uefau17.com

3 Bahan Alami yang Bantu Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah dan Kering - Citizen6

, Jakarta - Tumit kering dan pecah-pecah tentu tak diinginkan setiap individu, khususnya para perempuan. Selain merusak penampilan kakimu, kondisi tersebut tentu membuatmu tidak nyaman, bukan?

Tumit yang lecet parah bahkan bisa terinfeksi dan menyebabkan selulitis, infeksi kulit. Awal dari tumit yang mengelupas bisa terjadi saat kulit di sekitar kakimu menebal dan kering. 

Kulit kasar bisa pecah di bawah tekanan tambahan, menyebabkan pengelupasan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi peretasan tertentu bisa digunakan untuk melembutkan kaki dan menyembuhkan jaringan.

Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi. Ada beberapa cara ampuh yang bisa membantu mengatasi tumit pecah-pecah dengan bahan alami. Anda hanya perlu mengamplikasikan bahan alami secara rutin pada tumit dan kakimu yang kering dan pecah-pecah.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi tumit pecah-pecah dan kering, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (13/3/2023). 

1. Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin A, B6 dan C, yang semuanya membantu menjaga elastisitas dan hidrasi kulit. Pisang merupakan pelembab alami yang menjaga kulit kaki agar tidak kering dan tetap lembab.

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menumbuk dua buah pisang matang. Lalu gunakan pisang tersebut sebagai masker untuk kakimu, termasuk sisi jari kaki dan kuku.

Setelah didiamkan selama 20 menit, cuci kakimu dengan air. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan setiap malam selama minimal dua minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Madu

Madu dianggap sebagai antibiotil alami yang membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah. Madu juga menjadi pelembab yang baik yang menjaga kulit tetap basah dan mencegah kekeringan. 

Selain itu, kualitas madu yang menenangkan membantu menghidupkan kembali kulitmu. 

Jadi, Anda bisa menggunakan secangkir madu yang ditambahkan ke air panas untuk merendam kakimu. 

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama bersihkan tumit Anda dan pijat selama 20 menit sebelum Anda mengeringkan kaki, lalu melembabkannya.

 

3 dari 3 halaman

3. Losion dari minyak nabati

Minyak sayur cepat diserap oleh kulit. Minyak nabati atau minyak sayur kaya akan vitamin A, D dan E, yang semuanya bisa meremajakan kulit dan merawat kaki pecah-pecah dengan menghasilkan sel baru.

Jadi, Anda bisa membersihkan kaki dengan baik, lalu tepuk-tepuk sampai kering sebelum Anda mulai menggunakan minyak sayur.

Untuk mengaplikasikannya, Anda membutuhkan 2 sendok makan untuk menutupi tumit dan jari kaki dengan lapisan minyak yang tebal. Lalu Anda bisa mengenakan kaus kaki yang bersih dan nyaman sangat disarankan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat