uefau17.com

Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 8 Strategi Ampuh Lolos SNBP 2024 di Kampus Impian - Citizen6

, Jakarta - SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, suatu sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang fokus pada prestasi calon mahasiswa. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan melalui evaluasi prestasi akademik yang didasarkan pada penilaian rapor, serta pencapaian akademik dan non-akademik siswa.

SNBP memberi kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta memberikan kesempatan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dengan kuota minumum 20% dengan biaya ditanggung pemerintah.

Dikutip dari laman resmi Universitas Negeri Yogjakarta pada Rabu (24/1/2024), rapor yang digunakan dalam seleksi SNBP adalah rapor semester satu sampai semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Siswa yang dinyatakan eligible pada SNBP 2024 dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN. Jika tidak lulus pada pilihan program studi pertama, maka mereka akan dipertimbangkan dalam seleksi untuk program studi pilihan kedua. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk melakukan pemilihan jurusan dengan penuh pertimbangan.

Lantas, apa saja strategi yang dapat dilakukan oleh siswa kelas 12 agar berhasil dalam SNBP? Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2024), berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pahami Syarat dan Ketentuan SNBP 2024

Sebelum memilih program studi, penting untuk memastikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 bersama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek).

Dengan memahami syarat dan ketentuan SNBP, calon mahasiswa dapat mengoptimalkan persiapannya untuk berhasil dalam seleksi tersebut. Hal ini juga membantu terhindar dari masalah atau kesalahan administratif yang mungkin terjadi pada saat proses pendaftaran.

2. Menyesuaikan Nilai Rapor dengan Program Studi

Menyesuaikan nilai rapor dengan program studi menjadi salah satu strategi yang perlu dilakukan oleh calon mahasiswa sebelum mendaftar SNBP. Hal ini dikarenakan beberapa program studi mungkin memiliki persyaratan nilai rata-rata atau nilai minumun tertentu untuk program studi tertentu. Misalnya, program studi Pendidikan Matematika mungkin melihat nilai rapor pada mata pelajaran matematika atau fisika.

3. Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Minat dan Bakat

Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat memiliki beberapa keuntungan seperti membantu seseorang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal. Dengan memilih jurusan yang sesuai, seseorang akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai keberhasilan akademik dan profesional.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Cek Daya Tampung dan Daya Saing

Sebelum memilih jurusan saat seleksi SNBP, penting untuk mengecek daya tampung dan daya saing karena hal tersebut memberikan pemahaman akan persaingan dan peluang mereka dalam memperoleh jurusan dan universitas yang diinginkan. Dengan mengecek daya saing, calon mahasiswa juga dapat mengoptimalkan persiapan mereka. Daya tampung dan daya saing dapat dilihat pada laman resmi kampus pada tahun-tahun sebelumnya.

5. Memilih Perguruan Tinggi Negeri yang Diinginkan

Memilih perguruan tinggi merupakan langkah awal yang dilakukan oleh calon mahasiswa. Memilih perguruan tinggi yang diinginkan dapat membantu calon mahasiswa mendapat pendidikan yang berkualitas. Ada beberapa aturan dalam memilih program studi dan PTN yang harus diketahui oleh calon mahasiswa:

  1. Setiap siswa yang eligible diizinkan dapat memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.
  2. Setiap siswa dapat memilih 2 (dua) program studi dari satu atau dua PTN.
  3. Jika memilih dua program studi, salah satu pilihan program studi harus berada di PTN pada Provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya.
  4. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di Provinsi manapun.
4 dari 4 halaman

6. Manfaatkan Prestasi

Pemanfaatan prestasi akademik dan non-akademik saat mendaftar SNBP sangat penting dilakukan untuk meningkatkan peluang untuk diterima di perguruan tinggi pilihan mereka. Calon mahasiwa yang memiliki kedua prestasi tersebut menjadi pertimbangan penting bagi perguruan tinggi yang mencari mahasiswa aktif dan dapat berkontribusi positif di lingkungan kampus.

7. Memiliki Portofolio

Jika kamu tertarik memilih jurusan di bidang seni atau olahraga, portofolio menjadi hal yang wajib dilampirkan saat mendaftar SNBP. Portofolio memiliki peran yang sangat penting selain nilai rapor, karena universitas akan mempertimbangkan portofolio sebagai salah satu faktor penilaian. Pastikan portofolio yang kamu buatrelevan dengan jurusan yang kamu pilih.

8. Berdoa

Jika sudah berusaha semaksimal mungkin saat mendaftar SNBP, berdoa dan menerima segala hasil dengan lapang dada menjadi hal terakhir yang tak kalah penting. Dengan berdoa, seseorang akan ikhlas, tanpa terlalu terikat pada sebuah hasil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat