uefau17.com

Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Kesehatan dari Pergi Piknik - Citizen6

, Jakarta - Piknik menjadi kegiatan pokok bersosialisasi yang dilakukan banyak individu. Dari makan siang santai dan barbekyu dengan teman dekat dan kolega, piknik menyediakan lingkungan yang santai untuk berkumpul dan menghibur diri.

Tapi piknik menawarkan lebih dari sekadar kesempatan untuk berkumpul bersama kerabat. Berikut ini deretan manfaat piknik menurut penulis buku ReSYNC Your Life Samir Becic. Dilansir dari Health Fitness Revolution, Senin (25/5/2023), berikut ulasannya:

1. Baik untuk kesehatan

Piknik membuat kita menghabiskan waktu di luar ruangan, berjemur di alam, menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan yang indah.

Udara murni dan menyegarkan Anda ini membuat Anda merasa segar kembali. Bagi mereka yang mengalami gangguan pernapasan, menghirup udara bersih membantu membersihkan paru-paru.

2. Mempererat ikatan keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga selalu merupakan pengalaman ikatan yang hebat. Dalam gaya hidup yang serba cepat dan sopan saat ini, seringkali ada waktu terbatas untuk menjaga hubungan dengan beberapa orang terpenting dalam hidup Anda.

Tetap terlibat dengan keluarga dan teman Anda dapat membantu membangun ikatan yang lebih kuat dan memupuk kehangatan, keamanan dan cinta, serta perasaan memiliki.

3. Menghemat uang 

Piknik dikenal sangat murah. Yang harus dilakukan hanyalah menyiapkan makanan di rumah dan pergi ke taman atau area piknik. Bahkan jika Anda memiliki stok makanan di lemari es dan pantry yang lengkap, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Meningkatkan komunikasi

Karena piknik sering dilakukan di lingkungan yang hangat, kecenderungan untuk berpartisipasi dalam obrolan santai sangatlah tinggi. Cukup terus memperbarui apa yang sedang terjadi dalam kehidupan orang lain dan mempelajari rencana mereka dapat meningkatkan hubungan.

Percakapan selama piknik memberikan kesempatan bagi pihak untuk mengikat, merencanakan, terhubung, dan belajar dari satu sama lain.

5. Membuat tulang yang lebih kuat

Vitamin D yang kita dapatkan dari matahari diperlukan untuk penyerapan kalsium secara maksimal dari usus, yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Mendapatkan cukup vitamin D dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan terkena penyakit kerusakan tulang seperti osteoporosis. 

Bagi anak-anak, paparan sinar matahari secara teratur membantu meningkatkan proses pertumbuhan dan tinggi badan serta dapat menurunkan risiko rakhitis. Matahari juga memberikan manfaat bagi kulit Anda dengan memberikan cahaya yang menyenangkan, hangat, dan cerah.

3 dari 5 halaman

6. Memiliki waktu untuk refleksi diri

Meskipun piknik menawarkan banyak manfaat sosial, Anda tidak perlu menghabiskan seluruh waktu untuk mengobrol. Piknik menawarkan kesempatan yang sangat baik bagi Anda untuk menghabiskan waktu bermeditasi tentang hidup Anda, keputusan yang telah Anda buat dan keputusan yang akan Anda buat.

7. Meredakan stres

Piknik adalah penghilang stres yang hebat karena membantu mengurangi stres dan kecemasan terkait pekerjaan dan rumah. Menjadi dewasa tidak selalu mudah dan sangat menyenangkan bisa meringankan tanggung jawab dari waktu ke waktu dengan bersantai di bawah sinar matahari.

4 dari 5 halaman

8. Menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat

Makanan yang disiapkan dan dimakan di rumah biasanya lebih bergizi dan sehat daripada makan di luar dan terutama saat Anda membawa makanan untuk piknik.

Potret khas piknik menghadirkan keranjang anyaman berisi buah-buahan, sayuran, susu, dan biji-bijian. Makanan ini memberikan nutrisi seperti serat, kalsium dan vitamin esensial.

9. Mood booster

Makan siang di luar ruangan adalah mood booster alami. Anda bisa takjub betapa kurangnya sinar matahari di tubuh Anda dapat memengaruhi suasana hati Anda.

Ada sesuatu tentang udara segar, sinar matahari, atau angin sepoi-sepoi yang membuat Anda dalam suasana hati yang baik dan memotivasi Anda membuat Anda ingin berolahraga.

5 dari 5 halaman

10. Tetap aktif

Piknik secara teratur dapat menumbuhkan ritual keluarga di mana anak-anak muda diperkenalkan dengan olahraga, permainan, dan alam serta mendorong orang dewasa untuk ikut serta dalam aktivitas fisik juga.

Permainan kecil antara keluarga dan teman seperti tarik tambang, dan sepak bola dapat dimainkan sebelum makan untuk membantu mendorong rasa pencapaian sebelum makan yang memang layak, sambil memainkan permainan yang lebih santai seperti lempar tapal kuda dan bean bag dapat berfungsi sebagai aktivitas santai namun tetap aktif.

Bahkan mengonsumsi makanan sehat yang biasa disajikan saat piknik membuat Anda tetap energik dan aktif sepanjang hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat