uefau17.com

Kenali Penyebab dan Ciri Minus Mata Bertambah Tinggi - Citizen6

, Jakarta - Kondisi mata minus merupakan gangguan penglihatan yang bisa menyerang siapa saja, termasuk di usia berapapun. Mata minus disebut juga dengan miopi atau rabun jauh, biasanya ditandai dengan ketidakmampuan mata untuk melihat benda dari jarak jauh dengan jelas.

Masalah penglihatan ini pasti bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda yang memiliki rabun jauh biasanya menggunakan alat bantu, seperti kacamata ataupun lensa kontak.

Penggunaan alat bantu mungkin bisa membantu Anda bisa melihat sesuatunya dengan baik dan jelas. Namun sayangnya, walau sudah memakai kacamata sekalipun, ada kondisi tertentu yang bisa membuat minus mata Anda semakin bertambah tinggi.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab mata minus, ciri-ciri yang harus diwaspadai, serta kapan waktu yang tepat untuk mengganti kacamata seperti yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Rabu (26/4/2023).

Penyebab Mata Minus Bertambah

Penyebab utama kondisi ini salah satunya dikarenakan adanya peningkatan panjang aksial mata. Perubahan ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Genetik

Genetik memiliki peran penting dalam menyebabkan bertambahnya minus mata Anda. Terlebih jika Anda memiliki kedua orangtua yang juga mengalami rabun jauh dan minusnya cukup tinggi, bisa membuat minus mata semakin meningkat.

2. Perkembangan alami mata

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh, ternyata kondisi mata juga mengalami perubahan. Biasanya, miopi cenderung berkembang selama masa remaja.

3. Memakai kacamata yang tidak sesuai

Penyebab minus mata bisa bertambah karena Anda tidak menggunakan lensa yang sesuai dengan saran dokter. Misalnya, minus mata masih rendah dan hanya boleh memakai kacamata pada saat-saat tertentu, tapi Anda justru memakainya setiap hari. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab minus mata bertambah.

4. Terlalu sering menggunakan gadget

Gadget atau perangkat digital memang tidak bisa lepas dari genggaman. Sayangnya, hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa minus mata bertambah. Ini berkaitan dengan kelelahan dan ketegangan pada mata saat bermain gadget terlalu lama.

5. Sering melakukan sesuatu dari jarak dekat

Terkadang, tanpa Anda suka tidak sadar melihat atau melakukan sesuatu dari jarak dekat, seperti membaca, menulis, menonton, atau menggunakan komputer. Ternyata, jika dilakukan terus-menerus, juga bisa menjadi salah satu faktor minus mata bertambah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenali 5 Ciri Minus Bertambah

Orang dengan mata minus biasanya memiliki aksial bola mata yang lebih panjang dibandingkan mata normal. Kondisi ini yang menyebabkan cahaya yang masuk ke mata memfokuskan gambar atau objek di depan retina, bukan tepat ke retina. Akibatnya, penglihatan jadi semakin kabur.

Beberapa tanda minus bertambah antara lain:

1. Penglihatan semakin kabur

Ciri-ciri yang pertama tentunya, penglihatan semakin kabur, bahkan saat mengenakan kacamata sekalipun. Jika mengalami tanda ini, sebaiknya Anda harus mengubah lensa mata segera.

2. Pusing dan sakit kepala

Rasa pusing dan keluhan sakit kepala pada bagian depan, tepatnya di atas alis mata, bisa menjadi pertanda lain minus bertambah. Alasannya karena otak Anda mengenali perubahan pada mata sehingga bekerja lebih keras untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Mata semakin lelah dan tegang

Mata Anda akan bekerja lebih keras untuk memfokuskan objek dan menyebabkan mata lebih cepat lelah. Kalau sudah begini, coba istirahat sejenak.

4. Menyipitkan mata terus-menerus

Jika minus bertambah, secara tidak sadar Anda mungkin menjadi lebih sering menyipitkan atau mengernyitkan mata saat melihat sesuatu. Hal ini sangat wajar karena merupakan cara alami tubuh untuk memfokuskan objek.

5. Lebih sensitif terhadap cahaya

Fotofobia atau terlalu sensitif terhadap cahaya bisa menjadi ciri-ciri minus bertambah. Perubahan pada kornea bisa menjadi penyebabnya.

3 dari 3 halaman

Kapan Harus Ganti Kacamata Baru?

Apakah Anda sudah memakai kacamata dan merasakan ciri-ciri di atas? Kalau iya, bisa jadi minus mata Anda memang mungkin sudah bertambah. Kalau begini, sebaiknya coba periksakan mata ke dokter mata bila agar merasa lebih yakin apakah sudah waktunya untuk mengganti lensa kacamata dengan yang baru atau belum.

Biasanya, Anda juga akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata secara berkala, terlebih buat Anda yang sudah lama memakai kacamata. Pemeriksaan mata tahunan juga bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mata serta menandai kemungkinan adanya perkembangan miopi.

Selalu ingat, Anda wajib menjaga kesehatan mata, ya! Jadi, pastikan agar selalu memerhatikan tanda-tanda dan gejala sekecil apa pun yang terjadi di mata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat