uefau17.com

Siapa Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani, Sosok yang Siap Hadapi Sir Jim Ratcliffe untuk Beli Manchester United - Citizen6

, Jakarta Fans Manchester United harus mengingat nama Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani. Itu karena dia akan menjadi pemilik baru klub jika tawarannya untuk memimpin juara Liga Inggris 13 kali itu berhasil.

Bankir asal Qatar itu mengajukan tawaran untuk membeli Manchester United sebelum batas waktu. The Glazers, pemilik klub saat ini, mengumumkan niat mereka untuk menjualnya tiga bulan lalu.

Sheikh Jassim harus mengalahkan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe dan perusahaan INEOS yang sangat kaya untuk mengambil alih MU, tetapi siapakah dia? 

Siapakah Syekh Jassim bin Hamad Al-Thani?

Mengutip dari Mirror, lahir pada tahun 1982, Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani adalah seorang bankir Qatar dan fans MU seumur hidup. Ayahnya, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, menjabat sebagai perdana menteri Qatar antara 2007 dan 2013.

Politisi tersebut juga terlibat dalam menjalankan Paris Saint-Germain, yang dapat menyebabkan konflik kepentingan antara United dan raksasa Prancis tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa perusahaan INEOS milik Ratcliffe juga memiliki klub Prancis, Nice, dan tim Swiss, Lausanne. Tidak jelas apakah dia perlu menjual aset tersebut untuk membeli United. Kepemilikan multi-klub adalah hal biasa, tetapi UEFA melihatnya sebagai "ancaman" bagi kompetisi Eropa.

Sheikh Jassim dididik di Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst, Inggris. Dia lulus sebagai kadet perwira dan akhirnya menjadi ketua Qatar Islamic Bank (QIB) - salah satu bank terkemuka di negara tersebut.

Sheikh Jassim masih memegang peran terakhir dan sebelumnya pernah menjadi anggota dewan Credit Suisse. Tidak jelas berapa kekayaan bersihnya, meskipun QIB menempati urutan ketiga dalam 30 perusahaan paling bernilai di Timur Tengah versi Forbes di Qatar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang dikatakan Syekh Jassim bin Hamad Al Thani?

Sheikh Jassim merilis pernyataan pada Jumat malam. Dia berjanji untuk "mengembalikan klub ke kejayaannya" - mengakui penantian 10 tahun mereka untuk gelar Liga Premier - dan menghapus hutang yang ditimbulkan oleh Glazers.

Pernyataan Sheikh Jassim berbunyi: "Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini mengonfirmasi pengajuan tawarannya untuk 100 persen Klub Sepak Bola Manchester United."

"Tawaran berencana untuk mengembalikan klub ke kejayaannya baik di dalam maupun di luar lapangan, dan - di atas segalanya - akan berusaha untuk menempatkan para penggemar di jantung Klub Sepak Bola Manchester United sekali lagi."

"Tawaran akan benar-benar bebas utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim, yang akan berinvestasi di tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar dan komunitas yang didukung klub."

"Visi dari penawaran ini adalah agar Klub Sepak Bola Manchester United terkenal dengan keunggulan sepak bola, dan dianggap sebagai klub sepak bola terbesar di dunia. Rincian lebih lanjut tentang penawaran akan dirilis, bila perlu, jika dan ketika proses penawaran berkembang. "

 

3 dari 3 halaman

Kapan pengambilalihan MU selesai?

Meskipun Sheikh Jassim adalah satu-satunya orang yang mengumumkan tawaran secara terbuka, Ratcliffe diyakini telah mengajukan tawaran setelah baru-baru ini menyatakan minatnya. Ada juga kemungkinan tawaran lain telah diajukan tanpa sepengetahuan publik.

Ada pihak yang berkepentingan dari Amerika Serikat dan Arab Saudi, dan penggemar MU tidak perlu kaget jika penawar lain muncul dalam beberapa hari mendatang.

Perusahaan Amerika The Raine Group memimpin penjualan dan akan menganalisis semua tawaran untuk memastikan mereka didukung oleh fondasi keuangan yang kuat. Tawaran Sheikh Jassim diyakini tidak bergantung pada uang pinjaman, dengan Ratcliffe berpotensi mendekati konsorsium.

Mungkin perlu beberapa saat sebelum penawar pilihan diputuskan. United diyakini bernilai sekitar 3,6 miliar pound sterling - menurut penilaian hari Jumat di Bursa Efek New York - tetapi Glazers diperkirakan akan memberikan label harga 5 miliar pound sterling pada klub Liga Premier itu.

Selain itu, Glazers dapat berubah pikiran tentang penjualan penuh dan hanya dapat mengambil sebagian kecil dari saham mereka. Mereka berjanji untuk "mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub" saat niat mereka untuk menjual diumumkan November lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat