uefau17.com

Tak Perlu Keluar Duit, 6 Mood Booster Ini Ampuh Mengusir Bad Mood - Citizen6

, Jakarta - Ada berbagai faktor yang dapat mengganggu suasana hati seseorang. Tekanan dari lingkungan sekitar atau pun masalah yang datang silih berganti. Kondisi ini dapat dialami siapa saja. Entah itu, tua dan muda, laki-laki atau pun perempuan. Merasa sedih, stres, khawatir, kekecewaan dan frustasi adalah hal yang sangat normal. 

Suasana hati yang tak baik-baik saja dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Bila dibiarkan, suasana hati yang buruk dapat menjadi 'bom waktu' yang dapat meledak kapan saja dan menimbulkan masalah serius. Hal yang dapat dikontrol adalah respons kita. 

Walaupun banyak rintangan kehidupan yang menganggu suasana hatimu, cobalah untuk tetap menikmati hidup. Carilah kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi mood booster kamu kala hidup sedang tak baik-baik saja. 

Tak perlu mengerluarkan banyak dana untuk bisa melepaskan kepenatan. Ada banyak hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendorong suasana hatimu menjadi lebih baik. 

Yuk, intip deretan mood booster yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan duit!

1. Beri Pelukan untuk Diri Sendiri 

Yang harus paling kita sayangi adalah diri sendiri. Ketika menghadapi suasana hati yang buruk dan frustasi, berikanlah pelukan untuk dirimu sendiri. 

Bagaimana caranya? Kamu dapat mencoba teknik ‘Butterfly hug’, silangkan kedua tanganmu di depan dada dan posisikan ujung jari-jari tanganmu di pundak. Atur napas dan tepuk-tepuklah pundakmu secara pelan menggunakan kedua tanganmu. Gerakkan seperti sayap kupu-kupu ini dapat membantu kamu menenangkan diri. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Berjalan-jalan di Taman

Berjalan-jalan ke taman atau ruang hijau membantu menghilangkan suasana hati yang buruk. Berjalan di alam mampu meningkatkan produksi hormon bahagia.

Jika sedang dalam mood yang baik, cobalah untuk berjalan-jalan ke ruang terbuka hijau sambil menikmati sinar matahari. Selain meningkatkan mood, kegiatan ini dapat menurunkan stres.

3 dari 6 halaman

3. Tertawa

Tertawa dapat membantu meredakan ketegangan dan membangkitkan energi. Saat kamu merasa stres atau sedih cobalah untuk menonton video-video lucu di sosial media atau pun bercanda gurau dengan orang-orang di sekitarmu. Pikiran pun terasa lebih ringan saat kita melepaskannya dengan cara tertawa.

4 dari 6 halaman

4. Mendengarkan Musik

Musik memang menawarkan banyak manfaat. Mendengar melodi yang ceria dapat membangikitkan optimisme dan energi baru saat dirimu merasa sedang tidak baik-baik saja.

5 dari 6 halaman

5. Berbagi Kebaikan

Alih-alih terjebak pada zona kekhawatiran dan stres, cobalah fokuskan energi kamu pada orang lain agar pikiranmu bisa jauh lebih positif.

Melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain akan membuat hari mereka sedikit lebih baik dan membuat kamu tersenyum. Sesederhana memberikan tempat duduk pada mereka yang lebih membutuhkan saat dalam transportasi umum. 

6 dari 6 halaman

6. Menghubungi Orang-orang Terkasih

Setelah melewati hari panjang dan melelahkan, pesan singkat dan dukungan cinta dari orang terkasih akan mendorong suasana hati kamu menjadi lebih baik. Bahkan, obrolan 5 menit dengan keluarga, sahabat, dan pasangan dapat menghilangkan ketegangan emosional yang sedang dirimu alami. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat