uefau17.com

Viral Kabar WN Meksiko Tembak Polisi hingga Tewas, Polda Bali Tegaskan Hoaks - Cek Fakta

, Jakarta - Baru-baru ini viral beredar informasi di media sosial yang menarasikan warga negara asing (WNA) asal Meksiko menembak seorang polisi di Bali karena kesal diminta uang ketika menilang bule tersebut.

Menanggapi kabar itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Kombes Jansen Avitus Panjaitan menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Pengunggah yang belum diketahui identitasnya itu menggunakan logo salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Maka dari itu, Polda Bali berkoordinasi dengan pemilik media tersebut dan mendapat klarifikasi bahwa portal informasi yang dimaksud bukan milik stasiun televisi yang ada di Indonesia.

Oknum pengunggah tersebut sengaja menggunakan logo televisi swasta tanah air agar mendapatkan perhatian dari publik.

"Kami sangat menyesalkan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab membuat berita seperti itu dan meresahkan masyarakat dan menyudutkan Polri dalam pemberitaan tersebut," ujar Jansen, dilansir dari Antara, Jumat (14/6/2024).

Pihaknya juga menjelaskan bahwa tim Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali hingga kini masih melacak pemilik akun berita tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya atau terprovokasi dengan berita-berita hoaks atau bohong yang tidak bisa dipertanggungjawabkan seperti itu. Mari kita bijak dalam bermedia sosial," tutur Jansen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat