uefau17.com

8 Hidangan yang Wajib Ada Saat Perayaan Tahun Baru Imlek - Part 2 - Citizen6

, Jakarta - Dalam hitungan hari, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek. Perayaan Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 22 Januari 2023. Perayaan Tahun Baru Imlek sangat penting bagi orang Tionghoa. Semua anggota keluarga akan berkumpul di hari spesial tersebut.

Dalam legenda asal mula Festival Musim Semi, saat perayaan Imlek monster Nian akan datang dan meneror desa. Orang-orang akan bersembunyi di rumah mereka, menyiapkan pesta dengan persembahan kepada leluhur dan dewa, dan berharap yang terbaik.

Makanan adalah salah satu hal yang paling dibanggakan oleh orang Tionghoa. Seperti halnya kegiatan dan dekorasi Imlek, hidangan juga disiapkan untuk memberi berkah di tahun depan. Baik nama maupun penampilan merupakan simbol harapan akan kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Meskipun setiap daerah memiliki adat yang berbeda, ada beberapa hidangan umum yang terlihat saat perayaan Tahun Baru Imlek. Dilansir dari chinesenewyear.net, Rabu (18/1/2023), berikut ulasannya:

Hidangan Sayuran

Musim semi adalah musim untuk menanam benih baru. Secara tradisional, Festival Musim Semi adalah waktu terbaik untuk menghabiskan semua sayuran yang disimpan dan diawetkan dari musim dingin.

Hidangan ini bisa disebut 田园素小炒 (tián yuán sù xiǎo chǎo), atau tumis vegetarian pedesaan. Jamur, jujube, dan kol China sering disertakan, selain sayuran khas Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ayam Kukus

Seekor ayam utuh adalah simbol keluarga lainnya. Kaya akan protein, satu ayam cukup untuk memberi makan seluruh keluarga. Itu mewakili reuni dan kelahiran kembali. Untuk mengungkapkan makna keberuntungan ini, orang menjaga kepala dan cakarnya.

Setelah dimasak, orang pertama akan menawarkan ayam kepada leluhur. Meskipun sekarang hanya takhayul, berdoa kepada leluhur untuk berkah dan perlindungan masih merupakan bagian penting dari Festival Musim Semi dan budaya Tionghoa. 

Di Hubei, sup ayam adalah santapan pertama di tahun baru. Ini adalah keinginan untuk perdamaian. Pekerja utama keluarga harus makan kaki ayam, juga disebut "cakar phoenix" (凤爪 / fèng zhuǎ).

Ini seharusnya membantu mereka memahami kekayaan. Sayap ayam dianggap dapat membantu seseorang terbang lebih tinggi, sedangkan tulang melambangkan pencapaian luar biasa. 

Untuk santapan pertama, ada juga yang memasak telur. Putih telur dan kuning telur melambangkan emas dan perak dan merupakan hadiah sederhana untuk teman dan tetangga.

3 dari 4 halaman

Nian Gao

Nian gao, juga dikenal sebagai "rice cake” atau “New Year Cake” dalam bahasa Inggris, adalah suatu keharusan untuk Tahun Baru Imlek. Pada zaman dahulu, nian gao hanya digunakan sebagai persembahan kepada leluhur dan dewa.

Lambat laun, mereka menjadi hidangan tradisional selama Festival Musim Semi. Sekarang nian gao tersedia setiap hari sepanjang tahun, tetapi masih menjadi suguhan istimewa untuk festival ini.

Nian gao juga memiliki lafal yang sama dengan 高 (gāo, artinya tinggi atau tinggi). Ini adalah keinginan untuk menjadi sukses dan "lebih tinggi" setiap tahun. Setiap tahun akan lebih baik dari yang terakhir. Beberapa orangtua suka memberi tahu anak-anak mereka bahwa memakan ini akan membantu mereka tumbuh lebih tinggi juga.

Mereka terbuat dari beras ketan atau nasi kuning, memberi nian gao dua warna dan tekstur utama. Nian gao sudah populer selama dinasti Wei dan Jin (220-420).  

Tetapi setelah lebih dari dua ribu tahun pengembangan, ada banyak sekali variasi. Nian gao dari wilayah utara dan selatan hampir tampak seperti hal yang sama sekali berbeda. Nian gao yang dibeli di toko keras dan harus direbus terlebih dahulu. Mereka kemudian dikukus atau dimasak dengan sayuran dan daging. 

Alih-alih adonan biasa, gula bisa ditambahkan ke bubuk beras ketan untuk membuat nian gao manis yang biasanya disukai orang Utara. Adonan juga bisa termasuk lemak babi, kelopak mawar, osthmanthus, kembang sepatu dan mint untuk penyedap ekstra.

Untuk yang benar-benar menyukai makanan manis, mencelupkan nian gao langsung ke dalam gula putih juga sering dilakukan.

Mengukus nian gao dengan jujube dan kacang merah adalah hal yang umum di Hebei. Di sisi lain, orang Shanxi dan Mongolia Dalam suka menggoreng adonan dan menambahkan isian pasta kacang merah dan jujube tumbuk.

4 dari 4 halaman

Hot Pot

Hot pot adalah makanan lain yang memiliki sejarah panjang. Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing adalah penggemar beratnya. Ketika dia mengadakan pesta untuk pejabat tua dan pensiunan, hot pot dengan daging selalu menjadi menunya. Selama makan malam Tahun Baru, ada 120 hidangan untuk makan siang dan lebih banyak lagi untuk hot pot.

Meskipun dicintai oleh rakyat jelata dan bangsawan, hot pot sebenarnya cukup mendasar. Ini hanyalah panci dan piring yang berisi daging dan sayuran mentah. Anda dapat memilih apa pun yang ingin Anda masukkan ke dalam pot. Tunggu hingga matang, angkat dan santap.

Sebagian rasa berasal dari kaldu yang Anda pilih di dalam panci. Bagian lainnya adalah saus celup Anda sendiri. Ada saus hot pot spesial. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan telur mentah, pasta wijen, garam, gula, daun ketumbar, dan paprika.

Hot pot adalah hidangan yang sangat bisa disesuaikan. Semua yang disebutkan dalam artikel ini dapat dimasukkan, bahkan mi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat