uefau17.com

Peluncurkan Buku "Kiat Memahami Materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (PERPU) No. 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja” - Citizen6

, Jakarta SIP Law Firm menggelar acara launching, "Kiat Memahami Materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (PERPU) No. 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja”. Acara peluncuran buku yang disusun oleh Parwoto Wignjosumarto, S.H. ini berlangsung di Kantor SIP Law Firm Lantai VI, Jl. Mampang Prapatan No. 7, Jakarta Selatan bertepatan dengan Hari Buku Nasional pada Jumat , 17 Mei 2024.

Peluncuran buku ini diisi oleh sambutan dari Founding Partner SIP Law Firm Dr. Safitri Hariyani Saptogino, S.H, M.H., Managing Partner SIP Law Firm Zubaidah Jufri, S.H., M.Kn., CHRP, Keynote Speech Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) Imran Nating, S.H., M.H., Parwoto sebagai pembicara utama, dan Partner SIP Law Firm R. Yudha Triarianto Wasono, S.H., M.H. selaku reviewer/pembicara. Acara ini juga dihadiri oleh rekan-rekan SIP Law Firm, mitra SIP Law Firm, Perwakilan AKPI, dan perwakilan Komisi Pengawas Peradi.

Imran Nating yang sedang berada di New York, hadir melalui Zoom Meeting menuturkan, buku yang ditulis Parwoto sangat memudahkan praktisi hukum untuk memahami Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 2 Tahun 2022. Imran berharap Parwoto terus berkarya dan sangat menanti buku Parwoto yang selanjutnya.

“Ini adalah sebuah karya yang monumental, karena membaca Undang-undang Cipta Kerja, tidak semudah membaca Undang-undang lain,” ujar Imran.

Dr. Safitri Hariyani Saptogino, S.H, M.H., menyambut baik terbitnya buku ini dan berharap para pembaca, khususnya para praktisi hukum, mendapatkan kemudahan dalam memahami materi Perppu Cipta Kerja. Sementara itu, Managing Partner SIP Law Firm Zubaidah Jufri, S.H., M.Kn., CHRP dan para partner SIP Law Firm juga berharap buku ini dapat menjadi amal jariah, serta dapat membantu khalayak, utamanya para praktisi hukum agar dapat memahami materi Perppu Cipta Kerja dengan cepat dan mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan menerbitkan buku tersebut

SIP Law Firm tergerak menerbitkan buku ini dengan niat melaksanakan semboyan ‘Setiap langkah adalah ibadah’ yang merupakan lanjutan atas telah diterbitkannya buku ‘Kesatuan Naskah Undang-Undang Ketenagakerjaan & Undang-Undang Cipta Kerja’.

“Mudah-mudahan SIP Law Firm tetap bisa meneruskan usaha penerbitan buku sejenis pada masa-masa mendatang,” ujar Zubaidah.

Sementara Parwoto menerangkan, buku ini disusun dengan niat agar para pembaca dapat lebih cepat mengetahui isi undang-undang manakah yang diubah, dihapus, dan ataupun disisipkan pasal-pasal baru. Buku ini juga menyertakan daftar 78 undang-undang yang terurai dalam Perppu Cipta Kerja.

Awalnya Parwoto yang juga Legal Advisor SIP Law Firm menyusun catatan kecil terkait Perpu Cipta Kerja guna keperluan pribadi. Namun, di luar rencana, ternyata catatan kecil tersebut menjadi sebuah buku berkat bantuan dan dorongan moril dan materil dari Safitri Hariyani Saptogino dan Zubaidah Jufri, hingga akhirnya dapat diterbitkan oleh SIP Law Firm.

Yudha berharap motivasi dan ide-ide luar biasa dari Parwoto mampu ditiru oleh rekan-rekan SIP Law Firm, khususnya dalam penulisan buku dan ketekunan beliau selama mendalami buku “Kiat Memahami Materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja”.

 

3 dari 4 halaman

Acara berlangsung antusias

Acara berlangsung lancar dan penuh antusias. Hal ini dapat terlihat dari semangat peserta dalam mengutarakan apresiasi terhadap terbitnya buku “Kiat Memahami Materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja” serta pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan selama acara berlangsung.

“Saya yakin banget, ini akan jadi amal jariah Bapak Parwoto, untuk kita semua. Bahkan ini kalau sampai selain kami, pasti bisa dipakai juga oleh masyarakat pada umumnya,” ujar Yudha.

 

4 dari 4 halaman

Mempermudah memahami Perppu Cipta Kerja

Buku ini adalah intisari dari Perppu Cipta Kerja yang terdiri dari 186 pasal yang terurai dalam 737 halaman. Dengan ketelitian dan kecermatan, penyusun menuliskan intisari Perppu CK itu dari Pasal 4, Pasal 6, Pasal 7, Pasal 13, Pasal 16, dan seterusnya. Dalam bukunya, penyusun berpendapat bahwa Bab III sampai dengan Bab XII Perppu CK adalah merupakan penjabaran dari Pasal 4 huruf (a) sampai dengan Pasal 4 huruf (j) Perppu CK.

Perppu No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja ditetapkan dan diundangkan pada 30 Desember 2022. Selanjutnya Perppu tersebut ditetapkan menjadi Undang-undang No. 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Perppu No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi undang-undang pada, 31 Maret 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat