"Aset digital, seperti bitcoin dan ethereum, tidak cocok untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Secara umum, aset digital bukan penyimpan nilai dan alat tukar yang baik,” ujar Abdullah saat ini, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (4/4/2022). 

Wakil menteri keuangan itu juga mengatakan kepada parlemen, teknologi dan lanskap pembayaran yang berkembang telah mendorong Bank Negara Malaysia untuk secara aktif menilai potensi mata uang digital bank sentral.

Awal pekan ini, Wakil Menteri Komunikasi dan Multimedia Datuk Zahidi Zainul Abidin dilaporkan mengusulkan untuk mengadopsi cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah di Malaysia. 

Namun, ada laporan yang saling bertentangan tentang apa yang sebenarnya dia katakan. Menurut kantor berita nasional Malaysia Bernama, menteri hanya mengusulkan legalisasi Non Fungible Token (NFT) untuk meningkatkan partisipasi di sektor kripto.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reli Kripto Bakal Berlanjut, Ini Faktor Pendorongnya

Sebelumnya, Bitcoin memulai awal pekan dengan tenang, tetapi pada Minggu malam, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu telah melonjak melewati USD 47.300 atau sekitar Rp 679,6 juta pada satu titik. 

Hal tersebut merupakan kenaikan sebesar 2,6 persen dari hari sebelumnya. Bitcoin, yang sempat turun di bawah USD 46.000 pada Sabtu pagi, kini pada Senin, 4 April 2022 kembali diperdagangkan di atas USD 46.000. 

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, mengikuti penurunan pola yang sama dan kemudian mendapatkan kembali kekuatan untuk melompat melewati level USD 3.550, naik sekitar 3 persen selama periode waktu yang sama.

Altcoin utama lainnya cukup bercampur, beberapa naik dan yang lain sedikit turun. Koin meme DOGE naik sekitar 5 persen setidaknya satu kali dari 24 jam sebelumnya. Koin meme lainnya, SHIB alami kenaikan yang lebih kecil. 

CEO BitBull Capital, Joe DiPasquale mengatakan, reli kripto yang terjadi hingga akhir bulan lalu mungkin belum berakhir dan masih bisa terus berlanjut. 

“Konsolidasi Bitcoin di atas USD 46.000 akan menjadi kunci untuk kelanjutan bullish menuju tonggak USD 50.000," kata DiPasquale, dikutip dari CoinDesk, Senin, 4 April 2022.

"Meskipun kami memang melihat penolakan di sekitar USD 48.000, selama BTC tetap di atas USD 46.000, bull dapat berharap naik dengan langkah lain. Jika Bitcoin kehilangan level di minggu ini, pengujian lain dari USD 40.000 yang rendah adalah skenario yang mungkin terjadi,” lanjut dia. 

Suku bunga rendah dan stimulus bank sentral yang dapat membuat ekonomi terguncang masih menjadi sentimen yang menyebabkan kenaikan harga aset. Namun, ketika inflasi meningkat dan ekonomi terlalu panas, bank sentral membalikkan kebijakan akomodatif ini, biasanya memacu volatilitas pasar yang lebih tinggi.

Sementara itu, lingkungan makroekonomi tetap tidak tenang seperti sejak Rusia menginvasi Ukraina lima minggu lalu.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat