uefau17.com

Tugu Manggis, Ciri Khas Kelurahan Kemanggisan - Citizen6

Citizen6, Jakarta: Kelurahahan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat membangun tugu berbentuk buah manggis. Hal ini sebagai ciri khas wilayah yang identik dengan nama kemanggisan.

Bertempat di Taman Budi Raya, pertigaan Jalan Sakti Raya, Tugu Kemanggisan ini telah diresmikan oleh Walikota Jakarta Barat, H Fatahillah, pada Senin 9 September 2013, tepat pukul 09.00 WIB.

Turut hadir dalam acara ini Kapolsek, Komandan Kodim, camat Palmerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.  

Tri Prasetyo Utomo, selaku Lurah Kemanggisan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat di wilayah kemanggisan atas kerjsamanya yang baik, sehingga pembangunan tugi ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh pemuda, oraganisasi kemasyarakatan dan seluruh warga kemanggisan yang turut membantu sehingga kelurahan ini mempunyai tugu yang melambangkan wilayahnya," ujarnya.

Tugu manggis ini memiliki ruas sembilan yang melambangkan banyaknya kepengurusan RW di wilayah itu, selain itu jajaran RW juga menanam pohon di taman tersebut.

"Perjalanan panjang yang kami lalui untuk membangun ciri khas kelurahan kami dan akhirnya berkat kerjasama warga masyarakat, akhirnya tugu manggis ini bisa di selesaikan sesuai jadwal," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Palmerah, Agus Trijanto juga mengungkapkan, ini pertama kalinya dan mungkin satu-satunya kelurahan di Jakarta yang melambangkan wilayahnya dengan tugu yang di atasnya ada buah manggis dan prototipenya sama dengan monas.

"Pak Walikota menyampaikan rasa hormatnya atas ide dari lurah kemanggisan yang sangat luar biasa. Tidak ada di kelurahan lain yang mempunyai ciri khas seperti ini, untuk itu mari kita sama-sama kita jaga tugu ini , jangan sampai ada tangan-tangan usil yang mengotori nilai seni dari tugu ini," ujarnya. (Ipung Surya Purna Nugraha/Mar)

Ipung Surya Purna Nugraha adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan,wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat