uefau17.com

Ada Ini di Lidah, Anda Memiliki Napas Berbau Tak Sedap - Citizen6

, Jakarta Memiliki bau mulut dapat menjadi pengalaman yang memalukan. Bagian terburuknya, sulit untuk mendiagnosis sendiri bau mulut tanpa orang lain memberi tahu bahwa Anda memilikinya.

Bau mulut kronis (halitosis) dapat membuat percakapan menjadi canggung karena salah satu pihak akan berusaha menahan napas saat mencium bau mulut. Namun ada satu cara jitu untuk mengetahui apakah napas Anda berbau tidak segar. Yang harus Anda lakukan adalah melihat lidah Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penumpukan plak di lidah

"Halitosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di permukaan punggung posterior lidah, dan sangat sulit untuk disingkirkan. Anda harus menjaga kebersihan lidah," ujar George Preti, PhD, seorang ilmuwan yang mengkhususkan diri pada bau badan manusia di Monell Chemical Senses Center.

"Saya pernah melihat beberapa orang mengeluhkan bau tak sedap dari mulut mereka dan bagian belakang lidah mereka terlihat seperti ada krim keju di atasanya. Begitulah buruknya plak itu."

Selain memeriksa lidah Anda untuk melihat apakah ada lapisan putih, penting untuk memahami hal-hal yang menyebabkan bau mulut. Berikut adalah 4 penyebab paling umum dari bau mulut seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

 

3 dari 6 halaman

1. Makanan yang dimakan

"Pemecahan partikel makanan di dalam dan sekitar gigi dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap," kata Mayo Clinic.

"Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah Anda mencerna makanan ini, mereka masuk ke aliran darah Anda, dibawa ke paru-paru, dan memengaruhi napas Anda."

 

4 dari 6 halaman

2. Kebersihan mulut yang buruk

Tidak semua orang menjaga kebersihan mulutnya. Ini dapat berujung pada bau mulut. Sikatlah gigi dua kali sehari dan gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

 

5 dari 6 halaman

3. Mulut kering

Jika mulut Anda terasa amat kering, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut xerostomia atau mulut kering. Ini adalah kondisi umum di mana kelenjar ludah Anda tidak menghasilkan cukup air liur yang menyebabkan bau mulut.

 

6 dari 6 halaman

4. Obat-obatan

Seringkali, minum obat tertentu dapat secara tidak langsung menyebabkan bau mulut dengan cara berkontribusi pada mulut kering. Jika Anda mengonsumsi obat apapun, bicarakan dengan dokter Anda tentang potensi dari efek samping ini dan apa yang harus dilakukan untuk menangkalnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat