uefau17.com

Ingin Punya Kulit Wajah Glowing Bak Artis Korea, Pilih Makanan Sesuai Jenis Kulit Anda - Citizen6

, Jakarta - Kulit wajah yang sehat dan mulus bak artis-artis Korea tentunya jadi idaman semua wanita. Namun, tahukah Anda, selain perawatan wajah dari luar dengan menggunakan produk-produk kecantikan dan skincare, Anda tetap harus melakukan perawatan dari dalam juga, lho. Susah-susah gampang, Anda harus pintar memilah-milah asupan Anda. 

Tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang dengan jenis kulit wajah tertentu.  Secara umum, ada beragam masalah kulit wajah seperti mudah kering, berminyak, kusam, kulit kombinasi ataupun kulit yang tampak lebih tua dari usia aslinya.

Jadi, perlu Anda catat bahwa beda jenis kulit wajah, beda pula kebutuhan nutrisi yang  harus dipenuhi. Perawatan dari luar dan dalam akan bekerja lebih maksimal dan lebih terasa manfaatnya. 

Kira-kira apa saja makanan yang boleh dan sebaiknya dihindari untuk jenis kulit Anda? Yuk, intip sederet asupan yang cocok untukmu berdasarkan tipe jenis kulit berikut ini, seperti melansir dari Healthline, Minggu (25/9/2022).

1. Kulit berminyak

Bagi Anda yang punya masalah kulit berminyak atau oily skin disarankan untuk membatasi konsumsi makanan olahan yang berminyak seperti kentang goreng dan menjaga asupan gula. Anda bisa beralih ke makanan sehat yang cocok untuk mengatasi peradangan minyak pada wajah seperti alpukat, ikan, dan biji rami.

Perlu diketahui bahwa kulit berminyak terjadi karena produksi wajah kelebihan memproduksi sebum. Untuk mengontrol produksi sebum dan menghindari pori-pori tersumbat, Anda bisa beralih mengkonsumsi makanan seperti gandum dan ikan daripada daging merah serta memenuhi kebutuhan gula dengan konsumsi buah-buahan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kulit Kering

Jika kamu termasuk tipe kulit kering atau dry skin, sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat menghidrasi kulit. Dianjurkan untuk minum 2 liter air sehari. Anda juga bisa mendapatkan asupan air melalui buah-buahan seperti semangka.

Anda pun dapat menghidrasi kulit dengan asupan-asupan yang mengandung asam lemak seperti alpukat, minyak zaitun, dan salmon. Ada juga perlu meningkatkan asupan vitamin A dan vitamin C seperti bayam, brokoli, dan ubi jalar. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Keduanya dapat membuat kulit menjadi kering.

3 dari 6 halaman

3. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit gabungan antara berminyak dan kering. Saat cuaca panas kulit dengan mudah berminyak dan saat cuaca dingin kulit akan menjadi kering. Anda perlu memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi.

Asupan karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan merusak keseimbangan kulit bagi Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi. Pilihlah makanan karbohidrat yang juga tinggi protein seperti beras merah. 

4 dari 6 halaman

4. Kulit Berjerawat

Tak hanya remaja, jerawat juga dapat menjadi masalah kulit pada orang dewasa. Jerawat muncul karena adanya minyak, peradangan, dan bakteri yang menumpuk pada kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berjerawat dapat mengikuti pola makan seperti tipe kulit berminyak.

Perkaya konsumsi vitamin C dari berbagai buah-buahan. Perbanyak pula konsumsi makanan yang mengandung seng seperti kerang, sereal, dan biji labu. Seng sangat membantu mengatasi jerawat. 

5 dari 6 halaman

5. Kulit Kusam

Kulit tampak tidak cerah, tidak merata, dan terasa kering merupakan ciri-ciri kulit kusam. Paparan polusi udara membuat kulit stres dan menjadi kusam. Untuk itu, penting bagi Anda dengan tipe kulit kusam untuk banyak mengkonsumsi asupan yang kaya akan antioksidan dan likopen seperti pepaya, tomat, paprika merah, dan jambu biji.

6 dari 6 halaman

6. Kulit Tampak Lebih Dewasa

Hal yang perlu diingat bahwa pada akhirnya kulit setiap orang akan dewasa, menua, dan muncul kerutan. Itu hal normal. Namun, nutrisi kolagen dapat sedikit membantu memperlambat proses tersebut.

Ya, Anda pasti sering mendengar bahwa rutin mengkonsumsi kolagen membantu membuat kulit tampak awet muda. Anda dapat menjumpai makanan yang kaya akan kolagen  dengan protein seperti ikan dan telur. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti blueberry dan jeruk dapat pula membantu penyerapan kolagen. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat