uefau17.com

Cara Mengevaluasi Diri untuk Menyambut Tahun Baru 2024, Apa Saja? - Citizen6

, Jakarta - Penghujung tahun 2023 sudah di depan mata. Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengevaluasi dan merefleksikan diri setelah satu tahun berproses agar menjadi diri yang lebih baik di tahun selanjutnya.

Menghitung hari menuju 2024, sudah seharusnya Anda melakukan evaluasi diri atau self-evaluation agar memudahkanmu menentukan resolusi tahun selanjutnya.

Melansir dari Builtin, Rabu (27/12/23), evaluasi diri merupakan penilaian terhadap kinerja diri sendiri yang dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau tahunan. Menulis tentang diri sendiri mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan.

Faktanya, evaluasi diri dapat memberikan kamu pandangan terhadap kinerja yang bisa menjadi peluang untuk menguraikan tujuan kariermu. Berikut cara mengevaluasi diri untuk menyambut tahun baru 2024.

1. Jawab Pertanyaan Atas Dirimu dengan Jujur

Pelacakan harian atau mingguan atas pekerjaanmu dapat membantumu mengetahui kemajuan dan mencegah pertanyaan, "Apa yang telah kamu lakukan selama satu tahun terakhir?"

Cobalah jawab pertanyaan seperti, "Seberapa baik Anda berkomunikasi selama ini?" "Seberapa baik kamu menyelesaikan tugasmu?" dan "Apa yang telah kamu capai hingga akhir tahun ini?"

Dengan membiasakan diri untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur, akan memudahkanmu untuk merefleksikan pencapaianmu dan memikirkan apa yang bisa Anda pikirkan dan lakukan.

2. Sorot Pencapaian Dirimu

Menyoroti diri sendiri merupakan kesempatan yang berharga bagi dirimu. Lihatlah seberapa banyak proyek yang selesai lebih cepat dari jadwal, hubungan yang bermanfaat, dan proses yang telah Anda lakukan, beranilah untuk membagikan itu semua.

Pastikanlah orang-orang sekitarmu memiliki pemahaman yang baik tentang di mana Anda mendapatkan kemenangan tersebut karena terkadang hal itu tidak terdeteksi.

3. Mengakui Kelemahan dan Caramu Bertumbuh

Bila Anda telah melakukan kesalahan yang besar, akuilah kesalahan tersebut dan pastikan untuk mendiskusikan apa yang telah Anda pelajari dari kesalahan tersebut.

Kemungkinan besar orang lain mengetahui bahwa Anda melakukan kesalahan dan mengungkitnya tanpa memberimu kesempatan untuk menjelaskan kesalahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Evaluasi Diri

 

1. Memberimu Kesempatan untuk Merefleksikan Kemajuanmu

Evaluasi diri pada dasarnya bersifat reflektif, evaluasi diri memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan memeriksa kekuatan dan kelemahanmu. Hal ini membantumu mengetahui kualitas dirimu dan apa yang harus Anda pelajari lagi.

Selain itu, adanya evaluasi diri dapat memastikan Anda untuk merefleksikan poin-poin penting sepanjang tahun serta untuk menilai kemajuanmu dalam mencapai suatu hal dan sasaran yang telah direncanakan sebelumnya.

Melansir dari Wethrive (27/12/23), terdapat beberapa manfaat lainnya dari evaluasi diri, yaitu:

  • Merasa lebih terlibat dalam proses penilaian diri
  • Mendapatkan wawasan yang lebih besar dan bisa menetapkan tujuan masa depan untuk perbaikan
  • Merasa lebih percaya diri dengan kemampuan diri sendiri
  • Meningkatkan pengembangan kapasitas dengan belajar melakukan koreksi secara cepat
  • Memudahkan memilih program pelatihan yang paling sesuai dengan kebutuhan diri
  • Mengembangkan pikiran yang ingin tahu untuk pemecahan masalah
  • Menjadi lebih akuntabel
  • Merasa lebih termotivasi untuk mempelajari keterampilan baru
3 dari 3 halaman

2. Membantu Mempersiapkan Ulasan Kinerja

Menyelesaikan evaluasi diri dapat membantumu mengetahui tinjauan kinerja dengan cara yang terstruktur dan bermakna. Hal ini juga membantumu mendapatkan gambaran tentang hal-hal yang perlu diperbaiki sehingga Anda dapat memperbaiki pada masa yang akan datang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat