uefau17.com

8 Kesalahan Mencuci Rambut yang Mungkin Kerap Kamu Lakukan - Citizen6

, Jakarta Sepintas, rutinitas mencuci rambut tampaknya cukup mudah. Tetapi ada beberapa kesalahan yang mungkin tidak pernah Anda sadari yang telah Anda lakukan yang dapat menyebabkan dehidrasi rambut, kerusakan, atau bahkan infeksi kulit kepala.

Bila hal tersebut dilakukan terus-menerus, alih-alih mendapatkan rambut sehat dan berkilau, Anda justru mendapati rambut Anda semakin hari semakin rusak. Lalu, apa saja kesalahan dalam mencuci rambut yang kerap kita lakukan? Dihimpun dari Brightside.me, ini dia.

1. Terlalu sering keramas

Menurut para ahli medis, menggunakan sampo setiap kali Anda mencuci rambut tidak diperlukan untuk menjaganya tetap bersih. Membilas rambut dengan air beberapa kali seminggu sudah cukup untuk menghilangkan kotoran yang terlihat.

Mengoleskan sampo hanya untuk alasan kosmetik, dan busa yang dihasilkannya dapat menghilangkan minyak dari rambut Anda. Minyak sangat penting untuk kesehatan rambut, karena membuatnya tetap lembab dan melindunginya dari kerusakan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Tidak cukup membilas rambut dan menggunakan terlalu banyak sampo

Membilas rambut Anda secara menyeluruh setidaknya selama satu menit sebelum menggunakan sampo membantu menghilangkan residu dari produk perawatan rambut terakhir yang Anda gunakan. Membiarkan rambut Anda benar-benar basah sebelum menggunakan sampo adalah langkah penting untuk mencucinya secara efektif.

Jika rambut Anda basah dari atas ke bawah, sampo akan berbusa lebih baik dan menyebar lebih merata. Ini juga akan membantu Anda menggunakan lebih sedikit sampo saat mencuci rambut.

 

3 dari 8 halaman

3. Menerapkan kondisioner rambut setelah keramas

Kita mungkin terbiasa keramas terlebih dahulu dan kemudian menambahkan kondisioner. Tetapi rutinitas terbalik benar-benar bekerja lebih baik untuk beberapa jenis rambut.

Menerapkan kondisioner terlebih dahulu akan membuat rambut Anda terlihat lebih bervolume. Metode ini paling cocok untuk rambut halus yang membutuhkan kelembapan, tetapi sebagian besar kondisioner dapat membebaninya dan bahkan membuatnya tampak berminyak.

 

4 dari 8 halaman

4. Mengoleskan sampo ke ujung rambut

Jika Anda mengoleskan sampo ke akar dan menambahkannya lagi ke bagian rambut lainnya, Anda mungkin merusak ujungnya. Akarnya seringkali paling berminyak, dan Anda perlu mengoleskan sampo ke kulit kepala daripada ujung rambut Anda. Ujungnya biasanya lebih kering, dan mencucinya dengan sampo akan membuatnya terlihat lebih dehidrasi.

 

5 dari 8 halaman

5. Menggosok kulit kepala dengan kuku Anda

Menggosok kulit kepala dengan keras dapat menyebabkan lecet dan akhirnya dapat menyebabkan infeksi kulit kepala. Rambut lebih rapuh saat basah, dan penggosokan yang agresif dapat menyebabkan kusut, patah, dan bahkan dapat melemahkan folikel. Cara terbaik untuk mencuci rambut adalah dengan memijat lembut akar rambut dengan jari dan telapak tangan.

 

6 dari 8 halaman

6. Mencuci rambut dengan air panas

Suhu air terbaik untuk mencuci rambut adalah suam-suam kuku. Mencuci rambut dengan air panas dapat membuat rambut Anda mudah patah dan melemahkan akarnya.

Sedikit air hangat membantu membuka kutikula rambut, dan rambut menyerap minyak dan efek pelembab dari kondisioner dengan lebih baik. Sebaiknya selesaikan rutinitas dengan membilas rambut Anda dengan air dingin, karena ini akan membantu menutup kutikula dan mencegah rambut Anda menjadi keriting.

 

7 dari 8 halaman

7. Mengoleskan kondisioner ke kulit kepala

Menerapkan kondisioner ke kulit kepala akan membuat akar Anda semakin berminyak. Rambut Anda dan ujungnya yang paling membutuhkan hidrasi. Menempatkan kondisioner pada atau di dekat kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut, memperlambat pertumbuhan rambut, dan meningkatkan produksi minyak.

 

8 dari 8 halaman

8. Menyisir rambut saat basah

Tidak ada cara bebas kerusakan untuk menyisir rambut basah karena saat rambut basah, ia berada pada kondisi terlemahnya. Menggosok rambut hingga kering dengan handuk juga dapat merusak helaian rambut. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut Anda dengan aman adalah dengan menepuknya dengan lembut dan membiarkannya kering secara alami.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat