uefau17.com

7 Cara Biar Kamu Berhenti Jadi Orang Gak Enakkan dan Bisa Menolak Permintaan - Citizen6

, Jakarta - Menolak permintaan seseorang seringkali menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Bagi sebagian orang, bahkan rela mendahulukan apa yang orang lain butuhkan dibandingkan kebutuhan dirinya.

Bagi orang dengan ciri tersebut, akan selalu timbul rasa kurang nyaman dalam benaknya, saat berusaha untuk menolak dan berkata "tidak".

Terus-menerus meng-iya-kan hal-hal yang sesungguhnya tidak kita inginkan dapat menimbulkan efek negatif seperti perasaan cemas, marah, stres, penyesalan, hingga perasaan tidak berdaya.

Perasaan sungkan ketika menolak permintaan atau ajakan merupakan salah satu tanda-tanda dari seorang people pleaser.

Banyak hal yang membuat kita merasa tidak enakan dan takut menolak permintaan orang lain, seperti tidak mau mendapatkan masalah atau takut dijauhi orang lain. Tetapi mejadi people pleaser adalah selalu berusaha membuat orang lain bahagia, juga bukan sikap yang baik untuk kesehatan mentalmu.

Karena lama kelamaan, kamu akan merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain dan bisa mengorbankan dirimu sendiri.

Melakukan penolakan kepada orang lain itu bukanlah sesuatu yang salah. Kamu juga berhak menentukan keputusanmu sendiri dan mementingkan kebahagiaan diri sendiri.

Agar tidak keterusan menjadi people pleaser, dilansir verywellmind.com Jumat (25/11/2022), berikut tujuh cara menghilangkan sifat tidak enakan:

 

1. Kamu Harus Tegas

Ini hal pertama yang harus kamu lakukan kalau ingin menghilangkan sifat tidak enakan adalah bersikap tegas pada diri sendiri dan orang lain.

Kamu harus berani berkata tidak pada orang lain karena tidak selamanya waktumu akan digunakan untuk menyenangkan orang lain.

Mungkin hal ini akan membuatmu merasa bersalah, tetapi kembali lagi ini juga demi kebahagiaanmu sendiri.

 

 

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Ragu Bilang Tidak dan Berani Mengatakan yang Tak Disukai

2. Jangan Takut untuk Bilang Tidak

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu jangan takut untuk bilang "tidak" terhadap apa yang tidak ingin kamu lakukan.

Bilang "tidak" saat kamu sedang fokus dengan kegiatanmu bukanlah suatu kesalahan, sebab kamu juga memiliki kehidupan sendiri yang harus kamu urus.

Ingat juga jangan melontarkan permintaan maaf berkali-kali, sebelum meminta maaf pikir dulu apakah hal tersebut kesalahanmu. 

 

3. Berani Mengatakan Hal yang Tidak Disukai

Mengatakan 'tidak' pada hal yang memang kamu tidak sukai itu bukanlah sebuah dosa besar. Kamu berhak, kok, untuk menolaknya.

Jika memang tidak suka, lantas untuk apa dipaksakan? Yang ada malah menjadi beban saat dilakukan. Sebaiknya segera berhenti untuk selalu berusaha menyenangkan orang lain.

Kebahagiaan diri sendiri adalah sesuatu yang harus kamu utamakan. Jangan pernah mengesampingkan kebahagiaan diri sendiri hanya demi kebahagiaan orang lain.

3 dari 4 halaman

Tetapkan Mindset dan Jelaskan Penolakan

4. Terapkan Mindset untuk Berhenti Menyenangkan Hati Semua Orang

Tips selanjutnya, kamu dapat menerapkan mindset baru dalam pikiran, bahwa kamu tidak perlu membuat hati semua orang senang. Prioritaskan terlebih dahulu semua yang kamu ingin lakukan di atas keinginan orang lain.

Memenuhi ekspektasi mereka tentang diri kamu, hanya akan membuat dirimu semakin lelah dan terlihat tidak memiliki pendirian.

Kebahagian hati mereka adalah tanggung jawab masing-masing, sama sekali tidak ada sedikitpun kewajiban kamu untuk memenuhinya.

 

5. Jelaskan dengan Detail alasan kamu menolak

Orang yang mengerti dan peduli akan diri kamu, tidak akan keberatan untuk mendengarkan alasan mengapa kamu menolak.

Berikan penjelasan selengkap-lengkapnya apa yang sedang kamu prioritaskan saat ini. Katakanlah dengan jujur, agar orang lain juga dapat mengerti apa yang sedang kamu rasakan.

4 dari 4 halaman

Tak Takut Komentar Orang Lain dan Kontrol Pikiran Sendiri

6. Jangan Takut dengan Komentar Orang Lain

Kita sering merasa tidak enakan dan sehingga tak berani menolak permintaan orang lain karena takut dinilai buruk orang lain dan dijauhi dalam pergaulan.

Kamu tak perlu takut dengan komentar mereka, karena pada akhirnya kamu akan tahu siapa orang yang tulus berteman deganmu atau yang tidak.

Tidak mengapa kalau kamu mendahulukan kepentingan sendiri daripada orang lain, tetapi jangan sampai hal itu membuatmu lupa dengan kebahagiaanmu sendiri, karena semua ada porsinya.

 

7. Mampu Mengontrol Pemikiran Sendiri

Terkadang ketakutan itu muncul karena pemikiran yang kita ciptakan sendiri.

Saat menolak keinginan orang lain, kita takut kelak mereka akan menjauhi kita atau tidak lagi ingin berteman dengan kita. Padahal, di dalam pemikiran mereka belum tentu akan berpikiran seperti itu.

Itulah kenapa perlu mengontrol pemikiran kita sendiri. Stop memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, yang bisa menimbulkan ketakutan berlebih dalam diri. Mari kita jauhi pemikiran-pemikiran buruk yang mengacaukan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat