uefau17.com

Mengapa Saat Hujan Turun Sendi Terasa Nyeri? Ini Jawabannya - Citizen6

, Jakarta Pernahkah kamu mendengar seseorang yang mengeluh saat cuaca buruk/hujan, badannya terasa lebih lemas dan sakit? Sebuah studi terbaru justru mengungkapkan bahwa hujan tak ada hubungannya dengan itu.

Dr. Anupam Jena ingin melihat apakah ada hubungan antara nyeri sendi dan turunnya hujan seperti yang sering diklaim orang-orang. Studi yang dilakukan Jena mengevaluasi kunjungan pasien ke dokter terkait dengan cuaca, dan hasilnya ternyata berbeda dengan yang dipercaya banyak orang.

Ia berhasil mengumpulkan data dari lebih dari 3.000 stasiun cuaca dan membandingkannya dengan nomor tagihan dokter. Ternyata menurut dia, memang tak ada hubungan antara rasa nyeri di sendi dan turunnya hujan. Korelasi tersebut sebenarnya tidak berkaitan sama sekali.

"Sakit adalah rasa sakit," katanya. "Jika Anda merasa sakit pada hari hujan, bukan hujan itu penyebabnya. Tapi lebih ke karena manusia memiliki kecenderungan untuk mencari alasan dan menghubung-hubungkan sesuatu meski tak ada hubungannya."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Studi yang bertentangan

Studi ini bertentangan dengan apa yang dipikirkan oleh orang-orang selama ini. Uniknya, apa yang ditemukan oleh Dr. Anupam Jena berkebalikan dengan Dr. Steven Graff-Radford dari Pusat Kesehatan Cedar Sinai.

Steven menemukan bahwa dua pertiga orang memang hidup dengan rasa sakit kronis yang gejalanya makin hebat saat ada perubahan cuaca. Ia percaya bahwa perubahan tekanan barometrik dapat memengaruhi cara otak menahan rasa sakit, dan ini menyebabkan Anda merasa lebih buruk.

Sakit kepala adalah tambahan yang umum bila tekanan barometer berubah, sementara suhu yang lebih dingin terasa keras pada otot. Arthritis adalah kekhawatiran besar lainnya jika menyangkut cuaca.

3 dari 3 halaman

Cara meringankan rasa sakit

Dr. James Gladstone, co-direktur kedokteran olahraga di Rumah Sakit Mount Sinai menjelaskan bagaimana hal itu memengaruhi tubuh kita.

"Arthritis memengaruhi segala hal lain di dalam sendi itu sendiri, termasuk lapisan sendi yang kita sebut sinovium serta ligamen yang berada di dalam sendi," ujar dia seperti dikutip dari Shared.com.

"Semua jaringan tubuh memiliki ujung saraf di dalamnya, jadi mereka akan merasakan perubahan cuaca karena kekakuan di sendi."

James pun memberikan beberapa saran untuk membantu meringankan rasa sakit tersebut. Menurut dia, yang harus dilakukan adalah selalu memastikan menghangatkan otot dengan benar. Selain itu, mengenakan pakaian pelindung sehingga Anda tak terlalu kedinginan juga dapat menjadi solusi sendi yang nyeri saat cuaca buruk.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat