uefau17.com

Mengapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah, Kuning dan Hijau? Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya - Citizen6

, Jakarta - Kita semua tahu bahwa lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan hijau. Lebih dari sekadar lampu lalu lintas telah dipengaruhi oleh konsep bahwa merah berarti berhenti dan hijau berarti pergi.

Sejak usia dini, kita telah diajari bahwa warna merah berarti bahaya dan warna hijau berarti aman untuk terus melaju. Tetapi mengapa warna khusus itu dipilih untuk sinyal lalu lintas? Ya, pernahkan Anda berpikir mengapa tiga warna tersebut yang dipilih untuk lampu lalu lintas

Awal Mula Dibuatnya Lampu Lalu Lintas 

Karena peningkatan lalu lintas di jalan raya, lampu lalu lintas pertama dibangun di Amerika Serikat. Prihatin dengan kecelakaan lalu lintas, kota-kota membangun menara lalu lintas untuk membantu arus lalu lintas.

Petugas menempatkan diri di menara, meniup peluit dan menyalakan lampu merah, hijau, dan kuning untuk mengingatkan lalu lintas ketika tiba waktunya untuk berhenti dan pergi.

Dilansir dari Readers Digest, Selasa (16/5/2023), William Potts menemukan lampu lalu lintas tiga warna pertama pada tahun 1920. Ini untuk memudahkan mobil agar tetap aman di persimpangan jalan. 

Namun, masih ada sejumlah sistem sinyal dan pola lalu lintas yang ada di seluruh negeri. Administrasi Jalan Raya Federal menerbitkan "Manual tentang Perangkat Kontrol Lalu Lintas yang Konsisten" pada tahun 1935 untuk menetapkan standar seragam untuk semua rambu jalan, marka trotoar, dan sinyal lalu lintas, dan mengamanatkan semuanya untuk menggunakan warna lampu merah, kuning, dan hijau.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Warna Lampu Lalu Lintas

Sebelum ada lampu lalu lintas untuk mobil dan mobil lainnya, ada sinyal lalu lintas untuk kereta api. Perusahaan kereta api menggunakan warna merah untuk menunjukkan berhenti, putih untuk menunjukkan pergerakan, dan hijau untuk menunjukkan kehati-hatian pada awalnya. 

Kondektur kereta api pun memiliki beberapa masalah dengan warna putih. Putih terang dapat dengan mudah disalah artikan sebagai bintang di malam hari, membuat kondektur kereta api percaya bahwa semuanya jelas padahal sebenarnya tidak.

Karena mudah dibedakan dengan warna lain, perusahaan kereta api akhirnya mengadopsi warna hijau untuk menandakan jalan, dan warna kuning untuk menandakan jalan terus dengan hati-hati, dan sejak saat itu dipilihlah ketiga warna itu. 

3 dari 5 halaman

Mengapa warna-warna tersebut dipilih?

Merah adalah warna dengan panjang gelombang terpanjang; itu berarti saat bergerak melalui molekul udara, ia menyebar lebih sedikit daripada warna lain, sehingga dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh. 

Sebagai contoh dunia nyata, pikirkan tentang bagaimana cahaya berubah menjadi merah saat matahari terbenam. Meskipun mata manusia paling sensitif terhadap warna stabilo kuning-hijau, kita dapat melihat warna merah dari jauh.

Kuning memiliki panjang gelombang lebih pendek dari merah tetapi panjang gelombang lebih panjang dari hijau. Ini berarti merah terlihat paling jauh, kuning di tengah dan hijau paling dekat. 

Percaya atau tidak, warna kuning pernah digunakan untuk berarti berhenti, setidaknya dalam hal rambu-rambu. Di tahun 1900-an, beberapa rambu berhenti berwarna kuning karena terlalu sulit untuk melihat rambu merah di area dengan penerangan redup. 

Akhirnya, bahan yang sangat reflektif dikembangkan, dan tanda berhenti merah pun muncul. Karena kuning dapat dilihat dengan baik sepanjang hari, zona sekolah, beberapa rambu lalu lintas dan bus sekolah terus dicat dengan warna tersebut. 

4 dari 5 halaman

Warna spektrum cahaya

Ada tujuh warna spektrum cahaya adalah VIBGYOR (Violet-Indigo-Biru-Hijau-Kuning-Oranye-Merah), ditentukan dengan panjang gelombang yang meningkat secara berurutan. Violet memiliki panjang gelombang terpendek, sedangkan merah memiliki panjang gelombang terpanjang. 

Selain itu, panjang gelombang yang lebih panjang memiliki frekuensi yang lebih pendek dan cenderung menempuh jarak yang lebih jauh saat menghadapi penghalang.

Jika warna yang berbeda dipertimbangkan, merah memiliki panjang gelombang terpanjang, diikuti oleh kuning, dan terakhir hijau.

Warna dengan panjang gelombang terpanjang dipilih untuk sinyal karena panjang gelombang yang lebih panjang dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Karena oranye terlihat terlalu mirip dengan merah dalam cahaya terang, ini dapat menimbulkan kebingungan.

Akibatnya, lampu merah dapat menempuh jarak terjauh dalam hujan dan kabut, dan sebagian besar tetap terlihat karena memiliki prioritas tinggi, diikuti oleh kuning, dan terakhir hijau.

Selanjutnya tiga tanda lampu lalu lintas berhenti, hati-hati dan jalan, ditetapkan berdasarkan urutan prioritas untuk diberitahukan kepada pengemudi.

Berhenti, misalnya, harus diperingatkan kepada pengemudi sesegera mungkin sehingga ia dapat merespons dan berhenti sepenuhnya. Hasilnya, ia diberi warna merah, yang memiliki panjang gelombang terpanjang dan karenanya dapat dilihat dari jarak yang sangat jauh. 

5 dari 5 halaman

Panjang gelombang

Demikian pula, tanda hati-hati dipilih berikutnya. Karena kuning memiliki panjang gelombang yang sedikit lebih pendek daripada merah, itu digunakan untuk memperingatkan pengemudi.

Zona sekolah, beberapa rambu lalu lintas, dan bus sekolah masih dicat kuning karena terlihat sepanjang hari. Ini diikuti oleh tanda jalan yang diberi warna hijau, sesuai panjang gelombangnya, yang muncul setelah warna kuning. 

Jauh sebelum kendaraan ditemukan, warna merah selalu dikaitkan dengan bahaya. Karena merah memiliki panjang gelombang terpanjang dari semua warna, maka dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh dari yang lain.

Oleh karena itu, telah diberi sinyal berhenti, dan warna lain, kuning dan hijau digunakan untuk menandakan waspada dan jalan, masing-masing sesuai panjang gelombangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat